Modest Style

Tiga Karya, Tiga Cerita: Buku-buku Muslimah Berhijab

,

Semarak pertumbuhan industri busana muslim di Indonesia telah mencuatkan banyak nama Muslimah berbakat. Tiga di antaranya telah menuangkan pengalaman mereka dalam buku-buku yang diulas singkat oleh Najwa Abdullah.

Brain, Beauty, Belief oleh Dian Pelangi

WP buku hijab 01

Setelah sukses dengan buku pertamanya, “Hijab Street Style”, desainer muda berbakat yang memiliki nama asli Dian Wahyu Utami kini telah meluncurkan buku keduanya yang berjudul “Brain, Beauty, Belief”.

Berbeda dengan buku sebelumnya yang berfokus pada perkembangan fesyen Muslim dan 90 persen berisikan foto, buku kedua ini merupakan autobiografi Dian Pelangi yang isinya menjawab berbagai pertanyaan yang selama ini sering ditujukan kepadanya. Buku ini berkisah tentang aneka hal seputar Dian Pelangi, mulai dari perjalanannya sebagai seorang perempuan yang sukses di usia belia, cara berpakaian, hingga kepercayaannya. Buku ini juga menuangkan gagasan Dian mengenai kriteria seorang perempuan yang dianggap berkualitas.

Mengapa pameo brain, beauty, belief yang dipilih dan bukan brain, beauty, behavior yang selama ini populer? Alasannya adalah karena desainer ini berpendapat bahwa bagi seorang Muslimah, kepercayaan lebih penting daripada tata cara berperilaku, karena dari kepercayaan itulah karakter dan akhlak seorang Muslimah akan terbentuk.

Ditemui beberapa waktu lalu dalam sebuah perhelatan fesyen di Jakarta, Dian berkisah, “Saat ini sedang booming hijab fashion di mana-mana dan banyak orang mungkin tertarik untuk mengenakan hijab karena perkembangan fesyennya. Di sini saya ingin mengingatkan kembali, bahwa hijab tidak hanya sekedar fesyen saja. Sebagai Muslimah yang baik, kita juga harus cerdas, karena kita memakai hijab untuk menutup aurat saja, bukan otak kita. Dan, di balik semua kecerdasan dan kecantikannya, para Muslimah harus memiliki akhlak yang baik, mulai dari mendirikan shalat, menunaikan zakat dan sedekah, serta menjaga busana untuk tetap syar’i.”

Selain berisikan hal-hal di atas, buku ini juga merupakan referensi lengkap seputar kecantikan, tips berbusana dan kosmetik. Dian berbagi pengalaman dan pengetahuannya mengenai sejarah fesyen dan kosmetik, bagaimana cara memadumadankan warna pakaian dengan baik, serta mengenalkan istilah-istilah fesyen dan kosmetika yang wajib diketahui para pecinta fesyen hijab.

Walaupun peluncuran buku ini sudah diadakan bulan Februari lalu, buku ini baru akan beredar di toko-toko buku di seluruh Indonesia pada bulan April 2014. Untuk info lebih lanjut mengenai buku ini, kunjungi blog Dian Pelangi.

PASSHION! oleh Ria Miranda

WP buku hijab 02

Buku Ria Miranda, desainer lulusan sekolah mode ternama ESMOD dan salah satu duta label kosmetik Wardah ini diberi judul PASSHION! A Story About Love, Passion, and Fashion.

Berbeda dengan buku Ria sebelumnya, 30 Muslim Fashion Style yang berisi tips dan inspirasi fesyen, buku terbaru ini memuat kisah-kisah pribadi Ria sejak awal meniti karir di bidang fesyen serta mimpi-mimpi besarnya yang membawa dia ke pencapaian karirnya saat ini.

Secara sistematis namun tetap personal, Ria Miranda yang terkenal dengan desain busana bernuansa warna-warni lembut ini menguak rangkaian pengalamannya di ESMOD, kekuatan cinta dari suami, keluarga serta para sahabatnya di Hijabers Community Jakarta, semangatnya dalam mengembangkan bisnis hingga berbagai drama dalam aneka ajang pagelaran busana yang pernah ia jalani.

Buku otobiografi ini diluncurkan pada acara IFW 2014 lalu di JCC, Jakarta. Sekarang, buku ini sudah beredar secara luas dan bisa didapatkan di toko buku terdekat Anda.

Beautiful Hijab oleh Dika Restiyani

WP buku hijab 03

Setiap Muslimah memiliki cerita hijabnya sendiri. Begitu juga dengan peraih mahkota Muslimah World Beauty 2011 yang biasa disapa Resty. Bagi Anda yang penasaran dengan kisah perjalanan berhijab Muslimah berprestasi satu ini, maka Anda akan mendapatkan jawaban lengkapnya di buku pertamanya ini.

Bagi Resty, berhijab ternyata membuka jalannya untuk berprestasi di samping menambah keimanannya kepada Allah SWT. Resty pernah mengalami diskriminasi karena hijabnya pada suatu waktu, namun hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk terus konsisten dalam berhijab.  Menurut Resty, hijab adalah tanda komitmen seorang muslimah kepada Allah, sehingga buku ini pun ia dedikasikan untuk setiap Muslimah yang selalu mencintai Allah SWT dari dalam lubuk hatinya serta ingin menjaga kemuliaan hati dan pikirannya dengan menutup aurat.

Di samping kisah inspiratifnya, Resty juga berbagi tips-tips fesyen hijab mulai dari tutorial berhijab hingga cara berpakaian yang modis. Namun, di sini Resty juga mengingatkan bahwa hijab bukanlah sekedar elemen fesyen semata. Kecantikan berbusana juga harus diikuti dengan ketaatan pada tuntunan agama serta diikuti dengan kecantikan perilaku.

Buku ini sudah diterbitkan sejak Oktober 2013 lalu dan telah tersedia di toko-toko buku terdekat.

Leave a Reply
<Modest Style