Modest Style

Situs-Situs Perjodohan Muslim

,

Anda lajang dan sedang mencari jodoh? Cobalah sejumlah situs web perjodohan muslim pilihan kami.

ina WP-afia-muslim-matrimonial-sxc
Seorang pembaca artikel saya The Search of a Muslim Prince Charming (pencarian pangeran muslim impian)  mengeluhkan sulitnya menemukan calon suami muslim—terutama bagi mereka yang tinggal di negara-negara nonmuslim.

Sayangnya, saya tidak mempunyai jawaban yang mudah atas masalah pelik yang diajukannya. Harapan saya, sebagai masyarakat, kita akan lebih aktif dalam hal membantu saudara-saudara kita menemukan pasangan hidup mereka.

Untungnya, semakin banyak situs web khusus muslim yang menawarkan jasa perjodohan.

Bagi yang penasaran, saya harus bilang saya tidak pernah mencoba satu pun dari jasa-jasa tersebut karena alasan yang jelas: saya sudah menikah. Selain itu, saya sadar kesan pertama dari layanan perjodohan di internet ada kalanya tampak menakutkan. Akan tetapi, setelah berselancar di World Wide Web selama berjam-jam, dengan gembira saya beri tahukan, saya sangat terkejut. Ada sejumlah situs web perjodohan yang kelihatannya tulus bermaksud membantu para lajang muslim menemukan jodoh mereka dalam cara yang islami. Jadi, jika Anda lajang dan sedang mencari jodoh, silakan mengklik salah satu—atau lebih—dari situs-situs berikut ini:

1. Half Our Deen (HOD)

HOD adalah proyek yang diciptakan Baba Ali, komedian muslim asal Amerika. Sebuah pernyataan di situs webnya berbunyi, ‘Di HalfOurDeen.com keinginan kami jauh lebih besar dari sekadar membantu Anda menemukan jodoh. Insya Allah kami juga ingin membantu Anda memiliki hubungan yang harmonis setelah pernikahan.’

Untuk mencapai tujuan itu, situs web HOD mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam daripada situs-situs web lain, sampai pada pandangan seseorang terhadap kehidupan dan Islam—yang mereka yakini sebagai faktor yang sangat penting dalam uji kecocokan. HOD juga menawarkan privasi dan hanya menampilkan profil kepada anggota berbayar. Mengenai pembayaran, HOD hanya menarik US$5 (sekitar Rp 49.000) per bulan—murah sekali dibandingkan situs-situs lain.

Satu-satunya kekurangan HOD adalah, karena situs web ini terbilang baru maka jumlah anggota yang terdaftar masih sangat sedikit bila dibandingkan dengan situs-situs lain. Tapi, siapa sih yang butuh jutaan anggota jika yang kita perlukan hanya satu?

2. Pure Matrimony

Dengan lebih dari dua ratus ribu anggota, Pure Matrimony mengklaim diri sebagai ‘situs web perjodohan muslilm terbesar di dunia yang khusus melayani muslim lajang yang sedang mencari jodoh’. Situs web ini berkolaborasi dengan beberapa institusi islami terkemuka seperti Al-Kauthar dan Al-Maghrib untuk memiliki akses ke para pelajar di sana serta meningkatkan jumlah keanggotaan mereka. Sama seperti HOD, Pure Matrimony pun menawarkan privasi sehubungan dengan profil pengguna serta menganjurkan anggota perempuan untuk mencantumkan informasi wali mereka.

Dalam soal harga, Pure Matrimony menawarkan paket-paket berbeda yang dapat dipilih pengguna, mulai dari US$15.76 (sekitar Rp 153.000) per bulan. Sebagian dari dana tersebut disumbangkan untuk amal.

3. Nikah.com

Telah berdiri selama 15 tahun, situs perjodohan ini menjanjikan ‘kemajuan teknologi yang sesuai dengan prinsip-prinsip islami’ dalam membantu para pelanggan mereka menemukan pasangan hidup.

Perbedaan antara situs ini dengan kedua situs sebelumnya adalah pengunjung dapat menjelajahinya tanpa harus membayar atau mendaftar terlebih dulu. Apakah kemudahan ini termasuk kelebihan atau tidak, saya serahkan kepada penilaian Anda.

Apakah Anda memiliki pengalaman dengan situs-situs perjodohan di atas maupun situs lainnya? Silakan berbagi cerita dengan kami pada kolom komentar di bawah!

Leave a Reply
<Modest Style