Modest Style

4 manfaat kulit manggis

,

Beberapa khasiat kulit buah yang kini ramai dibicarakan. Oleh Beta Nisa.

Foto: Fotolia
Foto: Fotolia

Belakangan ini, jingle sebuah iklan produk ekstrak kulit manggis cukup akrab di telinga kita. Tenarnya jingle tersebut tentunya mengundang rasa ingin tahu tentang manfaat dari kulit manggis.

Manggis merupakan salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia karena rasa asam-manisnya yang menggoda lidah. Meski yang sering kita konsumsi adalah isi buah manggis yang berwarna putih, rupanya khasiat buah manggis juga tersimpan di dalam kulitnya. Apa saja manfaat kulit manggis?

1. Mencegah penuaan dini

Manggis merupakan salah satu buah yang mengandung kandungan antioksidan paling tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Menurut sebuah artikel di Journal of the Pharmaceutical Society of Japan in 1994, kandungan antioksidan dalam buah manggis bahkan lebih kuat dibandingkan vitamin E.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat melawan radikal bebas yang merusak kolagen dan elastin pada kulit, sehingga mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Kulit manggis menyimpan sebagian besar kandungan antioksidan buah manggis, sehingga mengonsumsinya secara teratur secara ilmiah ditengarai dapat membuat orang awet muda.

2. Mencegah kanker

Salah satu senyawa antioksidan yang sangat tinggi pada kulit buah manggis adalah xanthones Berdasarkan hasil uji laboratorium sementara, kandungan xanthones dalam kulit manggis berpotensi untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Beberapa hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak kulit manggis pada hewan percobaan memberi efek yang bersifat seperti kemoterapi. Perlu dicatat bahwa hasil ini belum diuji pada manusia dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, informasi ini memberikan harapan terhadap potensi kulit manggis pada pengobatan kanker di masa depan.

3. Mengobati penyakit kulit

Kulit manggis memiliki kandungan yang bersifat antibakteri sehingga cukup efektif dalam mengobati beberapa penyakit dan iritasi kulit. Beberapa obat salep berbahan dasar kulit manggis telah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti eksim dan ruam kulit.

Adanya kandungan senyawa antibakteri dalam kulit manggis juga menjadikannya ampuh dalam mengobati jerawat.

4. Mengobati sakit perut

Kulit manggis sejak lama telah dikenal sebagai obat sakit perut di kawasan Asia Tenggara. Ekstraknya yang dikonsumsi dalam bentuk teh herbal dipercaya berkhasiat untuk mengobati berbagai keluhan sakit perut seperti keram akibat menstruasi, diare hingga infeksi saluran kemih.

Sebelum mengonsumsi ekstrak kulit manggis, periksa dulu labelnya untuk memeriksa komposisi dan kandungan lengkap dari produk tersebut. Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi buah manggis atau ekstrak kulitnya secara alami.

Leave a Reply
<Modest Style