Modest Style

Cara Membuat Bento

,
Kredit: http://www.annathered.com/
Kredit: http://www.annathered.com/

‘Bento’ adalah kata dalam bahasa Jepang untuk menyebut wadah makanan lengkap berisi makanan jadi, entah yang dikemas dari rumah maupun dibeli dari restoran atau supermarket. Dengan banyaknya peralatan pembuat bento yang tersedia di toko, kita juga bisa membuat bento sendiri di rumah. Inilah caranya:

Cara membuat

1. Temukan kotak bento yang sesuai dengan kebutuhan Anda, boleh dengan desain yang rumit atau dengan pembatas. Untuk pemula, disarankan memilih kotak yang sederhana saja.

Kotak bento – banyak bentuk dan ukurannya Kredit: http://sxc.hu/
Kotak bento – banyak bentuk dan ukurannya
Kredit: http://sxc.hu/

2. Putuskan apakah Anda akan menggunakan ‘pembatas’ atau wadah-wadah yang lebih kecil untuk menampilkan setiap makanan. Tip: lebih mudah untuk mengisi ulang dan mengubah bahan makanan dengan wadah-wadah yang kecil.

3. Rencanakan menu berdasarkan tema. Sushi adalah salah satu makanan bento favorit.

Sushi menjadi makanan pengisi bento yang baik Kredit: http://sxc.hu/
Sushi menjadi makanan pengisi bento yang baik
Kredit: http://sxc.hu/

4. Untuk cocolan, saus dan pelengkap, kami menyarankan Anda membeli wadah mini atau botol dengan tutup karena mereka praktis dan antitumpah.

Sushi menjadi makanan pengisi bento yang baik Kredit: http://sxc.hu/
Botol kecil untuk kecap dan saus

5. Buatlah dekorasi yang bisa dimakan dengan menggunakan pemotong/cetakan kue, wadah kecil dan cetakan makanan. Dapatkan peralatan bento dasar dari toko kue atau kerajinan. Banyak pula toko online yang menjual benda-benda yang berhubungan dengan bento.

Bento adalah paket bekal yang menyenangkan dan seru, baik sebagai makanan komplet maupun camilan dalam perjalanan. Bento bisa diisi nasi atau pasta, atau juga makanan ringan seperti sandwich dan biskuit.

Selamat berkreasi dan berinovasi dengan bento!

Catatan Editor: Kami mewawancarai peminat bento Kalsum Ahmad dari Brunei dan Shirley Wong dari Singapura dalam artikel Bento Fun!, dapat dibaca pada edisi Holiday, Celebrate kami. Temukan lebih lanjut di http://on.fb.me/X9mXw8

 

Leave a Reply
<Modest Style