Membuat sendiri perawatan ala spa di rumah

,

Sensasi ala spa dapat Anda ciptakan di rumah tanpa biaya besar. Beta Nisa menunjukkan caranya.

Gambar: Fotolia
Gambar: Fotolia

Setelah minggu yang panjang dan melelahkan, tentu menggiurkan rasanya untuk memanjakan diri di spa yang menenangkan. Anda dapat berhemat dengan membuat spa di rumah sendiri yang tidak kalah dengan fasilitas dan ketenangan di salon langganan Anda. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menciptakan spa di rumah?

Suasana menenangkan

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai perawatan spa adalah menciptakan suasana rumah yang menenangkan. Suasana semacam ini akan membantu Anda merasa tenang dan rileks sehingga memaksimalkan perawatan diri yang dilakukan. Suasana yang mendukung juga dapat membangkitkan semangat dan menyegarkan Anda kembali dalam menghadapi tantangan-tantangan di minggu berikutnya.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, tentu cukup sulit untuk mendapatkan waktu tenang dengan anak-anak berlarian di dalam rumah. Diskusikan dengan suami mengenai rencana Anda sehingga ia beserta anak-anak dapat beraktivitas sejenak di luar rumah. Anda juga dapat mengunci diri di dalam kamar sejenak, memasang musik klasik dan menyalakan lilin aromaterapi untuk menambah suasana tenang di dalam rumah.

Persiapkan makanan ringan dan hiburan pendukung

Setelah mendapatkan suasana yang pas, hal lain yang harus dipersiapkan sebelum memulai perawatan ala spa adalah kudapan dan hiburan pendukung. Proses perawatan diri yang cukup lama terkadang dapat terasa membosankan, misalnya saat sedang menanti masker muka atau masker rambut untuk mengering dan meresap.

Isi waktu menunggu semacam itu dengan membaca buku favorit Anda, mengemil kudapan ringan atau menyesap minuman yang menenangkan, misalnya teh manis hangat atau infused water.

Persiapkan bahan spa

Sebelum memulai perawatan ala spa, pastikan Anda memiliki bahan-bahan seperti masker wajah, lulur, dan masker rambut. Apabila Anda tidak memiliki lulur atau masker siap pakai, tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat sendiri resep perawatan kecantikan alami yang terbuat dari bahan dapur sehari-hari seperti masker dari pisang dan lulur dari gula. Bahan spa semacam ini tidak hanya mudah didapat serta dibuat, namun juga murah meriah.

Atur langkah-langkah perawatan yang tepat

Setelah semua persiapan telah disiapkan, kini saatnya untuk memulai spa di rumah! Agar pengalaman spa rumahan Anda optimal, pastikan Anda melakukan urutan kegiatan yang tepat. Tentukan aktivitas spa apa saja yang ingin Anda lakukan dan urutkan seperti berikut ini.

  • Mulailah dengan perawatan wajah untuk membuka pori-pori wajah dan memaksimalkan tahap perawatan berikutnya.
  • Setelah merawat wajah, lanjutkan dengan merawat rambut, misalnya dengan menggunakan masker rambut. Jangan lupa untuk memijat-mijat kulit kepala selama memakai masker rambut agar nutrisinya terserap sekaligus member efek relaksasi.
  • Selagi menanti masker rambut terserap, bungkus rambut Anda dengan handuk dan lanjutkan dengan lulur. Pijatlah tubuh perlahan sembari menggosok tubuh dengan lulur.
  • Lanjutkan dengan mandi air hangat yang menenangkan. Cuci rambut dan tubuh secara menyeluruh agar tidak ada bahan-bahan masker atau lulur yang tersisa.
  • Saat tubuh dan rambut telah wangi dan bersih dibilas, Anda dapat melanjutkan perawatan dengan mengaplikasikan masker wajah. Istirahatkan mata dengan meletakkan irisan timun dingin sebagai penutup mata.
  • Rendam tangan dan kaki ke dalam air hangat dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulit.

Setelah semua perawatan tadi telah selesai Anda lakukan, kini hanya satu hal yang perlu Anda lakukan, yaitu istirahat dengan pikiran dan tubuh yang tenang. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Baca juga: Resep kecantikan putri keraton untuk dicoba di rumah

Leave a Reply
Aquila Klasik