Gotong Royong untuk Meringankan Pekerjaan Rumah

,

Fatimah Jackson-Best berbagi pentingnya gotong royong untuk kesuksesan Ramadhan di rumah dan di tempat kerja.

Gotong Royong Memperingan Pekerjaan_Aquila Style
Gambar: Pixabay

Ada sesuatu tentang Ramadhan yang membuat saya merasa sangat bijaksana dan murah hati. Mungkin penyebabnya karena saya mengetahui ada jutaan umat Islam di seluruh dunia yang juga mengorbankan makanan mereka untuk tujuan yang lebih tinggi dan lebih spiritual.

Atau mungkin karena saya mengetahui bahwa amal baik yang kita lakukan dalam bulan ini dilipatgandakan di sisi Allah. Apa pun alasannya, menyadari bahwa orang melakukan lebih banyak perbuatan baik di bulan ini dibandingkan dengan bulan-bulan lain membuat saya merasa senang.

Satu hal yang penting untuk Ramadhan adalah membangun kerjasama atau mengulurkan tangan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Bantuan ini bisa diberikan kepada keluarga, teman, kolega atau bahkan orang asing. Kenyataannya adalah ketika kita membantu seseorang, perbuatan ini membuat hari-hari puasa yang panjang jauh lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk ditanggung.

Misalnya, pikirkanlah saat pagi buta ketika hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah bangun dan membuat sahur untuk diri sendiri, apalagi untuk pasangan atau keluarga Anda. Saat-saat  seperti ini akan jauh lebih mudah jika kita menetapkan jadwal yang jelas mencantumkan siapa yang bertanggung jawab atas sahur dan siapa yang bertugas membangunkan anggota keluarga lainnya. Jadwal ini bisa harian atau mingguan – distribusikan saja tanggung jawab secara merata sehingga tidak terpusat hanya pada satu orang.

Jika Anda memiliki keluarga besar, atau tidak dapat menyiapkan semua makanan Anda sendirian, cobalah untuk bekerja sebagai sebuah tim. Berembuklah bersama dengan saudara, pasangan, ibu atau ayah Anda untuk mengatur sahur. Yang paling penting adalah saling berkomunikasi, jadi jika selama ini Andalah yang menyiapkan semua makanan, pastikan bahwa keluarga Anda mengetahui bahwa hal ini menjadi beban dan Anda memerlukan bantuan mereka. Tanyakan bagaimana mereka dapat membantu Anda dan juga beritahu mereka apa yang Anda butuhkan. Kadang-kadang orang perlu sedikit dorongan untuk bertindak tanpa pamrih, jadi ingatlah ini dan jangan takut untuk bersuara.

Gotong royong juga berguna untuk waktu berbuka puasa. Berdasarkan pengalaman pribadi, rasanya berat sekali untuk pulang ke rumah pada pukul 5 setelah seharian bekerja dan mulai menyiapkan buka puasa pada pukul 6.30 petang. Rasanya jauh lebih mudah bila mengetahui makan malam akan disiapkan oleh pasangan saya dan saya dapat bersantai sejenak setelah hari yang panjang. Sekali lagi, diskusikan dengan anggota keluarga Anda untuk mengatur jadwal yang pas untuk semua orang yang terlibat.

Gotong royong tidak hanya terbatas pada waktu sahur dan buka puasa – cobalah untuk menerapkan taktik yang sama di tempat kerja dan dalam lingkungan lain tempat Anda berada selama bulan Ramadhan. Saya selalu memberitahu rekan-rekan saya ketika Ramadhan tiba dan meski saya mungkin memiliki kadar energi yang normal di pagi hari, pada siang hari saya akan sedikit melambat. Saya meminta mereka membantu saya melakukan tugas yang tidak berhubungan dengan bidang pekerjaan saya, dan untuk membatasi rapat di siang hari. Hasilnya, rapat lebih sering di pagi hari dan pekerjaan saya berkurang.

Ketika berhadapan dengan siswa di tempat kerja, saya menyarankan mereka untuk berinisiatif dengan tugas-tugas kecil seperti mengirim email ke rekan-rekan mereka dan membagi-bagi tugas kelas di antara mereka sendiri. Ini menguntungkan saya dan juga membantu mereka untuk mempelajari keterampilan mediasi konflik dan perilaku baik secara umum. Karena kita menghabiskan sebagian besar hari kita di tempat kerja, penting untuk membuat lingkungan senyaman mungkin.

Akhirnya, penerapan gotong royong merupakan bagian integral dari cara kita berbagi selama Ramadhan ini. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, inilah bulan untuk memberi, memberi dan memberi lagi! Menawarkan bantuan melalui kegiatan amal akan membantu orang yang membutuhkan dan inilah waktu terbaik untuk melakukannya. Carilah sebuah lembaga sosial dan lakukan kegiatan amal bersama mereka pada akhir pekan karena ini cara yang bagus untuk melihat efek langsung dari usaha Anda.

Tidak ada yang terasa lebih baik daripada membantu orang lain, dan mengetahui bahwa Anda tidak melakukannya sendiri bisa menambah kegembiraan itu. Impian kita terwujud dengan gotong royong!

Leave a Reply
Aquila Klasik