Modest Style

Plus minus masakan Padang bagi kesehatan

,

Suka masakan Padang? Mari timbang baik dan buruknya bagi kesehatan. Oleh Beta Nisa.

1901 WP masakan Padang (iStock)
Gambar: iStock

Masakan Padang memang tiada duanya. Tidak ada yang lebih nikmat dari sajian rendang di atas nasi pulen dilengkapi dengan sambal hijau. mak nyus! Bahkan kelezatan rendang sudah diakui secara internasional dengan terpilihnya rendang sebagai makanan paling enak berdasarkan CNNGo. Namun, kelezatan yang ditawarkan oleh masakan Padang juga turut diimbangi oleh beberapa dampak negative jika mengonsumsinya berlebihan. Apa saja kelebihan dan kekurangan masakan Padang? Berikut beberapa bahan pertimbangan untuk Anda:

Plus:

1. Menggugah selera

Sudah tentu kelebihan pertama dari masakan Padang adalah rasanya yang lezat dan menggugah selera. Masakan Padang memiliki cita rasa yang tinggi, karena menggunakan berbagai jenis rempah sehingga rasanya kuat dan khas. Saking lezatnya, menyantap nasi putih dengan kuah Padang saja rasanya sudah cukup nikmat, bukan?

2. Porsi besar

Salah satu kelebihan menyantap masakan Padang di warung atau restoran adalah porsinya yang cukup banyak, khususnya bila Anda memesan untuk dibungkus atau dibawa pulang; porsi nasi yang diberikan biasanya cukup banyak sehingga dapat dimakan berdua. Dengan porsinya yang cukup banyak, nasi bungkus Padang merupakan pilihan yang cukup hemat sekaligus mengenyangkan.

3. Mudah didapatkan

Tidak perlu jauh-jauh ke Padang untuk menyantap makanan Padang. Rumah makan Padang tersebar di berbagai penjuru Indonesia – bahkan dunia – sehingga amat mudah didapatkan. Jenis rumah makan Padang pun bervariasi, ada yang murah seperti warung-warung Padang di pinggir jalan hingga yang berkelas seperti restoran Padang yang berlokasi di mal-mal besar.

4. Kaya nutrisi

Sajian yang ada di dalam satu porsi masakan Padang dapat dikatakan hampir lengkap kandungan nutrisinya. Terdapat karbohidrat dari nasi, protein dari lauk-pauk seperti rendang atau ayam pedas, dan serat dari sayur daun singkong. Sehingga, satu porsi masakan Padang sudah mencukupi banyak kebutuhan nutrisi tubuh.

Minus

1. Banyak menggunakan santan

Adanya santan yang kental mungkin merupakan salah satu kunci kelezatan makanan Padang. Namun dibalik kelezatan tersebut, terlalu banyak santan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Santan mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Tingkat kolesterol dan lemak tak jenuh yang tinggi dapat menyumbat aliran darah yang bisa berujung pada serangan stroke.

2. Berminyak

Selain bersantan, masakan Padang juga dikenal sebagai makanan yang sangat berminyak. Makanan yang berminyak kurang menyehatkan apabila terlalu sering dikonsumsi. Serupa dengan makanan bersantan, makanan berminyak juga mengandung lemak tak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

3. Sangat pedas

Rata-rata hampir seluruh masakan Padang sudah pasti pedas, dan terkadang kepedasan yang ada justru menambah cita rasanya. Namun bagi mereka yang kurang doyan pedas, menyantap makanan Padang bisa menjadi suatu dilema. Di satu sisi masakan Padang amat menggoda aroma dan kelezatannya, namun di sisi lain pedasnya juga tidak tertahankan.

Bagi mereka yang suka pedas, terlalu banyak menyantap sajian pedas juga dapat menimbulkan masalah. Terlalu banyak cabai dan makanan pedas dapat memicu iritasi perut yang menyebabkan Anda bolak-balik ke kamar mandi.

Leave a Reply
<Modest Style