Modest Style

Buah lokal Indonesia: eksotis dan kaya manfaat

,

Apa saja kandungan nutrisi durian, salak, jambu dan kawan-kawan? Beta Nisa menjelaskan.

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai kekayaan alam, termasuk buah-buahan. Sebagai negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, Indonesia merupakan tempat yang baik bagi pertumbuhan berbagai jenis buah tropis seperti salak dan rambutan, yang tentu saja sulit untuk ditemukan di berbagai negara non-tropis. Buah lokal Indonesia tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, namun juga ternyata kaya gizi. Apa saja kandungan nutrisi buah lokal kita?

1. Durian

Foto: Mohd Hafizuddin Husin/Flickr
Gambar: Mohd Hafizuddin Husin/Flickr

Durian seringkali dijuluki sebagai the king of fruits. Di balik bentuknya yang cukup mengintimidasi dan rasanya yang kuat, durian merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6. Daging buah durian juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Durian juga dapat mengurangi risiko stroke karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Fakta menarik lainnya adalah durian ternyata dapat membantu dalam mengatasi depresi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin B6 dalam durian yang dapat meningkatkan produksi serotonin, sebuah senyawa yang mampu mengurangi depresi.

2. Manggis

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Buah tropis yang satu ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Mulai dari isinya hingga kulitnya, buah manggis menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan kesehatan, salah satunya karena kandungan vitamin C yang dikandungnya. Baca lebih lanjut segudang manfaat manggis lainnya.

3. Jambu biji

Foto: Sakurai Midori/Wikimedia Commons
Gambar: Sakurai Midori/Wikimedia Commons

Jambu biji adalah salah satu buah lokal yang sangat menyehatkan, bukan hanya karena kandungan nutrisinya, namun juga karena cara penanamannya. Jambu biji adalah buah tropis yang tidak memerlukan banyak pestisida dalam tumbuh kembangnya jika dibandingkan dengan buah-buah lain seperti apel dan anggur. Sehingga, tanaman dan buah jambu biji sangat sedikit memiliki kemungkinan terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Segudang manfaat jambu biji antara lain adalah mengobati konstipasi, karena kandungan seratnya yang tinggi. Jambu biji juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata karena buah ini kaya akan vitamin A.

4. Jambu air

Foto: Mohanraj K/Wikimedia Commons
Gambar: Mohanraj K/Wikimedia Commons

Selain jambu biji, Indonesia juga memiliki jambu jenis lain yang tak kalah lezatnya, yaitu jambu air. Sesuai dengan namanya, jambu air merupakan buah yang berair dan menyegarkan. Jambu air mengandung vitamin C dan protein nabati yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Kandungan vitamin C dan serat jambu air juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

5. Rambutan

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Buah tropis musiman yang satu ini merupakan buah lokal Indonesia yang jarang dapat ditemukan di luar negeri. Di balik penampilannya yang penuh rambut dan terlihat berantakan, rambutan merupakan sumber vitamin C yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk melawan flu. Rambutan juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi, yang dapat meningkatkan energi dan dapat mengurangi perut kembung. Selain itu, rambutan juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia karena mengandung zat besi yang cukup tinggi.

6. Belimbing

Gambar: Pixabay
Gambar: Pixabay

Ada satu buah lokal Indonesia yang berbentuk bintang, yaitu belimbing. Buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat segar sehingga tidak mengherankan banyak yang menyukai belimbing dalam bentuk jus. Buah belimbing merupakan buah yang kaya zat antioksidan bernama flavonoid. Flavonoid sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kulit dari gejala-gejala penuaan dini seperti timbulnya kerutan-kerutan halus dan flek. Belimbing juga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena mengandung zink yang dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

7. Sirsak

Foto: Muhammad Mahdi Karim/Wikimedia Commons
Gambar: Muhammad Mahdi Karim/Wikimedia Commons

Ukuran sirsak yang cukup besar, kulit yang keras dan daging buah yang agak kenyal membuatnya agak sulit dikonsumsi habis secara langsung. Meski begitu, sirsak tetap menjadi salah satu buah kesukaan masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat. Namun di balik rasanya yang menggoda, tahukah Anda bahwa sirsak memiliki potensi besar dalam mencegah dan mengobati kanker?

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, ekstrak buah sirsak diduga dapat memperlambat pertumbuhan kanker atau membuat kanker lebih rapuh terhadap pengobatan anti-kanker karena mengandung senyawa acetogenins.

8. Salak

Gambar: Roger Price/Flickr
Gambar: Roger Price/Flickr

Buah salak, atau disebut juga sebagai snakeskin fruit dalam bahasa Inggris karena kulitnya yang meyerupai kulit ular, adalah buah tropis dengan rasa asam manis – seperti perpaduan apel dan nanas. Selain di Indonesia, salak juga cukup digemari di negara Asia lainnya seperti Filipina, Thailand dan Malaysia. Salak merupakan buah yang kaya akan potassium dan pektin, kandungan kedua zat ini sangat baik bagi perkembangan otak dan daya ingat. Dari sinilah muncul istilah salak sebagai “fruit of memory”.

Leave a Reply
<Modest Style