Sarana dana patungan untuk wirausahawan Muslim

,

Ingin berwirausaha? Inilah pilihan untuk Muslim inovatif yang memiliki ide namun tidak memiliki biaya untuk mendapatkan dana patungan. Oleh Eren Cervantes-Altamirano.

muslim

Menginspirasi, komprehensif, dan berwawasan luas, Chris Abdur-Rahman Blauvelt dan proyek LaunchGood-nya meninggalkan kesan mendalam pada saya saat wawancara online. Jika Anda belum pernah mengenal LaunchGood, sebaiknya Anda terus membaca!

LaunchGood merupakan wadah patungan untuk mendukung Muslim yang memiliki ide hebat dan semangat besar. LaunchGood berawal pada tahun 2010 saat Chris, seorang mantan produser film, membutuhkan pendanaan ekstra untuk menyelesaikan dan membawa filmnya Bilal’s Stand ke Festival Film Sundance. Seorang teman menyarankannya ikut serta di situs Kickstarter, yang belum berusia satu tahun saat itu, dan Chris “terpana dengan kuantitas dan kualitas proyek yang dapat mereka dukung”. Ia kemudian mendapat ide tentang LaunchGood.

“Setelah dua tahun, saya berpikir, ‘Bukankah bagus jika kita memiliki sesuatu seperti ini di dalam lingkungan masyarakat Muslim, yang mendukung dan mendorong inovasi di seluruh penjuru dunia?’ dan begitulah awalnya.”

Katakanlah Anda memiliki ide hebat namun tidak memiliki investor, mengapa tidak menyampaikan ide tersebut ke sesama Muslim dan mendapatkan sokongan keuangan dari mereka? Anda juga dapat mendaftar untuk ikut patungan dana. Sebagai seorang pendana, Anda dapat memilah dari puluhan proyek dan memilih satu atau lebih untuk didanai.

Serupa tetapi tidak sama, LaunchGood memiliki perbedaan tersendiri dari situs-situs semacam Kickstarter dan yang terbaru, UmmaHub.

“Kami membuat LaunchGood dengan fleksibilitas pendanaan penuh, tidak sama sekali dan pendanaan sebagian, namun intinya semua kembali ke usaha tersebut, atau konsep yang diwakili oleh LaunchGood. LaunchGood ada untuk mendukung umat Muslim yang membuat karya-karya hebat.”

LaunchGood menawarkan suasana unik yang terbuka, yang mendorong umat Muslim agar membuat perubahan di lingkungan mereka. Umat Muslim dari seluruh dunia dapat mendaftar untuk mengumpulkan dana untuk proyek yang jelas dengan anggaran yang jelas pula – “karya hebat yang bermanfaat bagi setiap orang, dan bukan hanya Muslim”.

“Kami bangga menjadi Muslim dan bangga atas asal usul kami sebagai pionir, penemu, pengusaha, dan pembawa segala sesuatu yang baik. Rasulullah SAW berkata, ‘Orang beriman layaknya hujan pembawa kehidupan, di manapun mereka berada selalu membawa manfaat.”

Meski merupakan situs Muslim, LaunchGood menghindari penggunaan label “Islami”.

“Secara historis, ‘Islami’ bukan kata yang digunakan oleh Muslim, karena kata tersebut diperkenalkan oleh kolonialisme. Seiring waktu, kata tersebut menjadi kata yang memecah belah, sebuah kata yang memiliki makna ‘kita lawan mereka’. Kata tersebut juga memunculkan kesan penyucian atau penghakiman agama, di mana seringkali kita tidak merasa pantas menyandangnya – jika kita mendukung seorang Muslim yang mengumpulkan uang untuk memberi makan orang tunawisma, apakah artinya makanan tersebut menjadi makanan Islami?

Chris menekankan bahwa kritikan tidak akan menyurutkan langkah mereka dalam mencapai tujuannya membangun sebuah kelompok pendukung Muslim yang “mandiri dan berkecukupan”.

“Kami tidak tertarik melibatkan diri dalam perdebatan. Kami berfokus mendukung Muslim yang membuat karya hebat di mana pun mereka berada. Hal ini mungkin membuat beberapa Muslim tidak nyaman, namun kami tidak dapat menyenangkan setiap orang, dan sejauh ini kami senang dengan kumpulan pendana dan proyek positif yang telah berhasil kami bangun.”

