Modest Style

Twitter akan membuka kantor di Indonesia

,
Presiden pendapatan global dan kemitraan Twitter, Adam Bain, berbicara pada konferensi pers di Jakarta pada tanggal 29 Agustus 2014. Twitter berencana untuk membuka kantor di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dalam usaha untuk meningkatkan pendapatan di negara pecandu media sosial ini. Demikian perusahaan ini mengumumkan pada 29 Agustus AFP PHOTO / ROMEO GACAD
Presiden pendapatan global dan kemitraan Twitter, Adam Bain, berbicara pada konferensi pers di Jakarta pada tanggal 29 Agustus 2014. Twitter berencana untuk membuka kantor di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dalam usaha untuk meningkatkan pendapatan di negara pecandu media sosial ini. Demikian perusahaan ini mengumumkan pada 29 Agustus AFP Photo / Romeo Gacad

JAKARTA, 29 Agustus 2014 (AFP) – Twitter berencana mendirikan kantor di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan sebagai upaya meningkatkan pendapatan dari negara pecandu media sosial tersebut, sebagaimana diumumkan oleh perusahaan tersebut pada hari Jumat.

Beberapa perusahaan monitor pasar telah menyebut Jakarta sebagai kota dengan pengguna Twitter aktif terbesar di dunia. Pihak Twitter tidak mempublikasikan jumlah pengguna resmi per negara maupun per kota.

“Hal ini sangat penting bagi Twitter karena Indonesia cinta Twitter dan Twitter cinta Indonesia,” presiden divisi pendapatan global dan kerja sama perusahaan Twitter, Adam Bain, mengatakan pada para wartawan di Jakarta saat pengumuman tersebut.

“Bahkan, saat kami memikirkan tentang pasar secara keseluruhan, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang aktif di Twitter,” ujar Bain.

Sebagaimana banyak penyedia jejaring sosial lainnya, Twitter belum menunjukkan pemasukan keuntungan, namun pendapatan kuartal kedua perusahaan berbasis di San Fransisco tersebut mencapai $312 juta, lebih dari dua kali lipat angka yang diperkirakan.

Jumlah pengguna aktif bulanan Twitter meningkat 24 persen menjadi 271 juta secara global pada periode yang sama.

Indonesia merupakan pasar utama bagi Twitter – negara tersebut merupakan negara berpopulasi terbesar keempat di dunia dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, dan penjualan ponsel pintar telah melonjak seiring peningkatan pesat dari kelas menengah.

Jutaan orang mengakses internet melalui ponsel pintar dan tablet, dan survei menunjukkan bahwa media sosial merupakan alasan utama penggunaan peralatan bergerak.

Cuit tentang pemilihan umum presiden Indonesia terhitung mencapai 95 juta cuitan, sejak 1 Januari hingga hari pemilihan pada 9 Juli.

Sumber pendapatan utama Twitter adalah iklan, dengan merek dagang seperti Coca-Cola dan Intel turut mempromosikan produk mereka di media tersebut kepada pengguna Indonesia.

Keterikatan konsumen Indonesia dengan Twitter “sangat tinggi”, ujar Bain, dan “menarik perhatian seluruh tim di kantor pusat”.

Perusahaan teknologi asing lainnya, seperti BlackBerry, pernah bermasalah dengan pejabat tinggi Indonesia mengenai masalah infrastruktur dan konten.

Bain mengungkapkan bahwa ia berharap pemerintahan Indonesia mendatang akan lebih terbuka, dan menunjukkan bahwa penggunaan Twitter yang tinggi oleh presiden terpilih Joko Widodo merupakan tanda positif.

Sebelum pencalonan Widodo sebagai presiden, ia terpilih sebagai gubernur Jakarta pada 2012, sebuah kemenangan yang sebagian besar disebabkan oleh penggunaan media sosial – Widodo membangun profil online yang sangat populer sebagai orang yang merakyat dan penggemar berat aliran musik heavy metal.

Kantor Twitter di Jakarta akan menjadi kantor keenam di wilayah tersebut – mengikuti pembangunan di Tokyo, Mumbai, Sydney, Singapura, dan Seoul.

Leave a Reply
<Modest Style