Modest Style

Berkunjung ke Hijab Day 2014

,

Laporan pandangan mata Najwa Abdullah di Hijab Day 2014.

[Not a valid template]

Hari Minggu lalu, akhirnya acara yang ditunggu-tunggu oleh para hijab fashionista Jakarta diselenggarakan. Untuk kedua kalinya, acara tahunan Hijab Day oleh Hijabers Community berhasil menarik ribuan pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga para ibu muda.

Mulai sejak mal Gandaria dibuka pada jam 10 pagi, terlihat banyak perempuan berkerudung cantik dan modis melangkah ke Skenoo Exhibiton Hall yang terletak di lantai tiga. Di luar pintu masuk utama acara Hijab Day 2014, para pengunjung disambut dengan Hijabers Community Lounge yang didekorasi dengan nuansa feminin dan klasik. Lounge ini selain dijadikan tempat berfoto bagi pengunjung, juga dimeriahkan oleh beberapa talkshow mini dan sesi berbagi.

Sederet nama-nama yang cukup familiar turut menghidupkan acara dalam berbagai talkshow yang berkaitan dengan tema Hijab Day tahun ini, yaitu Happiness Project. Artis senior serta salah satu ikon hijab Indonesia, Inneke Koesherawati, serta desainer muda yang tengah bersinar, Ria Miranda, menjadi pembicara utama dalam talkshow yang berjudul Happines is the Real Beauty, yang dimoderatori oleh Syifa Fauziah, ketua Hijabers Community Jakarta.

Dalam bincang-bincang ini, selain berbagi tips cantik, Inneke juga berbagi pengalaman berhijabnya yang penuh lika-liku di awal tahun 2000-an. Ia menceritakan bagaimana ia menghadapi berbagai macam godaan dan cobaan di masa awal ia berhijab karena pada saat itu masih jarang perempuan yang mengenakan hijab dan sulit sekali menemukan pakaian yang ramah hijab. Di sisi lain, Ria Miranda menceritakan perjalanan karirnya sebagai seorang desainer muda yang ditantang untuk mendobrak citra busana Muslim yang terkesan kuno dan kaku hingga menjadi gaya busana yang modis dan nyaman dipakai sehari-hari.

Dalam talkshow yang lain, para pengunjung juga disuguhi dengan tips-tips berbusana dan tata rias dari Lulu El-Hasbu dan Zaskia Sungkar, serta tutorial hijab dan makeup dari blogger dan selebriti Instagram, Zahratul Jannah dan Caroline Septerita.

Acara puncak Hijab Day 2014, yaitu pagelaran busana Muslim oleh ZALORA serta konser hijabers oleh Fatima Voice, Puteri Hasanah Karunia, dan Puput Utami berhasil memukau para pengunjung yang semakin ramai berdatangan di Minggu malam,.

Selain berbagai acara menarik, para pecinta busana Muslim juga dimanjakan dengan bazaar meriah yang dihadiri oleh 120 label dan butik busana Muslim yang menawarkan berbagai door prize dan diskon.

Hijab Day 2014 juga mengajak para pengunjung untuk bersedekah melalui beberapa cara. Selain dengan cara pelelangan baju dan barang-barang milik bintang tamu dan para pengunjung, donasi juga dapat dilakukan melalui penyaluran dana ke Badan Wakaf Qur’an.

Untuk menyejukkan hati para pengunjung dengan siraman rohani, Hijab Day 2014 juga mempersembahkan Pengajian Akbar yang dihadiri oleh Ustadz Riza Muhammad dan pasangan selebriti, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino.

Akan tetapi, jumlah pengunjung yang membludak ke acara ini sepertinya membuat panitia cukup kewalahan sehingga pengunjung tidak terkoordinasi dengan baik dan sempat dibingungkan dengan kejelasan jadwal acara yang berlangsung di dua tempat: aula utama dan HC lounge yang berada di luar aula. Karena aula Skenoo Exhibition sebagian besar dijadikan tempat bazaar, para pengunjung cenderung tertahan di dalam aula untuk berbelanja, sementara seminar serta mini talkshow yang berada di HC lounge terlihat sepi pengunjung.

Dari segi konsep dan kematangan konten acara, beberapa hal juga harus diperbaiki oleh Hijabers Community untuk penyelenggaraan acara ini di tahun-tahun berikut. Dari rangkaian acara penyelenggaraan kali ini, terkesan bahwa Muslimah yang berhijab terlalu mementingkan penampilan dan cenderung konsumtif. Alangkah baiknya jika dalam Hijab Day berikutnya diadakan juga beragam diskusi yang membahas isu-isu penting perempuan atau workshop yang bermanfaat secara nyata bagi kecerdasan para pengunjungnya, agar lebih sesuai dengan misi Hijabers Community untuk memberdayakan perempuan.

Leave a Reply
<Modest Style