Empat aplikasi layak unduh untuk ponsel Anda

,

Beberapa aplikasi tambahan yang mungkin Anda butuhkan untuk mengoptimalkan penggunaan ponsel pintar. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

2302 WP 4 aplikasi (iStock)
Gambar: iStock

Meski kampanye untuk sejenak melupakan ponsel sedang cukup gencar dilaksanakan, bukan berarti Anda harus mengesampingkan penggunaan ponsel Anda. Selama digunakan dengan bijak, ponsel pintar akan sangat berguna bagi keseharian kita.

Jika Anda termasuk orang yang rajin mengutak-atik ponsel, kemungkinan Anda sudah menggunakan seluruh fitur yang ada di dalam ponsel Anda. Berikut saya bagikan empat aplikasi tambahan yang layak diunduh untuk mengoptimalkan penggunaan ponsel pintar Anda:

1. Peramban (browser) pilihan

Dolphin browser

Seringkali peramban bawaan ponsel memakan memori dan kuota data yang besar. Masalah ini sangat mengganggu, terutama mengingat kemampuan layanan internet Indonesia yang masih kurang baik sehingga kinerja peramban menjadi kurang efektif: membuang waktu, membuang kuota, dan kesulitan menemukan hasil pencarian yang kemungkinan mendesak. Peramban alternatif favorit saya: Dolphin Browser mini.

2. Pembaca buku elektronik

Moon Reader

Aplikasi ini bukan hanya berguna untuk mengisi waktu saat Anda sedang duduk termenung menunggu teman yang tidak kunjung datang, namun juga membantu merealisasikan niat Anda yang ingin lebih rajin membaca.

Dengan adanya aplikasi semacam ini di ponsel, Anda dapat membaca bahkan sesaat sebelum tidur. Pilih aplikasi dengan pengaturan personal yang membebaskan dan tampilan sederhana agar nyaman digunakan dalam waktu lama. Saya menggunakan Moon+ Reader.

3. Kamus offline

kamus

Sangat berguna saat Anda butuh bantuan untuk menerjemahkan kalimat asing secara mendadak atau mencari padanan kata saat berada di wilayah koneksi internet lemah.

Terkadang, aplikasi ini juga berguna untuk mendiamkan orang-orang yang menganggap Anda sebagai kamus berjalan; buka aplikasi ini dan pinjamkan ponsel Anda pada mereka. Saya menggunakan KBBI dan kamus Indonesia >< Inggris.

4. Tempat belajar

Duolingo

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa gratis yang, menurut saya, sangat keren! Melalui aplikasi ini, Anda mendapat pelajaran bahasa asing gratis berbentuk materi tulisan dan lisan sekaligus dengan hanya bermodalkan ponsel. Wow!

Kekurangan aplikasi ini hanya satu: karena belum ada fitur bahasa Indonesia, kita tidak dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dasar dalam mempelajari bahasa asing yang kita inginkan.

Bagaimana? Adakah aplikasi di atas yang belum Anda miliki di ponsel Anda?

Nantikan daftar aplikasi layak unduh selanjutnya ya…

Leave a Reply
Aquila Klasik