Modest Style

Mentega Tidak Sepenuhnya Buruk Bagi Kesehatan

,
Kadar sedang lemak jenuh yang ditemukan pada mentega dan keju sebenarnya dapat melindungi kita dari penyakit jantung dan stroke. ©Madlen/shutterstock.com
Kadar sedang lemak jenuh yang ditemukan pada mentega dan keju sebenarnya dapat melindungi kita dari penyakit jantung dan stroke. ©Madlen/shutterstock.com

Pencinta keju, bergembiralah. Sebuah laporan baru pada British Medical Journal mengindikasikan mentega dan keju sepertinya tidaklah seburuk anggapan sebelumnya bagi kesehatan.

Dipublikasikan Rabu (23/10), laporan itu menyebutkan lemak jenuh yang sering dianggap merugikan sebenarnya hanya sedikit pengaruhnya terhadap risiko penyakit jantung dan stroke. Malahan, lemak ini dapat melindungi Anda dari kedua kondisi ini.

Dr. Aseem Malhotra, spesialis kardiologi intervensi di RS Universitas Croydon, London, dalam jurnal tersebut menuliskan bahwa ketakutan pada lemak jenuh telah “mendominasi saran dan pedoman diet selama hampir empat dasawarsa” tapi “justru meningkatkan risiko masalah kardiovaskular”.

Produk susu yang tinggi  kandungan lemak jenuhnya pun kaya akan vitamin A dan D, kalsium serta fosfor. Meski demikian, konsumen harus paham untuk tidak menyamakan lemak jenuh dengan lemak trans yang sering ditemukan pada makanan kemasan dan hidangan cepat saji.

Untuk penanganan pasien jantung dan stroke, Malhota menyarankan pengalihan fokus dari hanya memerhatikan kadar kolesterol atau lemak darah secara keseluruhan, menjadi memastikan apakah mereka memiliki kadar kolesterol seimbang yang didapat dari berbagai jenis makanan berbeda atau tidak.

Leave a Reply
<Modest Style