Modest Style

Panduan memilih tempat kos

,

Lima hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih rumah kedua Anda. Dibagi oleh Beta Nisa.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Memilih tempat kos bisa jadi tugas yang gampang-gampang susah; gampang karena banyak pilihan, susah karena bingung bagaimana menentukan pilihan yang tepat. Tempat kos memang harus dipilih dengan matang, karena tempat tersebut akan menjadi rumah kedua bagi kita. Apa saja faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk memilih rumah kos? Berikut ini panduannya.

1. Lokasi yang tepat dan akses transportasi yang memadai

Salah satu pertimbangan utama yang harus diprioritaskan saat memilih tempat kos adalah lokasi. Bukankah lokasi adalah salah satu alasan awal kita untuk kos?

Carilah lokasi tempat kos yang sesuai dengan tempat kerja atau tempat kuliah. Pertimbangkan pula akses jalan dan transportasi ke tempat kos. Usahakan untuk mencari lokasi dekat ke jalan besar sehingga transportasi menuju tempat kos cukup mudah. Lokasi di dekat jalan besar juga cenderung memudahkan akses terhadap kebutuhan sehari-hari, seperti warung makan dan minimarket.

2. Perhatikan lingkungan

Faktor lain yang tak kalah penting ialah lingkungan luar dan di dalam tempat kos. Perhatikan lingkungan sekitar dan tetangga seputar tempat kos. Pilihlah tempat kos yang memiliki lingkungan yang asri, nyaman dan bersifat kekeluargaan, sehingga Anda dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang di sekitar tempat kos dan tidak merasa sendiri.

Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalam dan seputar tempat kos, sehingga kenyamanan dengan lingkungan di dalam serta di luar tempat kos merupakan hal yang penting untuk dijadikan pertimbangan.

3. Kebersihan

Setelah mendapatkan daerah atau lokasi yang cukup memenuhi kriteria, kini saatnya untuk melihat ke dalam kamar kos yang menjadi pilihan tempat tinggal. Perhatikan kebersihan kamar kos karena kebersihan merupakan salah satu kunci kenyamanan sebagai penghuni kos. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjaga atau pemilik kos mengenai hal-hal seputar kebersihan tempat kos, seperti frekuensi pembersihan lorong kos dan sarana pembuangan sampah di lingkungan tersebut.

Salah satu hal yang selalu saya perhatikan saat memilih tempat kos ialah kebersihan kamar mandi. Prinsip saya, apabila kamar mandinya saja bersih, maka ruangan lainnya pun kemungkinan besar juga bersih. Terlebih lagi, kamar mandi merupakan salah satu tempat berkumpulnya berbagai jenis kotoran dan bakteri, sehingga apabila kurang terjaga kebersihannya dapat menimbulkan berbagai penyakit.

4. Keamanan

Selain kebersihan, faktor lain yang patut dijadikan pertimbangan saat memilih tempat kos adalah keamanan. Rumah kos merupakan salah satu target empuk pencurian. Saya sudah sering mendengar terjadinya banyak kasus kehilangan barang di tempat kos dari teman-teman saya.

Saat sedang memilih tempat kos, pastikan apakah tempat kos tersebut memiliki penjagaan yang cukup aman, misalnya tersedianya penjaga kos. Anda juga berhak menanyakan tentang kasus pencurian atau tindak kejahatan lain yang pernah terjadi kepada pemilik kos-kosan.

5. Harga

Selain pas di hati, tentu tempat kos juga harus pas di kantong. Sebelum menentukan tempat kos, tentukan terlebih dahulu anggaran yang Anda siapkan untuk tempat kos. Dengan begitu, pencarian Anda akan lebih terfokus pada tempat kos yang memenuhi kriteria dan budget Anda, sehingga proses pencarian menjadi lebih efektif.

Selain menentukan budget, ada baiknya Anda survei harga tempat kos di sekitar lokasi yang Anda inginkan sehingga mendapatkan gambaran dan perbandingan mengenai fasilitas kos yang dapat Anda dapatkan dengan budget yang Anda miliki.

Apabila harga tempat kos sudah pas, jangan lupa untuk menanyakan sistem pembayaran uang kos, karena terdapat beberapa tempat kos yang meminta pembayaran untuk tiga hingga enam bulan di depan sekaligus.

 

Sudah siap pindah ke tempat kos? Jangan lupa membawa barang-barang wajib anak kos!

Leave a Reply
<Modest Style