Modest Style

Main game video secukupnya ternyata baik untuk anak

,
-
Memainkan gim video, secukupnya, memiliki efek positif pada pertumbuhan anak, menurut peneliti. ©AFP PHOTO/JOEL SAGET

Studi terbaru yang diterbitkan pada hari Senin dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa memainkan game video hingga satu jam sehari bisa jadi bermanfaat bagi anak usia 10 hingga 15 tahun.

“Permainan elektronik dan penyesuaian psikososial,” dalam penelitian yang dipercaya merupakan studi terbesar dalam bidang ini, dilakukan oleh Oxford University dan meneliti efek positif dan negatif permainan video dalam sampel yang mewakili 5.000 anak dan remaja Inggris.

Studi menemukan bahwa sedikit permainan berguna dalam membantu anak merasa dapat menyesuaikan diri, bahkan saat dibandingkan dengan anak usia 10 hingga 15 tahun yang tidak bermain game konsol sama sekali.

Menurut studi ini, anak-anak yang bermain gim konsol atau komputer hingga satu jam sehari adalah anak-anak yang paling mungkin menyatakan kepuasan atas hidup mereka, memiliki tingkat kemampuan sosialisasi tertinggi, dan tampak paling sedikit memiliki masalah pertemanan, emosional, maupun hiperaktivitas daripada subjek lainnya dalam studi.

Namun terdapat poin-poin yang membatasi. Saat anak-anak bermain untuk tiga jam atau lebih sehari, mereka lebih sulit menyesuaikan diri.

Penulis studi ini, Dr. Andrew Przybylski, berspekulasi bahwa hal ini bisa saja berkaitan dengan seberapa banyak waktu anak dihabisan dengan bermain game video. Jika seorang anak memiliki tiga hingga empat jam waktu senggang dalam sehari dan kebanyakan waktu tersebut dihabiskan dengan game, maka ia kekurangan aktivitas bermanfaat dan memperkaya lainnya.

Meski begitu, baik atau buruk, penelitian ini membuktikan bahwa dampak game video pada anak sangat kecil dibandingkan dengan apa yang digambarkan oleh peneliti sebagai “faktor-faktor yang lebih menetap” yang berasal dari keluarga.

“Hasil-hasil ini mendukung eksperimen laboratorium baru-baru ini yang telah mengidentifikasi kerugian bermain game elektronik. Namun, tingginya tingkat bermain game video tampaknya hanya sedikit berkaitan dengan masalah perilaku anak di dunia nyata. Sebagaimana pula efek positif kecil yang kami temui pada rendahnya tingkat bermain game elektronik tidak mendukung gagasan bahwa game video saja dapat membantu anak berkembang dalam dunia yang semakin digital,” ujar Dr. Przybylski, yang meyakini bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami game jenis apa yang memiliki manfaat positif terbesar pada anak dan bagaimana faktor luas lainnya berdampak pada perkembangan masa kecil dan remaja.

Leave a Reply
<Modest Style