Kebanyakan situs patungan dana bekerja dengan cara yang sama, namun Chris melihat pada dasarnya patungan adalah tentang kisah yang disampaikan dan bukan pengumpulan dananya. Ia melihat LaunchGood sebagai cara menolong sesama Muslim untuk memberikan “bab kecil dalam sebuah buku lebih besar berisi contoh-contoh hal yang mampu dilakukan oleh para Muslim”, karena dengan demikian akan ada lebih banyak orang yang membaca dan memahami sebuah proyek daripada sekadar menyumbang.

“Sesuai perkiraan, kami melihat hal ini menginspirasi orang lain untuk ikut ambil bagian dan mengejar mimpi dan minat mereka. Namun yang mengejutkan kami adalah bagaimana non-Muslim juga turut membaca kisah-kisah positif umat Muslim dan bahkan ikut membantu pendanaan. Dari sana, kami tidak melihat LaunchGood sebagi sesuatu yang “mengisolasi,” namun lebih kepada sesuatu yang menjembatani.”

Salah satu proyek sukses LaunchGood adalah “rangkaian DVD olahraga hijabi pertama di dunia” berjudul Nadoona Extreme DVD Fitness – Nadoona berhasil mengumpulkan $18,264 dengan bantuan dari 300 pendana. Namun, proyek paling sukses mereka sejauh ini (dalam artian melampaui target pendapatan) adalah RAHMA – Reaching All HIV+ Muslims in America.

“Kami merasa sangat terhormat dapat mendukung Khadijah dengan pekerjaannya, karena ia melakukan sesuatu yang mungkin ditabukan oleh masjid-masjid kita namun sangat dibutuhkan. Khadijah adalah adalah bintang baru dalam komunitas kami dan membuktikannya dengan kegesitannya – ia memastikan selalu ada yang menyumbang untuk kampanyenya setiap hari! Kami merasa LaunchGood sangat cocok untuk ide-ide berani dan penggiat yang mungkin tidak dapat menyampaikan karyanya di masjid, namun dapat menemukan komunitas dan dukungan secara online untuk menyelesaikannya.”

Bagi pembaca Aquila Style yang berada di Asia Tenggara dan Amerika Utara, LaunchGood juga dapat membantu Anda.

“Audiens kami juga kebanyakan wanita dan berasal dari Asia Tenggara dan Amerika Utara! Tidak mungkin ini hanya sebuah kebetulan – sejujurnya saya yakin “Steve Jobs Muslim” pertama pastilah wanita. Secara keseluruhan, kita, umat Muslim, telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam menyertakan wanita dengan baik di dalam masyarakat. Kita cenderung bersikap terlalu berpikiran tertutup di masjid dan di dalam ruang gerak kita. Jadi, meski ironis, pengecualian ini memberi wanita kesempatan untuk menjadi pemikir mandiri, terutama di wilayah-wilayah di mana mereka memiliki lebih banyak kebebasan untuk menjadi aktif. Hasilnya, hanya dalam waktu sesingkat ini, proyek-proyek wirausaha LaunchGood terbaik justru berasal dari para saudari kita.”

Karya yang dipilih LaunchGood menjanjikan dampak yang bertahan lama bagi masyarakat yang mendapat manfaat dari berbagai proyek. Proyek yang ada sangat beragam, mulai dari menanam pohon kelapa untuk mendukung sebuah sekolah hingga lokakarya anti penggencetan, sehingga setiap orang pasti akan menemukan proyek yang sejalan dengan mereka.

“Jika ada wanita dari [Asia Tenggara dan Amerika Utara] yang membutuhkan dukungan, kami mendorong mereka untuk menghubungi kami. Bahkan jika proyek mereka belum utuh, kami dengan senang hati akan meluangkan waktu untuk mendiskusikan proyek mereka bersama dan menawarkan saran yang lebih dari sekadar pendanaan patungan. Kita semua bekerja sama di sini, dan seorang wirausahawan dengan senang hati akan mendukung wirausahawan lainnya.”

Kunjungi LaunchGood di situsFacebook atau Twitter mereka

Leave a Reply
Aquila Klasik