Modest Style

Empat Novel Klasik Wajib Saya

,

Tidak mudah menuliskan daftar novel klasik “wajib-baca”, terutama bila harus memilih dari sekian banyak karya bagus. Najwa Abdullah dengan berani menerima tantangan ini dan memilih empat karya yang ia ingat dengan baik jauh setelah menyeselesaikannya.

2302-WP-fe-Novels-by-Najwa

Saat mendengar kata-kata “novel klasik”, beberapa orang mungkin akan mengasosiasikannya dengan kata-kata sulit, bahasa kiasan yang tidak dapat dimengerti, atau karakter dan jalan cerita yang rumit. Beberapa orang lainnya mungkin menyukai pilihan yang lebih mudah: menonton adaptasi film dari novel tersebut. Padahal, tidak ada yang lebih seru daripada membaca novelnya langsung. Saya sangat merekomendasikan karya klasik berikut yang, menurut saya, begitu mengasyikkan sampai tidak mungkin ada yang dapat tertidur saat membacanya.

Pride and Prejudice oleh Jane Austen

Siapa yang tidak kenal tokoh utama perempuan yang begitu pandai dan sangat memesona, Elizabeth Bennet dan tokoh utama pria yang karismatik namun arogan, Fitzwilliam Darcy? Kisah romantis ini dibuka dengan kalimat: “Semua juga tahu bahwa seorang lelaki lajang yang sudah mapan pasti menginginkan seorang istri.” Anda akan terbawa ke dalam kisah cinta antara dua karakter unik dan kompleks serta penggambaran yang nyata tentang kehidupan dan prasangka yang ada di dalam lingkungan keluarga tuan tanah Inggris pada akhir abad ke-19. Kisah Austen yang romantis dan penuh ketegangan tidak hanya memikat namun juga memesona dengan detil kehidupan sehari-hari yang digambarkan di setiap lembaran buku.

The Adventures of Huckleberry Finn oleh Mark Twain

Twain memulai novel ini dengan peringatan, “Barang siapa berupaya menemukan motif di balik kisah ini akan diadili; barang siapa berupaya menemukan pesan moral di dalamnya akan disingkirkan; barang siapa berupaya menemukan alur cerita di dalamnya akan ditembak.” Menarik sekali bukan? Finn, tokoh utama novel adalah seorang remaja yang menjalani hidup penuh kebebasan tanpa mengikuti aturan. Setelah mengarang cerita tentang kematiannya sendiri, Finn pergi berpetualang dengan temannya seorang budak pelarian, Jim. Bersama, keduanya mengarungi Sungai Mississippi di atas sebuah rakit dalam upaya mencari kebebasan hidup.

Saya merekomendasikan novel ini untuk mereka yang menyukai kisah Amerika klasik tentang petualangan liar dan Indiana Jones. Novel ini berkisah tentang kerumitan yang memikat yang dibangun melalui para tokoh dan alur cerita yang menantang. Sebagai novel realis seutuhnya, The Adventures of Huckleberry Finn menyinggung banyak persoalan menarik, seperti kemunafikan beragama, perbudakan, dan rasisme di selatan Amerika. Twain secara ajaib berhasil menggabungkan fiksi dengan kisah nyata, yang membuat novel ini menyenangkan untuk dibaca.

Little Women oleh Louisa May Alcott

Jika Anda menyukai kisah-kisah tentang kehidupan perempuan, novel ini sempurna untuk Anda! Little Women berpusat pada kehidupan empat March bersaudari yang sedang menjalani hidup menuju kedewasaan. Jo March sang pemberontak manis adalah tokoh utama buku ini. Sebagai sebuah kisah klasik tentang perjalanan menuju kedewasaan, novel Amerika ini berkonsentrasi pada konflik internal yang dihadapi oleh perempuan muda, misalnya pertentangan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan keluarga. Di sepanjang kisahnya, March bersaudari menemukan kebahagiaan dalam kegiatan sehari-hari, mimpi-mimpi, dan kebersamaan mereka. Konflik tentang cinta dan penemuan jati diri, serta masalah lainnya, digambarkan dengan sangat dinamis dan memukau.

Charlotte’s Web oleh EB White

Kisah ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak. Orang dewasa pun dapat menikmati keluguan yang digambarkannya. Anda bahkan mungkin ingin menjadi vegetarian setelah membaca novel anak-anak klasik yang menyentuh ini. Daya tarik utama novel ini adalah tokoh-tokoh hewan yang tinggal di lumbung. Tokoh utama novel, Wilbur si babi cilik, berada dalam bahaya penyembelihan. Namun dengan bantuan teman-temannya, Charlotte laba-laba dan Templeton tikus, Wilbur berhasil kabur tanpa terluka. Charlotte’s Web adalah kisah klasik mengharukan yang sering dianggap memancing air mata pembaca – Anda telah diperingatkan!

Leave a Reply
<Modest Style