Modest Style

5 latihan melawan PMS

,

Kalahkan berbagai gangguan sebelum menstruasi dengan olahraga ringan berikut. Oleh Faizah Abdullah.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Bagi sebagian besar wanita, beberapa hari menjelang masa menstruasi akan menimbulkan berbagai keluhan yang dikenal dengan sindroma pramenstruasi (premenstrual syndrome/PMS). Perubahan hormonal yang terjadi tepat sebelum periode menstruasi diduga menjadi penyebab utama timbulnya PMS. Hampir 90% wanita mengalami gejala PMS setiap bulan. Gejalanya dapat bermacam-macam, mulai dari kembung, mual, migrain, perubahan suasana hati hingga depresi. Gejala-gejala tersebut biasanya mulai menghilang seiring dengan datangnya haid. Namun, berbagai keluhan tersebut sudah pasti menganggu aktifitas sehari-hari.

Olahraga ringan sangat dianjurkan untuk mengurangi PMS. Olahraga dipercaya sebagai salah satu teknik relaksasi yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri ringan pada tubuh. Hal ini disebabkan saat melakukan olahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin. Hormon ini dapat berfungsi sebagai obat alami penawar rasa sakit yang diproduksi otak, sehingga menimbulkan rasa nyaman. Berikut ini beberapa jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi sindroma PMS.

1. Latihan pernafasan

Tidurlah terlentang beralaskan matras dengan tangan berada di samping tubuh. Tekuk kedua lutut dan buka kaki selebar panggul. Rilekskan tubuh Anda, tarik nafas melalui hidung dan isi rongga dada Anda dengan udara sebanyak mungkin. Tahan 5 detik, lalu hembuskan nafas seperti meniup lilin. Ulangi 10 kali atau lebih untuk mendapatkan efek relaksasi.

2. Latihan panggul (pelvic curl)

Pada posisi yang sama seperti di atas, bayangkan tulang panggul Anda sebagai sebuah mangkuk berisikan air. Saat menarik nafas, angkat panggul Anda ke arah kepala seakan-akan Anda ingin menuangkan isi mangkuk. Lalu pada saat menghembuskan nafas, tuangkan isi mangkuk ea rah kaki.

3. Pelvic elevation

Dengan posisi sama seperti latihan 1, saat menarik nafas, kencangkan bokong serta otot perut, lalu bawa panggul ke arah kepala dan perlahan angkat bokong Anda. Tahan selama 5 detik, lalu hembuskan nafas sambil menurunkan bokong perlahan hingga menyentuh matras. Lakukan 10 kali pengulangan.

4. Cat curl

Dengan posisi seperti hendak merangkak, buka kaki dan tangan selebar bahu. Ratakan punggung Anda. Pada saat menarik nafas, lengkungkan tulang belakang membentuk kubah, tahan 5 detik lalu ratakan kembali punggung Anda sambil membuang nafas. Lakukan 10 kali repetisi.

5. Cat curl dengan siku di bawah

Pada posisi seperti latihan 4, tekuk siku Anda keluar secara perlahan dan rendahkan dada ke arah lantai. Dorong lantai untuk kembali ke atas secara perlahan. Ulangi gerakan 10 kali.

Selain dapat membantu mengurangi gejala PMS, olahraga perlu dilakukan agar tubuh tetap bugar, kekuatan otot terjaga dan tulang tetap sehat.

Terkait: Solusi ramah lingkungan untuk tamu bulanan

Faizah Abdullah adalah seorang fisioterapis dan dosen di Universitas Indonesia.

Leave a Reply
<Modest Style