Modest Style

Studi: Roti putih ternyata baik bagi kesehatan

,

bread

Demam diet biji-bijian telah menyisihkan roti putih ke jajaran makanan sampah. Namun, riset terbaru justru menyarankan untuk memakan dan menikmati setiap gigitan roti putih karena adanya bakteri usus bermanfaat yang pertumbuhannya didorong oleh roti jenis ini.

Dalam sebuah studi perdana, sebuah tim riset Spanyol dari University of Oviedo di Spanyol menyimpulkan bahwa makanan pokok yang sering dicela ini justru mendorong pertumbuhan bakteri yang melindungi dari penyakit dan bukannya menyebabkannya.

Tim tersebut bekerja dengan 38 orang dewasa sehat dan menanyakan pola makan mereka. Mereka juga melakukan analisis sampel kotoran.

Roti putih memiliki hemiselulosa dan pati resisten, yang mendorong penyebaran Lactobacillus.

Berasal dari kata Latin, Lactobacillus bermakna “bakteri susu pecinta asam” dan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi gejalan demam hingga melindungi dari penyakit seperti salmonella.

Meski Lactobacillus dijual dalam bentuk pil suplemen nutrisi atau bubuk, laporan ACS menyebutkan bahwa cara terbaik untuk menjaga keseimbangan bakteri yang sehat adalah melalui pola makan.

Studi tim tersebut menemukan bukti bahwa pektin, yang sebelumnya dianggap bermanfaat, dapat mengurangi populasi bakteri baik. Pektin adalah salah satu komponen buah sitrus. Jadi, sebagai contoh, selembar roti putih dapat menjadi penyeimbang sehat sebutir jeruk.

Hasil studi tersebut diterbitkan di Jurnal Agrikultur dan Kimia Makanan ACS dan menerima pendanaan dari Kementerian Sains dan Inovasi Spanyol.

Leave a Reply
<Modest Style