Modest Style

9 ragam soto dari Sumatera hingga Sulawesi

,

Soto adalah sajian sup daging khas Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai daerah Nusantara. Beta Nisa menjelaskan beberapa perbedaan mereka.

Salah satu kuliner favorit khas Nusantara ialah soto. Kelezatan masakan berkuah ini dapat dijumpai di hampir setiap sudut jalan. Beda daerah, beda pula jenis sotonya. Apa saja jenis soto yang ada di Indonesia dan apa perbedaan mereka?

1. Soto Padang

Gambar: Midori / Wikimedia Commons
Gambar: Midori / Wikimedia Commons

Sumatera Barat dikenal sebagai daerah yang memiliki sajian-sajian kuliner yang sangat lezat – salah satunya ialah soto Padang. Terbuat dari kaldu sapi, kuah soto Padang memiliki rasa kecut gurih yang khas karena adanya campuran cuka dalam racikannya. Soto Padang disajikan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering serta soun atau bihun. Soto Padang biasanya ditemani perkedel kentang sebagai pelengkap.

2. Soto Bandung

Gambar: Gunawan Kartapranata / Wikimedia Commons
Gambar: Gunawan Kartapranata / Wikimedia Commons

Bahan-bahan dasar yang digunakan dalam soto Bandung adalah daging sapi dan rempah-rempah khas soto. Yang membedakannya dari soto lainnya ialah penambahan tomat, lobak, dan kacang kedelai yang telah digoreng. Kuah soto terasa ringan dan segar karena tidak menggunakan santan.

3. Soto mie Bogor

Gambar: Gunkarta / Wikimedia Commons
Gambar: Gunkarta / Wikimedia Commons

Soto lain yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah soto mie Bogor. Sesuai dengan namanya, soto mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

Selain penggunaan mie kuning, bahan lainnya yang membuat soto ini cukup unik ialah urat dan kaki sapi, risoles, serta babat. Karena bahan-bahannya yang sudah cukup ‘berat’, soto mie Bogor seringkali disantap dengan sendirinya tanpa ada tambahan nasi atau ketupat.

4. Soto Betawi

Gambar: Wikimedia Commons
Gambar: Wikimedia Commons

Soto Betawi adalah jenis soto Nusantara yang memiliki kuah cukup ‘berat’ dan kental. Hal ini dikarenakan penggunaan santan dan susu dalam pembuatan soto Betawi, sehingga timbulnya citarasa yang sangat gurih.

Soto yang populer di daerah ibu kota Jakarta ini semakin gurih dengan penggunaan jeroan sebagai salah satu bahan utama. Tidak jarang, organ-organ lainnya seperti hati dan mata juga dijadikan isi dari soto tersebut. Citarasa soto yang satu ini pun bertambah dengan adanya taburan keripik emping dan acar timun sebagai pelengkap.

5. Soto Kudus

Gambar: resepmasakankuliners.blogspot.com
Gambar: resepmasakankuliners.blogspot.com

Indonesia juga memiliki soto yang tak kalah lezat dari kota Kudus. Soto Kudus terdiri dari dua jenis: soto ayam dan soto kerbau. Dua-duanya memiliki rasa manis gurih yang merupakan ciri khas dari soto Kudus. Selain rasanya yang unik, penyajian soto Kudus pun unik, yaitu di dalam mangkuk berukuran kecil dan dilengkapi dengan irisan ayam goreng, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge.

6. Soto Lamongan

Gambar: resepmasakanonlineku.blogspot.com
Gambar: resepmasakanonlineku.blogspot.com

Soto Lamongan menggunakan bumbu koya, yaitu bubuk gurih yang terbuat dari udang dan bawang dalam penyajiannya. Selain penggunaan koya, kekhasan soto Lamongan terletak pada penggunaan ayam kampung.

Soto khas Jawa Timur ini merupakan jenis soto yang cukup ringan karena kuahnya yang bening dan tidak menggunakan susu maupun santan. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lamongan untuk mencicipi masakan yang satu ini, karena soto Lamongan sudah tersedia di banyak warung makan. Bahkan soto Lamongan disebut-sebut sebagai salah satu makanan rakyat yang paling digemari di Surabaya.

7. Soto Madura

Gambar: kuliner.blogekstra.com
Gambar: kuliner.blogekstra.com

Apabila Anda ingin menyantap soto yang benar-benar mengenyangkan, soto Madura bisa jadi pilihan yang tepat. Dibandingkan jenis soto Nusantara lainnya, soto Madura merupakan salah satu jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Serupa dengan coto Makassar, soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi seperti babat, paru-paru dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Selain jeroan, soto Madura juga dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya seperti bihun, kol, telur rebus, ayam dan tauge. Cukup mengenyangkan, bukan?

8. Soto Banjar

Gambar: Malik_Braun / Flickr
Gambar: Malik_Braun / Flickr

Soto yang berasal dari Suku Banjar, Kalimantan ini dikenal sebagai salah satu soto yang penuh citarasa dan kaya rempah. Soto Banjar menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya dan dibuat dengan menggunakan aneka jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala sehingga menghasilkan aroma khas yang kuat dan sangat menggoda. Kuah soto Banjar cenderung pucat dibandingkan dengan soto Nusantara lainnya karena tidak menggunakan kunyit dalam pembuatannya. Soto Banjar biasa disajikan dengan ketupat, telur, dan perkedel.

9. Soto Makassar

coto makassar

Soto Makassar atau juga disebut coto Makassar merupakan kuliner wajib-coba bagi siapapun yang berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan. Jenis soto Nusantara yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas, karena isinya yang terbuat dari jeroan atau isi perut sapi. Potongan usus, hati dan daging sapi direbus dalam waktu yang cukup lama hingga menghasilkan kaldu yang kuat, lalu diiris tipis dan disajikan bersama ketupat. Selain menggunakan daging sapi, ternyata ada pula coto Makassar yang diracik menggunakan daging kuda!

Leave a Reply
<Modest Style