Modest Style

Camilan sehat tradisional asal Indonesia

,

Di tengah membanjirnya produk makanan asing di Indonesia, makanan khas ibu pertiwi yang lezat sekaligus sehat tetap harus kita lestarikan. Oleh Beta Nisa.

1602 WP camilan
Penjual kue basah di Yogyakarta. Foto: Dietrich Ayala / Flickr

Saat membayangkan camilan, seringkali yang terlintas dalam benak kita adalah makanan tinggi kandungan gula karbohidrat dan garam yang berpotensial menambah berat badan dan miskin nutrisi. Sedangkan makanan sehat cenderung identik dengan rasa yang kurang enak dan penampilan yang kurang menarik. Namun, lain halnya dengan camilan khas Indonesia. Tanpa kita sadari, Indonesia memiliki sederet camilan khas yang tidak hanya nikmat di lidah, namun juga sehat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa camilan sehat ala Indonesia yang dapat ditemukan di sekitar kita:

1. Kembang tahu

kembang tahu
Kredit: Sajian Sedap

Hangat-hangat nikmat, mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kembang tahu. Camilan khas Indonesia yang satu ini terbuat dari sari pati tahu yang diguyur dengan kuah jahe dan gula merah. Dengan bahan dasar kacang kedelai, sari pati tahu mengandung mutu protein nabati yang tinggi dengan berbagai manfaat bagi tubuh. Dilengkapi dengan kuah jahe nikmat, kembang tahu merupakan camilan yang pas untuk menghangatkan tubuh di kala hujan melanda.

2. Rujak manis

rujak buah
Kredit: Resep Umi

Rujak manis merupakan salah satu camilan Indonesia yang paling populer. Terdiri dari buah-buahan yang dipotong-potong dan saus gula merah sebagai pelengkap, rujak manis cocok untuk dijadikan camilan beramai-ramai bersama teman. Dengan buah segar sebagai bahan utamanya, tidak diragukan lagi manfaat rujak manis bagi kesehatan tubuh. Bagi yang kurang doyan menyantap buah secara langsung, rujak manis merupakan alternatif yang tepat untuk menambah asupan buah.

3. Tape bakar

tape bakar
Kredit:Dapur Masak

Gurih dan manis, tape bakar adalah jenis camilan yang kini sudah tersedia dalam banyak variasi, mulai dari tape bakar keju hingga tape bakar selai nanas. Di balik berbagai variasi rasanya, tape bakar juga mempunyai segudang khasiat karena menggunakan bahan dasar tape singkong. Tape singkong mengandung vitamin B kompleks dan vitamin B-6 yang dapat mencegah anemia. Tape singkong juga dikenal kaya akan vitamin K yang baik untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Camilan bajigur (ubi rebus, kacang rebus, pisang rebus)

image
Kredit: Pdemchick / Wikimedia Commons

Aneka camilan pendamping minuman tradisional bajigur seperti ubi rebus dan kacang rebus merupakan camilan sehat khas ala Indonesia. Dibandingkan dengan kacang atau ubi yang digoreng, kacang dan ubi rebus merupakan pilihan yang lebih sehat karena memiliki kalori yang lebih rendah. Kacang rebus juga mengandung antioksidan yang tinggi dan sehat untuk jantung.

5. Kue pisang atau nagasari

kue pisang
Kredit: Sajian Sedap

Kue pisang atau yang juga dikenal sebagai nagasari adalah jajanan yang terbuat dari pisang, tepung beras, santan, dan susu. Kue pisang ini dibuat dengan cara dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus menjadi camilan yang lembut dan gurih. Jajanan asli Indramayu bergizi tinggi dan cocok dijadikan camilan bagi anak balita karena teksturnya yang lembut.

6. Getuk

getuk
Kredit: Sajian Sedap

Bagi yang doyan jajanan tradisional, pasti sudah tidak asing lagi dengan getuk. Jajanan Indonesia yang satu ini tidak hanya bercita rasa unik, namun juga penuh dengan nutrisi. Getuk terbuat dari ubi rebus halus yang sehat bagi pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Ubi rebus juga memiliki kandungan betakaroten tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan taburan kelapa parut, getuk semakin nikmat dan sehat, layak  untuk disantap sebagai camilan sehari-hari.

7. Otak-otak

otak-otak
Kredit:Resep Masakan Top

Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Aneka kandungan nutrisi dalam ikan mampu mengurangi resiko serangan jantung dan meningkatkan kecerdasan otak jika dikonsumsi secara rutin.

Salah satu cara untuk dapat menikmati manfaat gizi ikan dengan menyantap otak-otak. Disajikan dengan bumbu kacang yang lezat, otak-otak merupakan camilan yang bergizi dan juga menggugah selera. Namun pastikan otak-otak yang Anda konsumsi terbuat dari daging ikan terpilih.

Leave a Reply
<Modest Style