Modest Style

6 masakan Indonesia yang perlu dipelajari sejak usia 20-an

,

Cara memasak hidangan-hidangan khas Nusantara ini sebaiknya dipelajari sejak muda, tulis Beta Nisa.

Masakan Indonesia dikenal sebagai masakan yang penuh cita rasa dan kaya akan rempah. Masakan Indonesia juga dikenal cukup rumit dalam proses pembuatannya karena melibatkan berbagai macam jenis bumbu. Namun di antara banyaknya jenis hidangan Nusantara, terdapat beberapa jenis masakan “wajib” yang sebaiknya dipelajari sedini mungkin. Mempelajari cara memasak hidangan-hidangan ini tidak hanya bermanfaat bagi Anda saat berkeluarga nanti, namun juga dapat melatih Anda untuk menyiapkan makanan sehat dan cepat di sela-sela kesibukan.

1. Nasi goreng

Nasi goreng lengkap dengan sosis, omelet, kerupuk, acar dan sayuran khas Indonesia. Foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia Commons
Nasi goreng lengkap dengan sosis, omelet, kerupuk, acar dan sayuran khas Indonesia. Foto: Gunawan Kartapranata / Wikimedia Commons

Menu yang satu ini merupakan salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia hingga muncul berbagai variasi nasi goreng, mulai dari nasi goreng kampung hingga nasi goreng seafood. Selain karena rasanya yang enak, nasi goreng juga patut dipelajari karena proses pembuatannya yang cukup mudah dengan bahan-bahan dasar sederhana seperti nasi dan telur. Nasi goreng dapat dimasak ketika Anda sedang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu.

Lalu bagaimana caranya membuat nasi goreng yang enak dan tak kalah lezatnya dengan buatan abang nasi goreng keliling? Salah satu kunci kelezatan nasi goreng terletak pada nasinya. Gunakan nasi yang agak kering, sehingga bulir-bulir nasi tidak saling menempel dan bumbu akan tercampur rata. Jangan gunakan nasi yang baru matang karena nasi ini cenderung lembek dan akan mengurangi kegurihan nasi goreng.

Pembuatan nasi goreng yang lezat juga memerlukan api dan wajan yang besar agar bumbu meresap secara merata. Setelah bumbu tercampur rata dengan nasi, besarkan api dan aduk cepat agar nasi semakin garing dan bumbu semakin meresap. Pada tahap ini, pastikan Anda mengaduk nasi goreng dengan cepat agar nasi tidak menjadi gosong.

2. Tempe dan tahu goreng

Foto: Charles Wiriawan / Flickr
Foto: Charles Wiriawan / Flickr

Tempe dan tahu goreng merupakan lauk khas Indonesia yang menemani hampir setiap sajian makan. Untuk membuat tempe dan tahu goreng yang enak, pastikan Anda menggunakan tempe dengan tingkat kematangan yang pas, tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah. Saat menggoreng tahu, gunakan api besar agar minyak cukup panas untuk menghasilkan tahu yang gurih.

3. Sambal

Foto: iStock
Foto: iStock

Kuliner khas Indonesia tidak akan lengkap tanpa kehadiran sambal. Meski bukan hidangan utama, sambal merupakan pelengkap sajian yang membuat acara bersantap semakin nikmat.

Indonesia memiliki beragam jenis sambal dari berbagai daerah untuk menemani berbagai jenis masakan. Namun Anda cukup mempelajari satu jenis sambal yang menjadi teman umum banyak masakan, yaitu sambal terasi.

Kunci dari sambal yang lezat ialah takaran bumbu yang pas dan tidak berlebihan. Contohnya, terasi yang terlalu banyak akan membuat sambal terasa pahit. Pastikan pula Anda menggunakan bahan-bahan seperti cabai dan tomat yang segar untuk menjamin kelezatan sambal Anda. Hindari pemakaian blender untuk menghaluskan sambal karena cara ini akan menyebabkan sambal terasa langu.

4. Sayur kuah (misal: sayur bening atau sayur asam)

Foto: Lia Soehartono / Flickr
Foto: Lia Soehartono / Flickr

Dalam memasak sayur berkuah, Anda harus memastikan agar sayur tidak terlalu matang. Masukkan sayuran pada saat terakhir setelah semua bumbu telah direbus agar saat bumbu telah menyatu dengan kuah, sayur masih segar dan tidak terlalu layu. Terlalu lama merebus sayur juga dapat membuat vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya larut dalam kuah.

5. Ayam goreng

Foto: Alpha / Flickr
Foto: Alpha / Flickr

Ayam goreng khas Indonesia ialah ayam goreng yang kaya akan rempah-rempah, atau biasa disebut ayam goreng bumbu kuning.

Kunci ayam goreng yang enak ialah kelengkapan bumbu, mulai dari bawang, ketumbar, hingga kunyit yang dihaluskan menjadi satu. Tidak adanya salah satu jenis rempah ini dapat mempengaruhi cita rasa secara keseluruhan. Agar ayam semakin terasa kelezatannya, pastikan merebus (mengungkep) ayam selama beberapa saat agar bumbu cukup meresap sebelum digoreng.

6. Tumis kangkung

Foto: zoyachubby / Flickr
Foto: zoyachubby / Flickr

Tumis kangkung dapat dibuat dalam beberapa variasi, sehingga mempelajari cara membuatnya akan berguna di saat Anda nantinya berkeluarga. Agar tumis kangkung terasa lebih sedap, tambahkan sedikit terasi pada bumbu dasar tumis.

Leave a Reply
<Modest Style