Modest Style

Segarnya 5 salad ala Indonesia

,

Mari hidup sehat dengan aneka pilihan “salad” berikut, dipilih oleh Beta Nisa.

Gambar: iStock
Gambar: iStock

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata “salad”? Bagi sebagian orang, mungkin yang terbersit di benak sayur mayor atau potongan buah segar yang disiram dengan saus campuran mayonnaise atau minyak zaitun. Namun tanpa kita sadari, Indonesia juga memiliki berbagai ragam salad khas Nusantara. Berikut beberapa di antaranya yang sangat menggugah selera:

1. Pecel

Salah satu jenis salad Nusantara yang paling umum ialah pecel. Terdiri dari sayur mayur rebus dengan bumbu kacang khas sebagai pelengkap, pecel adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah.

Sayuran yang biasa digunakan untuk pecel terdiri dari bayam, kacang panjang dan tauge. Saus kacang yang digunakan dibuat dengan kacang dan berbagai rempah-rempah seperti bawang putih dan cabai yang diulek menjadi satu. Tidak jarang pembuatan saus kacang ini menggunakan terasi, meski bahan ini tidak digunakan di semua daerah. Salah satu pecel yang paling terkenal ialah pecel Madiun yang dilengkapi dengan rempeyek dan potongan telur.

Apabila salad dari negara-negara Barat cenderung dijadikan sebagai makanan pendamping, lain halnya dengan pecel. Di Indonesia, pecel biasanya menjadi menu utama dalam sebuah santapan. Penyajian pecel yang terkadang unik dengan menggunakan daun pisang – disebut juga pecel pincuk – memberikan sensasi kuliner tesendiri.

2. Karedok

Berbeda dengan pecel, karedok dibuat dari sayuran mentah. Perbedaan lainnya adalah pecel berasal dari Jawa Tengah, sedangkan karedok berasal dari Jawa Barat. Sayur-mayur yang digunakan dalam hidangan ini sangat mirip dengan gado-gado dan pecel, hanya saja karedok biasanya tidak menggunakan sayuran dedaunan seperti bayam. Sayuran pengisinya seperti kubis, kol, tauge dan timun tidak direbus ataupun dimasak dengan cara apapun, melainkan cukup dicuci, diiris-iris dan disajikan bersama dengan saus kacang yang diramu menggunakan kencur.

3. Gado-gado

Sebagian warga Jakarta mungkin mengatakan bahwa gado-gado dan pecel adalah hidangan yang sama. Namun, orang-orang yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah akan mengatakan bahwa dua sajian ini berbeda.

Di Jakarta, gado-gado sangat mirip dengan pecel. Bedanya hanya terletak pada jenis sayuran dan tingkat kekuatan rasa bumbunya. Isi sayuran dalam pecel lebih sederhana, yaitu bayam, kacang panjang, dan tauge. Sedangkan gado-gado isinya lebih bervariatif.

Di Jawa Timur dan Jawa Tengah, adanya santan membedakan bumbu gado-gado dari daerah-daerah ini dengan gado-gado Jakarta. Santan membuat bumbu kacang lebih kental dan warnanya lebih muda. Di daerah-daerah ini, pengisi gado-gado juga biasanya dilengkapi kentang rebus, telur rebus dan tahu goreng.

4. Lotek

Satu lagi salad Nusantara yang berasal dari tatar Sunda adalah lotek. Kemiripannya dengan gado-gado seringkali membuatnya dipanggil dengan sebutan “gado-gadonya Bandung”. Beda gado-gado dengan lotek adalah ragam sayurannya yang lebih banyak, dengan dilengkapi daun selada, kentang atau kangkung. Cara penyajiannya pun berbeda. Gado-gado biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, sedangkan lotek biasanya disajikan sebagai santapan tersendiri, tanpa nasi atau lontong. Saus kacang lotek juga lebih kental.

5. Asinan

Asinan adalah irisan sayuran atau buah-buahan yang diasinkan atau disiram dengan saus atau kuah asam, yang biasanya terbuat dari cuka. Rasanya yang segar menjadikan asinan cocok dijadikan makanan selingan, berbeda dengan pecel atau gado-gado. Jenis asinan yang cukup dikenal ialah asinan Betawi dan asinan Bogor.

Asinan Betawi adalah asinan sayuran. Ia diracik dari berbagai sayuran seperti selada dan kubis yang telah diasinkan, kemudian disajikan dengan kuah cuka yang pedas dan kerupuk.

Sedikit berbeda dengan asinan Betawi, asinan bogor mengandung lebih banyak buah-buahan tropis seperti mangga dan kedondong. Asinan bogor seringkali dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang mampir ke kota Bogor. Bagi yang doyan rasa asam-asam pedas, hidangan ini cocok sekali bagi Anda!

Leave a Reply
<Modest Style