Modest Style

Menjadi Relawan Ternyata Baik untuk Tekanan Darah

,
Penelitian baru di AS membuktikan bahwa menjadi relawan bisa membuat tekanan darah tetap terkendali. ©Monkey Business Images/shutterstock.com
Penelitian baru di AS membuktikan bahwa menjadi relawan bisa membuat tekanan darah tetap terkendali. ©Monkey Business Images/shutterstock.com

Menjadi relawan untuk membantu orang lain tidak hanya membuat pelakunya merasa bahagia tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, sebuah penelitian baru di AS menunjukkan.

Penelitian ini melibatkan 1.100 orang dewasa berusia antara 51-91 tahun, yang diwawancarai tentang aktivitas mereka menjadi relawan dan tekanan darah mereka diperiksa di awal penelitian dan diperiksa lagi empat tahun kemudian. Semua subjek memiliki angka tekanan darah normal pada saat wawancara pertama.

Terlepas dari jenis kegiatan sukarela yang dilakukan oleh subjek penelitian, peserta yang selama wawancara pertama mengatakan bahwa mereka bekerja sukarela setidaknya 200 jam per tahun kemungkinannya 40 persen lebih kecil  untuk memiliki tekanan darah tinggi empat tahun kemudian dibandingkan dengan mereka yang tidak menjadi relawan.

Penelitian ini dijadwalkan untuk dipublikasikan dalam jurnal Psychology and Aging.

‘Setiap hari, kita mengetahui lebih banyak tentang bagaimana faktor-faktor gaya hidup negatif seperti pola makan yang buruk dan kurang olahraga meningkatkan risiko hipertensi,’ tulis Rodlescia Sneed, calon doktor psikologi di Carnegie Mellon University, dalam sebuah rilis berita universitas.

‘Di sini, kami ingin menentukan apakah faktor gaya hidup positif seperti kerja sukarela benar-benar bisa mengurangi risiko penyakit. Dan, hasilnya memberikan contoh kegiatan yang secara aktif dapat dilakukan orang dewasa lanjut untuk tetap sehat dan menua dengan baik,’ kata Sneed.

‘Dengan bertambahnya usia, transisi sosial seperti pensiun, berkabung, dan kepergian anak-anak dari rumah sering menyebabkan orang dewasa lanjut tak memiliki banyak kesempatan alami untuk interaksi sosial,’ tambah Sneed.

‘Berpartisipasi dalam kegiatan sukarela dapat menjadi sarana hubungan sosial bagi orang dewasa lanjut yang mungkin tidak akan mereka dapatkan dalam keadaan lain. Ada bukti kuat bahwa menjalin hubungan sosial yang baik memperbaiki proses penuaan sehat dan mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan yang negatif.’

Sebuah penelitian AS lain yang diterbitkan awal tahun ini di jurnal JAMA Pediatrics juga mengaitkan kerja relawan dengan kesehatan jantung yang baik pada siswa SMA.

Leave a Reply
<Modest Style