Modest Style

Arab Saudi Permudah Aturan Visa, Tingkatkan Ziarah Agama

,

 

Peziarah Muslim melakukan salat di Masjid al-Haram kota suci Mekkah, pada tanggal 22 Oktober 2012. ©AFP PHOTO/Fayez NURELDINE
Peziarah Muslim melakukan salat di Masjid al-Haram kota suci Mekkah, pada tanggal 22 Oktober 2012. ©AFP PHOTO/Fayez NURELDINE

Arab Saudi telah mengumumkan rencana untuk melonggarkan aturan visa yang ketat dan memungkinkan orang asing untuk berziarah ke tempat-tempat suci dalam lingkup kerajaan Teluk itu di luar Masjid al-Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Komite Pariwisata dan Purbakala Saudi mengumumkan, pemerintah menyatakan akan mengeluarkan visa ‘Umrah-Plus’ untuk orang asing yang tinggal di luar Gulf Cooperation Council selama mereka bergabung dalam tur yang dipantau di tempat-tempat suci Islam, tulis HotelierMiddleEast.com.

Negara-negara anggota yang tergabung dalam GCC mencakup Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Visa Umrah-Plus akan membuka akses ke Arab Saudi dan memungkinkan peziarah untuk menjelajahi negara ini di luar tempat-tempat suci tradisional sampai satu bulan.

Sampai saat ini, mayoritas wisatawan ke Arab Saudi berasal dari negara-negara GCC karena Arab Saudi tidak mengeluarkan visa turis.

Arab Saudi adalah rumah bagi dua masjid paling suci dalam Islam: Masjid al-Haram (juga dikenal sebagai Masjid Agung) di Mekkah dan Masjid Nabawi (juga dikenal sebagai Masjid Nabi) di Madinah, tempat makam Nabi Muhammad.

Baru-baru ini, Arab Saudi meluncurkan upaya besar-besaran untuk mengubah negara itu menjadi tujuan wisata, dengan renovasi besar-besaran yang tengah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas di 27 bandara dalam tiga tahun ke depan, demikian laporan HotelierMiddleEast.com.

Negara ini juga menggelontorkan uang untuk merenovasi 30 museum dan atraksi bertema Islam di kota-kota utama.

Pariwisata adalah industri terbesar kedua Arab Saudi, yang mengalami kenaikan pendapatan sebanyak 10 persen, kata kementerian, sebagian besar dari peziarah Islam.

Diperkirakan sekitar 3 juta orang melakukan haji ke Masjid al-Haram setiap tahun.

Quran memerintahkan setiap muslim berbadan sehat yang mampu harus melakukan ibadah haji setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Leave a Reply
<Modest Style