Modest Style

Apakah Multivitamin Harian Anda Memberi Manfaat?

,
Vitamin dan suplemen tidak bisa menjadi pengganti buah-buahan dan sayuran, kata para ahli. ©charles taylor/shutterstock.com
Vitamin dan suplemen tidak bisa menjadi pengganti buah-buahan dan sayuran, kata para ahli. ©charles taylor/shutterstock.com

Meskipun banyak dari kita dengan patuh mengonsumsi multivitamin harian, penelitian baru menunjukkan bahwa manfaat tindakan ini tidak cukup.

Tentu saja upaya terbaik Anda adalah dengan memiliki pola makan sehat kaya buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan, para ahli mengatakan. Tapi, jutaan orang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli vitamin dan suplemen sebagai jaminan bahwa mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Sementara penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa suplemen bisa melindungi terhadap kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya, para peneliti mengatakan bahwa sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan atau di laboratorium, dan bahwa penelitian yang dicobakan pada manusia memberi hasil yang beragam.

Para peneliti dari Kaiser Permanente Center for Health Research di Portland, Oregon, meninjau 26 studi pada manusia yang meneliti efek vitamin dan kesehatan, dengan tim mengumpulkan hasilnya untuk mengetahui apakah subjek yang mengonsumsi suplemen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker atau penyakit jantung dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

Temuan menunjukkan tidak ada bukti kuat bahwa suplemen menurunkan risiko seseorang dari penyakit ini – dengan satu perkecualian: sebuah riset terhadap pria yang mengonsumsi vitamin selama 10 tahun risiko kankernya sedikit menurun. Efek itu tidak sama pada wanita.

Meski begitu, tinjauan itu tidak menemukan bahwa vitamin dan suplemen menyebabkan kerugian apa pun dengan pengecualian beta-karoten, yang ditemukan meningkatkan risiko kanker paru-paru di kalangan perokok.

Namun, Mayo Clinic menyarankan bahwa kebanyakan orang yang memiliki pola makan seimbang yang kaya dalam berbagai makanan sehat tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan, kecuali disarankan oleh dokter.

Leave a Reply
<Modest Style