Modest Style

Menghadapi Pahitnya Hidup

,

Stres adalah hal rutin bagi kebanyakan orang dan kita tahu betul buruknya stres bagi kehidupan kita. Dr Yasmine Hussain berbagi strategi mengendalikan stres – benar-benar perintah dokter!

(Gambar: SXC)
(Gambar: SXC)

Stres adalah bagian dari hidup kebanyakan orang. Stres adalah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan yang sibuk dan kehidupan sebagai seorang perempuan yang berambisi – memiliki karir yang gemilang, kehidupan berkeluarga yang bahagia, juga kehidupan sosial yang aktif. Namun terkadang stres dapat terasa berlebihan.

Ada kalanya saya merasa stres menjadi tidak tertahankan – entah karena jam-jam panjang yang harus saya lalui saat menjadi residen atau, yang terbaru, karena sedang berusaha melatih si bungsu untuk tidur. Masa-masa ini adalah momen yang membuat saya kewalahan dan mempertanyakan kemampuan saya untuk melewatinya.

Riset membuktikan bahwa stres berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai masalah medis termasuk kecemasan, depresi, dan lain sebagainya. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa cara kita menghadapi dan menanggapi stres kitalah yang menjadi penyebab utama efek-efek negatif tersebut, dan bukan level stres yang kita alami.

Saya teringat pada sebuah kutipan dari buku Khaled Hosseini yang berjudul A Thousand Splendid Suns, “Di balik setiap cobaan dan kesedihan yang Ia berikan pada kita, Tuhan memiliki suatu alasan.” Studi menunjukkan bahwa stres menjadi lebih berbahaya jika kita menanggapinya secara negatif dan membiarkannya mengungkung kita. Sebaliknya, kita harus menggunakan momen yang menyebabkan stres untuk melakukan hal-hal yang memotivasi dan menantang kita melewati masa tersebut.

Berikut adalah teknik dan strategi yang membantu saya juga pasien saya dalam melawan stres:

Membersihkan rumah

Kita semua berusaha terlalu berlebihan! Kita membuat terlalu banyak rencana dan janji secara rutin. Hal ini membuat kita merasa kewalahan. Meski hal ini sepertinya terlalu sederhana, obatnya adalah membiasakan diri melakukan lebih sedikit. Fokuslah pada hal-hal yang memang penting bagi Anda, dan lakukan hal tersebut sebaik-baiknya. Membereskan hidup Anda itu penting. Termasuk juga kerapian rumah (juga laci) Anda dan memastikan bahwa semua ada pada tempatnya. Jadikan rumah Anda tempat berteduh yang menenangkan yang membantu Anda melepas lelah saat pulang. Saya tahu hal ini tidak selalu mudah dilakukan, namun saya berusaha untuk melakukannya. Agenda, baik dalam bentuk digital maupun cetak (yang adalah pilihan saya), juga penting. Anda dapat mencatat semua janji yang Anda punya dan merencanakan jadwal Anda sepekan lebih awal sehingga hidup Anda akan lebih terencana.

Mempraktekkan Gaya Hidup Sehat

Tidak henti-hentinya saya menekankan pentingnya hidup sehat dalam untuk mengendalikan stres. Gerakan olahraga menghasilkan zat neurokimia yang membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih sehat. Olahraga dalam bentuk apapun lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa. Namun kita harus, paling tidak, berusaha berolahraga setiap hari atau minimal tiga kali sepekan selama sedikitnya 30 menit. Tidur cukup (delapan jam semalam) dan makan makanan bergizi seimbang memberi tenaga yang Anda butuhkan untuk menjalankan hari.

Ketenangan Mental

Kunci untuk merasa lebih tenang adalah dengan meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk lebih mengenal diri kita dan fokus pada hal yang lebih besar daripada diri kita. Salat, meditasi, yoga atau latihan pernapasan dapat membantu kita rileks dan memahami hal apa saja yang memang berharga dan pantas dipedulikan – yang ternyata jauh lebih sedikit dari yang selama ini kita pikirkan!

Melihat dengan perspektif

Coba pikirkan hidup Anda secara keseluruhan dan Anda akan menyadari bahwa kita semua hanyalah bagian dari sebuah puzzle besar. Saya menyarankan Anda mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri. Anda dapat melakukan ini dengan pikiran Anda atau, lebih baik lagi, dalam sebuah jurnal. Ingatlah untuk memiliki rasa humor, hindari selalu memikirkan yang terburuk, dan jangan mengacuhkan nilai positif yang tersembunyi dalam setiap keadaan. Semakin sering kita memikirkan orang lain, dan semakin banyak kita menyediakan diri kita untuk orang lain (dalam hal apapun), semakin kita merasa baik dan tidak stres.

Bersosialisasi

Teman adalah pertolongan terbaik dalam menghadap stres dan kecemasan. Menciptakan jaring dukungan yang melibatkan keluarga, teman, dan tetangga adalah kunci untuk bertahan, terutama saat hidup menjadi tidak tertahankan. Jadi ayo rencanakan kencan dengan para sahabat – perintah dokter!

Dr Yasmine Hussain adalah dokter medis yang berpraktek di Toronto, Kanada. Ia mendapatkan pelatihan sebagai dokter perawatan primer di McMaster University dan menyelesaikan residensinya di bidang kedokteran keluarga. Ia meluangkan waktunya untuk mengurus sebuah praktek, melibatkan diri dalam aktivisme sosial, dan membesarkan dua anak lelaki. Yasmine adalah pecinta fanatik fesyen sebagai sarana ekspresi diri juga musik dan budaya dalam berbagai bentuk. Sebagai seorang perempuan dengan beragam campuran budaya, ia memiliki cara pandang yang unik tentang menjadi seorang Muslim di tanah Amerika Utara.

Leave a Reply
<Modest Style