Lima kado wisuda yang tidak biasa

,

Buat sang wisudawan atau wisudawati tersenyum dengan memberinya kado-kado unik berikut. Oleh Beta Nisa.

WP kado untuk wisuda (Fotolia)
(Gambar: Fotolia)

Memberi bunga sebagai kado wisuda bisa dikatakan merupakan hal yang sudah sangat umum. Agar lain dari yang lain, berikan sedikit sentuhan berbeda di acara wisuda teman-teman terdekat Anda dengan memberinya salah satu atau beberapa kado wisuda unik berikut.

1. Sekotak mie instan

Sementara karib kerabat yang lain berbondong-bondong membawa buket bunga di perayaan wisuda, jadilah pusat perhatian dengan membawa sekotak mie instan yang telah dibungkus dan dipita rapi sebagai kado wisuda.

Di balik hadiah yang nampaknya konyo ini, kado wisuda Anda akan berguna untuk jangka waktu yang cukup lama – sekitar satu bulan. Pekerjaan tidak selalu dengan mudah didapatkan begitu seseorang mendapatkan titel sarjana. Saat dompet sudah menipis, ransum mie instan dari Anda dapat menjadi “penyelamat” di situasi terdesak ini

2. Uang receh atau uang kertas yang dihias

Euphoria perayaan wisuda seringkali hanya bertahan satu atau dua hari dan akan tergantikan oleh tekanan mencari pekerjaan. Apabila pekerjaan idaman belum juga didapatkan dan status pengangguran masih melekat, tentu keadaan finansial teman Anda pun akan terasa suram. Bantuan berupa uang akan sangat berguna disaat-saat terdesak seperti ini.

Agar unik, jangan memberi uang dalam amplop sebagai kado wisuda. Tempatkan setumpuk uang receh di dalam toples atau tempat tisu atau lipatlah uang kertas dan untai hingga membentuk kalung. Agar lebih seru, jangan lupa untuk menuliskan pesan-pesan lucu untuk teman Anda, seperti “#koinuntukpengangguran”.

3. Scrapbook

Selama masa kuliah yang memakan waktu sekitar empat tahun, tentu banyak suka maupun duka yang dilalui bersama teman-teman satu angkatan. Untuk mengenang segala peristiwa yang telah dilewati bersama, mengapa tidak membuat sebuah scrapbook untuk sahabat terkasih sebagai kado wisuda?

Apabila Anda menyimpan beberapa foto dari berbagai kegiatan, misalnya foto-foto di awal perkuliahan atau pada detik-detik menjelang sidang skripsi, cetaklah dan rangkai foto-foto tersebut ke dalam sebuah scrapbook. Di era yang serba digital seperti saat ini, cetakan foto semacam ini akan menjadi terasa lebih berharga dan bermakna. Anda juga dapat menambahkan pesan dan kesan dari teman-teman sekelas yang tentunya dapat menjadi kenangan indah saat dibaca kembali beberapa tahun ke depan.

4. Baju kerja

Bantu teman Anda mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja dengan memberi kado seperti kemeja atau baju kerja. Di antara tumpukan baju kuliahnya yang tidak formal (atau mungkin sudah lusuh), kado berupa baju kerja akan terasa sangat membantu. Bukan hanya hadiah ini akan terpakai saat teman Anda memulai pekerjaan barunya, namun juga ia dapat mengenakannya saat menghadiri berbagai tes dan wawancara kerja.

5. Peralatan tulis

Menjadi seorang fresh graduate seringkali berarti menjadi seseorang yang akan sering berhadapan dengan berbagai tes kerja, termasuk psikotes. Agar dapat mempersiapkan teman Anda untuk tes semacam ini, berikan kado wisuda berupa satu set pensil 2B dan penghapus, yang tentunya diperlukan saat mengerjakan tes semacam psikotes.

Tentu kado ini akan sangat berguna untuknya, karena sebagai mahasiswa, kapan terakhir kalinya kita memiliki pensil 2B? Bagi saya, jawabannya adalah saat mengikuti Ujian Nasional SMA lima tahun lalu.

6. Survival kit

“Welcome to the jungle!”

Ini merupakan salah satu ucapan favorit yang dilontarkan kepada teman-teman yang baru diwisuda sebagai seorang sarjana, karena banyak yang beranggapan bahwa kehidupan yang sebenarnya baru dimulai sesaat setelah wisuda saat kita menghadapi realitas kehidupan untuk bekerja dan mandiri secara finansial dan emosional.

Sebagai bentuk dukungan untuk melewati fase kehidupan yang baru ini, mengapa tidak membuatkan teman Anda sebuah survival kit sebagai kado wisuda?

Kotak survival kit yang Anda beri dapat berisikan segala sesuatu yang berguna untuk menghadapi hari-hari sebagai seorang pengangguran. Anda dapat menempatkan kombinasi barang yang telah disebutkan di atas, seperti mie instan, uang receh dan peralatan tulis. Anda juga dapat menambahkan barang-barang bermanfaat lain seperti hand sanitizer dengan pesan usil, “Untuk dipakai saat naik turun angkot menuju tempat tes pekerjaan”.

Leave a Reply
Aquila Klasik