Modest Style

NY Fashion Week Tampilkan Koleksi Untuk Wanita Berukuran Plus

,
Berkas foto: Para model memeragakan koleksi busana untuk wanita berukuran plus. AFP Photo / Bertrand Guay
Berkas foto: Para model memeragakan koleksi busana untuk wanita berukuran plus. AFP Photo / Bertrand Guay

NEW YORK. Oleh Brigitte DUSSEAU (AFP) – Kaum wanita bertubuh berisi mendapat kesempatan tampil di atas panggung pada hari pertama New York Fashion Week, Jumat (6/9), ketika perancang lokal Eden Miller memamerkan koleksi busananya untuk wanita berukuran plus.

Di dunia fashion yang mengutamakan koleksi berukuran super kurus, di mana biasanya para model bertubuh cekinglah yang melenggang di atas panggung, Miller mendandani para model yang bertubuh berisi dengan penampilan modis nan glamor dari koleksi mininya yang penuh warna.

Dengan pilihan warna berani, kreasi motif besar dan gaun panjang bergaris horizontal, desainer wanita ini mengatakan koleksinya ia perkenalkan ‘dalam cara yang megah, saya tidak mau bersikap malu-malu terhadap koleksi ini.’

‘Saya harap usaha saya cukup baik untuk membuka pintu bagi orang lain. Saya ingin menampilkan wanita cantik nan seksi yang bangga pada tubuh mereka. Saya sama sekali tidak menyesalinya.’

Koleksinya ditampilkan dalam ‘Box’, lokasi paling kecil di Lincoln Center di mana acara pekan mode tersebut diselenggarakan.

Tempat yang bernuansa intim itu penuh sesak oleh para penata gaya, nama-nama penting di sejumlah agen model berukuran plus, para pembeli istimewa, wartawan dan fashionista bertubuh berisi.

‘Ini adalah langkah besar untuk industri mode,’ ujar desainer Meaghan O’Connor.

Susan Georget yang telah bekerja untuk agen model berukuran plus MSA selama 30 tahun, yang menyediakan para model untuk peragaan busana Miller, berkata bahwa acara itu ‘merupakan kesuksesan semalam yang sudah lama ditunggu-tunggu.’

‘Kami sudah lama menunggu saat ini. Selama itu kami telah melakukan sedikit usaha, tetapi langkah ini memantapkan posisi kami di industri fashion, sebagai wanita yang modis, seksi dan menawan.’

Yang juga terkesan dengan acara itu adalah Aimee Cheshire, pakar dalam mode berukuran plus.

‘Sekarang kami mulai dikenali. Ini adalah mimpi, pengesahan yang sudah bertahun-tahun kami dambakan hadir di industri ini,’ tuturnya, seraya menambahkan Miller mewakili ‘lebih dari 60 persen dari populasi di AS’.

April lalu, Miller, yang telah menjadi perancang selama 25 tahun, meluncurkan lini busananya, Cabiria, yang  memperoleh ulasan ‘baik tapi tidak disangka-sangka’.

Pada bulan Juli, dia dihubungi oleh Fashion Law Institute — organisasi nirlaba yang memberikan saran dan dukungan kepada para desainer berbakat yang tidak mempunyai sumber daya untuk mengadakan acara sendiri — untuk menyelenggarakan peragaan busana.

Sebagai wanita yang bangga akan tubuhnya yang berisi, dengan penuh semangat Miller menjelaskan bagaimana dia menggunakan potongan, sudut dan siluet pakaian untuk menonjolkan tubuh yang lebih berisi.

Menurutnya, koleksinya merupakan ‘busana berpotongan sederhana yang khusus dibuat untuk sosok berukuran plus. Begitu memakainya, mereka akan merasa cantik dan itulah yang membuat saya bahagia — saya jadi bersemangat untuk berkreasi lebih baik lagi.’

Meskipun masih terbilang langka untuk panggung-panggung peragaan internasional, para model berukuran plus telah tampil di Paris dan Milan. London pun menggelar pekan mode yang dipersembahkan untuk koleksi busana bagi wanita dengan proporsi tubuh lebih besar.

Peragaan busana berukuran plus pertama di New York Fashion Week itu terjadi hampir karena kebetulan.

‘Saat saya pertama kali bertemu Eden, dia sedang mengenakan salah satu rancangannya,’ ungkap Susan Scafidi dari Fashion Law Institute.

‘Pikiran pertama saya bukannya ‘baju berukuran plus yang bagus’, tapi ‘koleksi yang bagus — saya berharap dia membuatnya dalam ukuran saya.’

‘Sebenarnya saya baru sadar begitu Cabiria akan menjadi lini busana pertama di perhelatan ini. Dengan kata lain, mengukir sejarah secara kebetulan benar-benar sebuah langkah plus.’

Scafidi mengatakan bahwa di dunia mode, perbedaan antara model kurus dan model bertubuh ekstra diciptakan persis seperti memisahkan antara kedua orientasi seksual: homo atau hetero.

‘Para model dan desainer berukuran standar sudah lebih dulu keluar, tapi yang bertubuh ekstra masih — katakakanlah —tinggal di dalam lemari. Jadi saya senang sekali bahwa dunia yang satu ini sudah mulai menampakkan jati dirinya,’ katanya.

Miller, yang koleksinya membidik pasar wanita berukuran 12 sampai 24 (standar Amerika) atau 42 sampai 56 (standar Eropa) sangat menyukai motif-motif berani dan tidak segan mengaplikasikannya ke dalam rancangannya.

‘Jika Anda dianugerahi tubuh yang lebih besar, Anda seharusnya tidak berpura-pura memiliki tubuh mungil—tidak ada gunanya,’ ujarnya.

Leave a Reply
<Modest Style