Modest Style

Studi: Ingin Cantik? Tidurlah!

,
Sebuah penelitian terbaru memastikan hal yang mungkin sudah Anda ketahui: orang akan kelihatan lebih baik bila cukup tidur pada malam sebelumnya. ©Miramiska/shutterstock.com
Sebuah penelitian terbaru memastikan hal yang mungkin sudah Anda ketahui: orang akan kelihatan lebih baik bila cukup tidur pada malam sebelumnya. ©Miramiska/shutterstock.com

Sebuah penelitian terbaru dalam skala kecil kini menegaskan bahwa trik kecantikan terbaik adalah dengan tidur malam yang baik.

Temuan ini mengungkapkan apa yang mungkin pernah Anda lihat di cermin setelah malam yang kacau: orang kurang tidur bisa kita bilang terlihat lebih lusuh, dengan mata lebih merah dan bengkak, lingkaran di bawah mata lebih gelap, lebih banyak keriput, serta kelopak mata dan mulut lebih menggantung dibandingkan saat mereka cukup istirahat. Orang juga tampak sedih ketika kurang tidur daripada setelah tidur normal, dan kesedihan ini jelas terkait dengan kondisi tampak lelah, kata para peneliti.

‘Karena wajah mengandung banyak informasi yang menjadi dasar interaksi manusia satu sama lain, bila seseorang tampak lelah maka ini dapat mempengaruhi bagaimana orang lain bersikap terhadap mereka,’  kata Tina Sundelin, penulis dan mahasiswa doktoral di fakultas psikologi Stockholm University di Stockholm, Swedia. ‘Hal ini relevan tidak hanya untuk interaksi sosial antarpribadi, tetapi juga yang resmi seperti dengan perawatan kesehatan profesional dan keselamatan publik.’

Untuk melakukan penelitian mereka, Sundelin dan tim dari Karolinska Institute di Stockholm merekrut 10 subjek yang difoto pada dua kesempatan terpisah: setelah delapan jam tidur normal dan setelah 31 jam kurang tidur. Foto-foto tersebut diambil di laboratorium pada pukul 14:30 pada kedua kesempatan. Empat puluh peserta menilai 20 foto wajah tersebut terkait ekspresi wajah, kelelahan, dan kesedihan.

Dalam sebuah penelitian terpisah yang diumumkan awal tahun ini, University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, menemukan bahwa kurang tidur menunjukkan ‘peningkatan tanda-tanda penuaan kulit dan pemulihan yang lebih lambat dari berbagai stresor lingkungan,’ misalnya radiasi ultraviolet, kata para peneliti.

Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan tidur yang berkualitas, WebMD dan Mayo Clinic menawarkan tips berikut untuk memperbaiki tidur Anda: Tetapkan jadwal tidur yang teratur, bahkan pada akhir pekan. Makanlah dengan baik, dan hindarilah kafein di malam hari atau makan berlebihan sebelum tidur. Juga cobalah aksesori tidur, seperti mesin white noise (yang menghasilkan suara statis) atau penyumbat telinga, untuk memblokir gangguan. Berolahragalah di siang hari, yang dapat membantu tidur, dan cobalah untuk membersihkan pikiran Anda dari terlalu banyak kekacauan sebelum tidur dengan menulis catatan harian sebelum tidur, misalnya.

Akses penelitian baru ini di: http://www.journalsleep.org/ViewAbstract.aspx?pid=29095

 

Leave a Reply
<Modest Style