Modest Style

Berkunjung ke Hoi An, Vietnam

,

Kota tua Vietnam ini menguarkan hawa bersantai di mana-mana. Namun jika waktu tidak sedang berpihak pada Anda, panduan dari Sheena Baharudin berikut dapat membuat kunjungan Anda tetap berkesan.

[Not a valid template]

Sejak UNESCO menetapkannya sebagai situs Warisan Dunia pada 1999, Hoi An telah menjadi tujuan populer para pelancong karena daya tarik kota kunonya. Jika pengajuan cuti Anda telah disetujui, ikuti perencanaan sederhana ini untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

Hari pertama

Hal pertama yang akan Anda sadari adalah betapa ramahnya jalan-jalan Hoi An untuk para pejalan kaki. Peraturan setempat melarang adanya bangunan baru juga kendaraan bermotor di area kota tua pada jam kerja. Pergunakan kesempatan ini untuk menjelajahi kota baik dengan berjalan kaki maupun menyewa sepeda sederhana seharga VND 20.000 (Rp 10.000) per hari.

Di Hoi An, pemegang tiket tur kota tua dapat melakukan tur sendiri sesuai keinginannya. Untuk VND 90.000 (Rp 45.000), dari daftar 18 tempat terkenal, Anda dapat memilih satu balai pertemuan, satu museum, satu rumah tua, dan satu pertunjukan tradisional untuk dikunjungi, serta memilih antara Kuil Quong Cong atau Jembatan Jepang. Agar tidak kelelahan, cukup kunjungi dua tempat saja di hari pertama. Rumah Tua Tan Ky yang berusia 200 tahun dan Jembatan Jepang merupakan pilihan ideal karena keduanya memberikan pemahaman berguna tentang sejarah kota. Telusuri juga jalan Nguyen Thi Minh Khai setelah menyeberang jembatan. Ruko-ruko di sana menjajakan beragam cinderamata, mulai wadah resin hingga karya seni nan indah. Ingat: Menawar itu wajib di Hoi An!

Apakah keberadaan rumah jahit yang memamerkan kreasi penuh gaya mereka menarik hati Anda? Kota cantik ini juga dikenal akan baju, tas, dan sepatu buatan khusus yang terjangkau – dibuat sesuai ukuran dan siap dalam 24 jam. Meski melihat-lihat katalog di rumah jahit dapat menginspirasi Anda, mengetahui lebih dulu apa yang Anda inginkan akan mengurangi waktu yang digunakan untuk menentukan desain dan memberi Anda waktu lebih untuk berjalan-jalan.

Di sore hari, nikmati pertunjukan tradisional di Teater Tradisional (75 Nguyen Thai Hoc Street). Pertunjukan selama sejam ini dimulai pada pukul 9 malam dan dihargai VND 70.000 (Rp 35.000). Saran saya: Makan malamlah lebih awal karena kebanyakan toko dan restoran tutup pukul 10.30 malam.

Hari kedua

Mulai hari Anda lebih awal dengan sarapan sehat yang terdiri dari roti baguette dan telur yang dilanjutkan dengan secangkir kopi Vietnam. Anda membutuhkan tenaga untuk benar-benar menikmati pasar pagi Hoi An, yang merupakan pusat kesibukan di mana warga setempat menjual dan membeli berbagai hal mulai bunga segar hingga hasil bumi setempat. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kunjungan ke Museum Sejarah dan Budaya, yang terletak tidak jauh dari pasar. Museum ini menyimpan 273 artefak dan dokumen, beberapa di antaranya berusia mencapai ribuan tahun. Selanjutnya adalah Balai Pertemuan Quang Trieu. Bagian gedung ini dibuat secara terpisah di Tiongkok, kemudian dikirim dan disusun di Hoi An pada abad ke-19 oleh pedagang dari Kanton.

Lengkapi tur kota tua Anda dengan mengunjungi Bengkel Prakarya Hoi An di Bach Dang Street. Perhiasaan perak dan lampion sutra hanyalah sebagian prakarya tradisional yang dipamerkan di sini. Sebaiknya perhitungkan waktu kunjungan Anda agar dapat menyaksikan pertunjukan musik yang cukup menghibur yang berlangsung selama 30 menit dari hari Selasa hingga Minggu pukul 10.15 pagi dan 3.15 sore.

Selanjutnya, ikuti kursus memasak sajian Vietnam untuk melengkapi tur Anda. Anda dapat meluangkan setidaknya dua jam mempelajari cara memasak hingga lima sajian tradisional seperti lumpia segar dan pho. Ini merupakan cara mengasyikkan untuk mempelajari hal baru sekaligus membuat perut kenyang!

Setelah mandi dan beristirahat, luangkan malam terakhir Anda untuk menjelajahi jalan-jalan romantis kota yang diterangi oleh lampion. Hoi An merupakan salah satu tempat yang baru benar-benar hidup setelah matahari terbenam. Nikmati gelato lezat, temukan tempat bersantai di pinggir sungai, dan manjakan diri Anda dengan pemandangan indah kota tua kecil ini.

Makan di mana?

Untuk saat ini, kami belum menemukan restoran halal di Hoi An. Berikut tips agar hal ini tidak mempengaruhi liburan Anda:

Pilih makanan vegan

Anda tidak akan rugi. Semua sajian dibuat menggunakan bahan-bahan setempat dan dimasak dengan cara yang sama. Hanya saja segalanya bersifat organik dan dibuat dari kedelai. Kami sangat merekomendasikan Karma Waters untuk sajian vegan dengan harga mulai VND 15.000 (Rp 7.500) ke atas.

Masak sendiri sajian Vietnam Anda

Terdapat berbagai kursus memasak, dimulai dari harga VND 250.000 hingga 1.200.000 (Rp 125.000 hingga 600.000) per orang. Bagi Anda yang ingin lebih berwaspada, pilihlah kursus masak di restoran vegan.

Jangan lupakan gelato

Gunakan alasan ini untuk menikmati gelato rumahan yang terkenal, sajian sempurna untuk siang yang panas.

Artikel ini pertama kali muncul di majalah Aquila Style edisi Mei 2012.

Leave a Reply
<Modest Style