Modest Style

Sarapan sarat gizi dalam 10 menit

,

Tidak ada waktu untuk sarapan? Coba dulu resep-resep berikut. Dibagi oleh Miranti Cahyaningtyas.

Sesuai janji saya pekan lalu, kali ini saya akan berbagi beberapa menu sarapan favorit saya. Hal yang terpenting bagi saya dalam menyiapkan sarapan adalah memasukkan sebanyak mungkin kandungan menyehatkan dan, sebaliknya, sesedikit mungkin kandungan garam, gula, minyak, makanan olahan, dan penyedap buatan.

Berikut beberapa ide sarapan yang cukup cepat membuatnya namun tetap nikmat:

[Not a valid template]

Semua santapan di atas lebih baik dinikmati dengan ditemani segelas air putih dengan beberapa tetes perasan air jeruk nipis atau lemon. Namun jika sarapan agak terlambat, maka air putih biasanya saya ganti dengan kopi susu – yang sebenarnya tidak baik untuk penyerapan nutrisi, namun sangat saya sukai). Susu kedelai bisa juga dijadikan pilihan.

Penambahan alpukat dalam menu sarapan sangat baik karena kandungan nutrisinya yang amat kaya dan rasanya yang netral, sehingga cocok disantap bersama apa saja dan dalam bentuk penyajian apapun.

Madu, selain memiliki banyak kandungan nutrisi yang tinggi, juga membuat rasa minuman sarapan Anda menjadi semakin nikmat. Coba ganti gula pada kopi atau teh Anda dengan madu, maka Anda akan mengerti apa yang saya maksud.

Selain itu, ada baiknya memiliki persediaan rempah atau dedaunan kering seperti peterseli, oregano, kemangi, atau daun jeruk. Penambahan bumbu-bumbu ini adalah cara instan menambah kenikmatan makan.

Jika menu di atas tidak cocok dengan selera Anda, berikut daftar nutrisi dan jenis makanan yang dapat membantu Anda berkreasi menciptakan sarapan favorit sendiri:

Zat besi: brokoli, hati, kacang-kacangan, sayur hijau, kedelai dan olahannya, rumput laut.

Protein: dada ayam, ikan, keju, kedelai dan olahannya, putih telur, susu, kacang-kacangan.

Serat: nasi merah, brokoli, jagung, pasta, bubur gandum, buah seperti apel dengan kulitnya.

Kalsium: kedelai dan olahannya, kangkung, bayam, salmon, yogurt, brokoli.

Vitamin C: berbagai beri, jeruk, jambu, paprika.

Selain itu, ada beberapa situs bagus (seperti ini atau ini) yang dapat Anda kunjungi untuk mencari tahu lebih jauh mengenai berbagai bahan makanan serta kandungan nutrisinya.

 

Gambar: iStock

Leave a Reply
<Modest Style