Modest Style

5 cara agar hijab tetap rapi

,

Frustasi karena kerap gagal mendapat tampilan yang diinginkan? Berikut bebarapa cara memastikan kerudung Anda tetap rapi. Oleh Shea Rasol.

WP-Hijab-by-Shea-FotoliaApakah benar kepercayaan yang mengatakan bahwa wanita selalu lama bersiap-siap? Terkadang, hari-hari di mana hijab Anda tidak tampak seperti bayangan Anda bisa sama mengganggunya seperti saat Anda tidak tahu harus mengenakan baju apa, bahkan setelah mengobrak-abrik lemari untuk kesejuta kalinya.

Berikut beberapa trik untuk berhijab dengan rapi.

1. Pilih bahan yang benar

Faktor utama yang memberi Anda pengalaman berhijab yang memuaskan adalah bahannya. Setiap wanita memiliki kesukaan tersendiri sesuai bentuk wajah dan kondisi kulit serta rambutnya.

Hindari hijab berbahan lembut jika menurut Anda katun lebih “patuh” pada wajah Anda. Atau pilih yang mengkilap jika menurut Anda cocok dengan jenis kulit Anda. Apapun pilihannya, pilih bahan yang paling pas untuk Anda.

Meski hijab tidak menghalangi Anda berolahraga, jenis hijab yang dipilih bisa jadi mengganggu kegiatan ini. Pilih katun jersey melar (seperti bahan kaus) dan kenakan dengan hati-hati. Pilihan terbaik adalah menggunakan hijab yang sederhana dan pendek agar tidak menghambat gerakan (atau menutupi wajah) saat berlari atau bermain voli.

2. Gunakan peniti atau bros

Saya iri sekali melihat wanita Arab dengan mudahnya memasang kerudung di kepala tanpa satupun peniti maupun bros! Saya selalu bertanya-tanya bagaimana caranya karena saya tidak dapat hidup tanpa peniti. Jika tidak menggunakan peniti, lebih baik saya tidak usah beraktivitas sekalian karena saya pasti akan merasa bete seharian harus memperbaiki kerudung. Saya berusaha menggunakan sesedikit mungkin peniti – yang penting cukup untuk membuat saya tetap waras dan senang.

3. Anti bayi dan anak

Saya selalu mendapat keluhan dari teman-teman yang telah menjadi ibu dengan anak balita dan bayi. Anak-anak mereka akan menarik-narik hijab dan baju mereka berkali-kali dalam sehari! Untuk mengakalinya, pilihlah hijab instan. Tinggalkan selendang yang membutuhkan peniti (demi keamanan bayi juga) dan pilih hijab jahitan yang dapat langsung dikenakan. Bukan masalah lagi jika anak menarik-narik hijab Anda.

4. Beri kanji

Suka efek jatuh dan licin hijab sifon atau sutera, namun benci betapa terkadang hijab seperti ini tampak berantakan di wajah? Gunakan sedikit semprotan kanji setrika (umumnya digunakan untuk kerah dan manset kemeja) di kerudung bagian wajah lalu setrika. Kanji akan membuat bahannya kaku dan bentuknya bertahan meski setelah seharian beraktivitas di luar.

5. Hindari kerudung yang terlalu banyak hiasan

Tanpa bermaksud merusak kebahagiaan Anda, ada baiknya tidak mengenakan kerudung dengan renda, manik, dan bordiran untuk penggunaan sehari-hari. Tidak hanya membatasi pergerakan, Anda juga harus terus waspada (yang lumayan melelahkan, lho). Simpan kerudung-kerudung mewah Anda untuk acara-acara istimewa.

Pernah mengalami “bad hijab day”? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar, dan kami akan berusaha mencarikan solusinya!

Leave a Reply
<Modest Style