Modest Style

Apa yang Dirasakan Laki-laki Saat Melihat Mobil Indah?

,

Selain menunjukkan respons emosi yang lebih hebat terhadap mobil ketimbang terhadap anak-anak, 75 persen laki-laki yang terlibat dalam eksperimen juga menunjukkan lebih banyak emosi saat diperlihatkan gambar mobil yang indah ketimbang gambar perempuan cantik.

Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa kaum laki-laki mengalami lebih banyak emosi saat melihat gambar-gambar desain mobil ketimbang saat mereka melihat gambar anak-anak.

Hasil dari penelitian memonitor aktivitas gelombang otak laki-laki dan perempuan saat diperlihatkan serial gambar-gambar yang ditunjukkan untuk memperoleh respons emosional, menunjukkan bahwa paling tidak bagi laki-laki, desain mobil mampu membangkitkan perasaan yang sama kuat dengan emosi paling dasar manusia.

Para partisipan diajukan pertanyaan untuk mengukur nilai dari serial gambar termasuk gambar bayi-bayi yang sedang gembira dan sedang menangis, laki-laki dan perempuan yang dianggap berparas tampan/cantik dan gambar-gambar mobil-mobil modern dan kuno sambil mengenakan headset sensor EEG “kering”.

Selain menunjukkan respons emosi yang lebih hebat terhadap mobil ketimbang terhadap anak-anak, 75 persen laki-laki yang terlibat dalam eksperimen juga menunjukkan lebih banyak emosi saat diperlihatkan gambar mobil yang indah ketimbang gambar perempuan cantik. Sementara itu hanya sepertiga perempuan memberi nilai gambar desain mobil lebih tinggi dibanding gambar seorang laki-laki yang tampan.

Penelitian ini, diadakan oleh Volvo dan spesialis EEG Myndplay, dilanjutkan dengan sebuah survei yang menanyakan pemikiran dan perasaan para partisipan sehubungan dengan desain mobil.

Survei paralel yang diadakan oleh OnePoll yang diikuti 2.000 partisipan mengungkapkan bahwa 43 persen laki-laki mengatakan bahwa mereka menemukan bentuk dan desain mobil menjadi aspek yang paling menarik, melebihi interior, gadget, roda dan mesinnya.
Bagian depan mobil menjadi fitur yang paling diminati bagi laki-laki, berkebalikan dengan reaksi perempuan yang menyatakan bagian belakang mobil memiliki nilai yang paling tinggi.

Hampir tiga perempat (74%) dari partisipan laki-laki mengatakan bahwa desain yang baik membuat mereka merasa positif, dan 60% dari mereka juga mengatakan bahwa mengendarai mobil yang mereka anggap indah akan membuat mereka merasa percaya diri juga perkasa.

Ketika ditanya tentang aspek paling penting dari sebuah mobil, dari perspektif desain, 43% laki-laki menempatkan bentuk eksterior mobil secara keseluruhan di atas ukuran mesin, interior, spesifikasi atau desain roda. Perempuan menempatkan bagian depan mobil sebagai fitur paling menarik sementara laki-laki dengan penuh antusiasme mengatakan bahwa bagian depan mobillah yang menjadi fitur paling menarik.

Sebagai hasilnya, Dr David Lewis, seorang pimpinan ahli ilmu saraf terkait konsumerisme dan komunikasi di Inggris menyampaikan: “Mengapresiasi desain yang menyenangkan secara estetika adalah sebuah pengalaman yang mengombinasikan pemahaman dan emosi. Terjadi hubungan erat yang saling terkait sehingga hampir tak mungkin untuk memisahkan keduanya. Pengalaman estetika melibatkan sebuah kesatuan dari kesenangan sensualitas, interpretasi penuh makna, dan keterlibatan emosional.”

Leave a Reply
<Modest Style