Modest Style

Kegiatan melepas stress: Terbang dengan paralayang

,

Kegiatan mendebarkan yang satu ini bisa menjadi pilihan melepas stress dan penat bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Oleh Najwa Abdullah.

[Not a valid template]

Kawasan Puncak merupakan salah satu tempat favorit warga Jakarta untuk meghabiskan akhir pekan. Hamparan kebun teh, panorama pegunungan dan hawa yang sejuk membuat Puncak memiliki daya tarik tersendiri untuk membebaskan penat dari rimba beton Jakarta.

Untuk liburan singkat Anda di Puncak berikutnya, saatnya Anda melakukan aktivitas yang jauh lebih menantang ketimbang berfoto-foto, duduk-duduk menikmati pemandangan dan makan-makan. Jadikan liburan Anda lebih seru dan mendebarkan dengan menikmati keindahan Puncak dari ketinggian: Mari terbang menggunakan paralayang.

Apa itu paralayang? Paralayang, atau istilah bahasa Inggrisnya paragliding, adalah salah satu jenis olahraga terbang bebas dengan menggunakan sebuah parasut yang didesain untuk mampu mengangkat beban badan penerbang. Paralayang tidak menggunakan mesin sama sekali dan bertumpu pada tenaga angin untuk terbang dari lereng bukit atau gunung.

Bagi warga Jakarta yang berminat melakukan olahraga menantang ini, cukup datang saja ke Bukit Paralayang Puncak, Jawa Barat yang berlokasi sekitar 700 meter dari Masjid Atta’awun. Di sana, dengan membayar Rp 300 ribu rupiah Anda bisa mendapatkan pelatihan singkat dengan para pemandu dan pelatih paralayang sebelum lepas landas.

Masih ragu-ragu akan keamanan aktivitas ini? Jangan khawatir. Peralatan yang tersedia lengkap dan aman serta berada di bawah pengawasan para ahlinya. Lagipula, Anda tidak akan terbang sendiri, melainkan ditemani oleh seorang pemandu yang akan duduk di belakang Anda selama penerbangan. Anda baru boleh terbang sendiri jika sudah memiliki sertifikat izin terbang yang bisa Anda peroleh setelah mendapat pelatihan khusus dan terbang sebanyak 30 kali.

Sebelum lepas landas, Anda harus berlari sekencang-kencangnya, dan voila! Tiba-tiba Anda akan melayang di atas hamparan kebun teh Puncak yang hijau dan indah. Jika kondisi cuaca bersahabat dan angin cukup kencang dan stabil, Anda bisa terbang tinggi di udara selama 15 menit.

Pastikan Anda dalam kondisi sehat ketika ingin melakukan kegiatan ini dan usahakan datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian yang panjang. Jika datang siang, selain menunggu giliran yang cukup lama, kondisi cuaca sering berubah tanpa bisa diramalkan.

Kegiatan ini paling seru dilakukan bersama teman-teman terdekat. Pastikan juga Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen mendebarkan Anda ketika terbang bebas. Jangan lupa meminta tolong kepada pemandu atau teman untuk mengambil gambar Anda ketika sedang terbang.

Jika Anda cukup berani, Anda bahkan dapat membawa monopod dan merekam detik-detik penerbangan Anda dalam sebuah video dari ponsel atau kamera Anda. Namun, pastikan pemandu Anda mengizinkan hal ini, dan berhati-hatilah ketika membawa benda elektronik selama terbang.

Setelah selesai memompa adrenalin dengan terbang bebas dari bukit yang tinggi, Anda bisa melanjutkan jalan-jalan Anda di Puncak dengan lebih santai di sore hari.

Selamat merasakan sensasi terbang!

Leave a Reply
<Modest Style