Modest Style

Empat Pose Yoga yang Menyembuhkan

,

Zain Saraswati Jamal mendemonstrasikan beberapa pose yoga sederhana yang membangkitkan energi dan mudah dilakukan dengan cepat di mana saja, kapan saja.

Image: Pixabay
Image: Pixabay

Yoga memberikan kita kesempatan untuk menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa dengan napas kita, sehingga menciptakan ruang dan keheningan yang terhubung dengan suara batin kita. Secara fisik, yoga berfungsi untuk memperkuat tubuh, meningkatkan kelenturan, ketangkasan, sirkulasi, dan kapasitas paru-paru. Yoga memiliki kekuatan untuk mengurangi bahaya efek stres dan untuk menyeimbangkan emosi.

Hidup bisa menjadi sangat sibuk dan kita mungkin tidak selalu punya waktu untuk pergi ke kelas yoga atau berlatih di rumah lama-lama. Berikut adalah empat pose yoga penyembuhan yang dapat dengan mudah diselipkan ke dalam jadwal Anda dan dipraktikkan di mana saja Anda merasa nyaman – lokasi di luar ruangan seperti taman atau pantai, pusat kebugaran dekat rumah, atau bahkan di rumah.

Mulailah dengan pemanasan tubuh dengan melakukan 4-6 kali Sun Salutations  (Salam Matahari) sebelum berlatih pose ini.

1. Standing Forward Bend (Berdiri Membungkuk) (Uttanasana)

Jaga agar lengan, kaki, tubuh dan dada Anda tetap lurus.

01-Standing-Forward-Bend-sm

Buanglah napas saat Anda membungkuk ke depan mulai dari sendi pinggul, tempatkanlah tangan Anda di tanah atau ke tulang kering Anda. Anda juga boleh memegang siku yang berlawanan sehingga lengan Anda menggantung longgar.

Tekuklah lutut Anda sejauh yang Anda butuhkan supaya tulang rusuk Anda berada di atas paha. Masukkanlah tulang ekor Anda ke bawah dengan menarik pubis ke perut Anda.

Di setiap tarikan napas, biarkanlah tulang ekor Anda menjulang, tariklah perut Anda ke dalam, dan rentangkan batang tubuh Anda. Di setiap napas, lipatlah tubuh Anda lebih dalam. Biarkanlah stres atau emosi terlepas dari pikiran dan tubuh Anda. Selagi Anda mengambil 10 sampai 15 napas dalam pose ini, dengan tangan dan kaki Anda mantap, ambillah energi penyembuhan dari bumi di bawah Anda.

Manfaat:

Asana atau pose ini membantu menenangkan pikiran dan bahkan dapat membantu menyembuhkan kasus depresi ringan. Pose ini merangsang hati dan ginjal, mengurangi kelelahan, memperbaiki pencernaan, serta meregangkan paha belakang dan pinggul. Pose ini juga membantu membersihkan penyumbatan chakra bawah Anda dan membangkitkan energi memaafkan dan kepasrahan.

2. Warrior II Pose (Pose Prajurit II) (Virabadhrasana II)

Berdirilah dengan kedua kaki terbuka sekitar 1 sampai 1,5 meter dengan jari-jari kaki depan Anda menunjuk lurus dan 02-Warrior-II-Pose-smkaki belakang Anda membentuk sudut 45 derajat. Tekuklah lutut depan sampai kaki Anda mencapai sudut 90 derajat dan luruskanlah lengan setinggi bahu. Rentangkan tulang belakang Anda dengan menarik tulang ekor Anda ke bawah atau menarik pubis Anda ke arah pusar. Pastikan lutut depan berputar ke arah luar secara eksternal berputar (Anda harus dapat melihat ibu jari kaki depan).

Alihkanlah pandangan perlahan dan tataplah jari tengah tangan depan Anda.

Hiruplah 20 sampai 25 napas di sini, tariklah energi dan vitalitas dari Bumi. Rasakanlah sensasi kuat, berdaya, percaya diri, dan cantik. Bersinarlah dari ruang jantung Anda.

Manfaat:

Asana atau pose ini memperkuat dan meregangkan tungkai, lutut, dan sendi pergelangan kaki serta selangkangan, paru-paru, dan bahu. Pose ini membantu membangun stamina dan merangsang semua organ perut. Pose ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan di titik pusat diri Anda, membantu meningkatkan kepercayaan diri.

3. Triangle Pose (Pose Segitiga) (Trikonasana)

03-Triangle-Pose-sm

Berdirilah dengan kedua kaki terentang 1 m, jari kaki kanan menunjuk ke depan, jari kaki kiri membentuk sudut 45 derajat, kedua kaki lurus, tumit sejajar. Angkatlah lengan sampai setinggi bahu, ambillah napas dalam-dalam dan ketika Anda mengembuskan napas, angkatlah ujung jari kanan tinggi-tinggi. Tekuk badan di pinggul dan peganglah ibu jari kaki kanan, pergelangan kaki, atau tulang kering Anda, angkatlah tangan kiri ke langit dan tataplah ujung jari tangan kiri Anda.

Saat Anda mengeluarkan napas, regangkan melalui sisi tubuh Anda seolah-olah Anda berdiri di antara dua lembar kaca. Anda sebaiknya menatap ujung jari tangan Anda yang lurus.

Tahanlah selama 10 sampai 20 kali napas dan ulangi pada sisi yang berlawanan.

Manfaat:

Asana atau pose ini membantu merangsang sistem pencernaan, menghilangkan stres dan gejala kecemasan serta dapat memperkuat dan meregangkan paha belakang, paha, lutut, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang. Pose ini juga berfungsi untuk memperbesar chakra jantung dan tenggorokan serta meningkatkan energi dalam tubuh Anda.

 

4 . Tree Pose (Pose Pohon) (Vriksasana)

Pindahkanlah berat badan Anda ke salah satu kaki dan naikkanlah kaki lainnya bersandar pada bagian luar lutut. Pegang04-Tree-Pose-sm pergelangan kaki Anda dan secara manual pindahkanlah kaki Anda, tempatkanlah telapak kaki Anda ke betis, paha, atau setengah teratai (seperti yang ditunjukkan gambar). Pastikan bahwa kaki Anda berada di atas atau di bawah sendi lutut (tapi tidak menekannya).

Angkat lengan ke atas kepala Anda dalam pose doa atau dengan tangan terpisah, telapak tangan menghadap ke dalam dan tataplah lembut ke depan atau ke atas ujung jari Anda. Panjangkanlah tulang ekor Anda dengan menarik pubis ke arah pusar Anda sehingga punggung bawah bebas.

Hiruplah 10 sampai 15 kali napas dan bernapaslah dalam-dalam ke ruang hati Anda. Rasakanlah akar Anda mencengkeram jauh di dalam bumi seperti pohon beringin raksasa. Rasakanlah stabilitas di dalam diri.

Manfaat:

Asana atau pose ini meningkatkan keseimbangan dalam tubuh dan dalam hidup Anda. Jika Anda mengalami banyak ketidakseimbangan dalam hidup, pose pohon adalah cara bagus untuk menumbuhkan stabilitas dan kemantapan. Secara energi, pose ini membuka chakra ulu hati, jantung, dan tenggorokan, memperkuat intuisi dan koneksi ke Bumi .

Setelah menyelesaikan pose-pose di atas, beristirahatlah beberapa saat dalam Child’s Pose (Pose Anak) sebelum berbaring telentang dalam pose Savasana selama setidaknya lima menit.

Baca lebih lanjut dari Zain Saraswati Jamal di website-nya

Leave a Reply
<Modest Style