Modest Style

Irak Terpilih dalam National Geographic Traveler tahun 2014

,
Masjid Jalil Khayat di Arbil, Irak ©fpolat69/shutterstock.com
Masjid Jalil Khayat di Arbil, Irak ©fpolat69/shutterstock.com

Sebuah kota kaya-minyak yang sedang tumbuh pesat di Irak dan disebut sebagai Ibukota Wisata Arab 2014 serta sebuah perkebunan kopi di Laos yang terhampar di area sisa gunung berapi menjadi nama-nama di antara pilihan teratas dalam National Geographic Traveler sebagai tempat tujuan wisata yang layak dikunjungi tahun depan.

Daftar itu berisi nama-nama yang berbeda dan tak terduga, yang jauh dari tren dan statistik wisata. Tak seperti Lonely Planet, misalnya, dengan daftar kota terbaik 2014 yang terutama berisi kota metropolitan besar dan mendudukkan Paris di tempat teratas, pilihan National Geographic lebih cenderung konvensional, tak terduga, dan mungkin lebih menggelitik rasa ingin tahu.

Kota Arbil di wilayah utara Irak, contohnya, digambarkan sebagai salah satu dari kota-kota tertua dunia yang masih dihuni penduduk serta akan “melupakan apa pun yang pernah Anda dengar tentang Irak.” Benteng kota ini dikelilingi oleh istana-istana Ottoman dan pasar-pasar berbentuk labirin, sementara tepat di luar dinding bentengnya terhampar sejumlah pegunungan, air terjun dan resor tepi danau.

Majalah ini juga menyoroti sebuah area yang kurang dikenal di Laos yang berkembang sebagai wilayah pembudidayaan kopi yang memproduksi kopi hitam dan pahit dari Jawa. Terbentang di mangkuk “kawasan raksasa bekas gunung api”, Dataran Tinggi Bolaven juga digambarkan kemungkinan sebagai tempat paling subur di Asia Tenggara.

Daftar ini dikumpulkan oleh jaringan publikasi dari para pakar wisata dunia. Baru di tahun ini, untuk pertama kalinya majalah ini juga mengundang pembaca untuk menominasikan destinasi favorit mereka berdasarkan kriteria serupa yang diberikan oleh para ahli: “kelestarian, kaya akan budaya, otentik, terbaik dan abadi.”

Dari 66 nominasi yang ada, editor memilih masukan dari pembaca Inggris, Beata Ulman, yang menjagokan kecantikan dari Kepulauan Derawan di Indonesia, di mana para pengunjung bisa menikmati matahari terbit dari balkon rumah-panggung, berenang bersama kura-kura dan menyaksikan terbenamnya matahari menghilang di balik garis pantai diseling suara lembut yang menenangkan dari para jamaah shalat magrib di masjid terdekat.

National Geographic Traveler’s Best Trips 2014 ditampilkan dalam edisi Desember 2013/Januari 2014 dan tersebar di kios-kios pada tanggal 3 Desember.

Leave a Reply
<Modest Style