Modest Style

“The Prophet” karya Kahlil Gibran segera hadir di bioskop

,

Karya Kahlil Gibran yang paling populer kini diadaptasi ke dalam bentuk film yang dibintangi oleh para pengisi suara terkenal Hollywood. Oleh Beta Nisa.

[Not a valid template]

Saat kau mencinta kau tidak boleh berkata, “Tuhan ada di hatiku,” namun katakanlah, “Aku ada di hati Tuhan.”

Kata-kata dalam lirik puisi Kahlil Gibran di atas akan segera bisa dinikmati dalam bentuk visual karena bukunya yang terlaris kini sedang dalam proses adaptasi ke dalam bentuk film animasi dengan judul yang sama. Film tersebut telah mendapat tempat dalam Festival Film Cannes untuk ditayangkan cuplikannya.

Kahlil Gibran (1883–1931) adalah penulis yang lahir di Lebanon. Karyanya The Prophet (1923) telah terjual lebih dari 10 juta cetakan. Sebuah buku filosofis tentang kehidupan sehari-hari, The Prophet membahas 26 tema termasuk tentang cinta, penderitaan, pernikahan, dan memberi.

Buku ini bercerita tentang seorang pria – Al-Mustafa – yang tinggal dalam pengasingan di sebuah pulau selama 12 tahun sebelum menaiki kapal untuk kembali ke kampung halaman. Sebelum kepergiannya, orang-orang pulau memintanya untuk berbagi kebijaksanaan tentang kehidupan sehari-hari. Kisahnya tentang kehidupan disampaikan dalam bentuk ceramah.

Buku ini telah menerima banyak pujian karena menawarkan pandangan universal relijius tentang berbagai masalah-masalah mendasar manusia. Produser film Salma Hayek, seorang keturunan Meksiko-Libanon, berharap film ini dapat menyampaikan spiritualitas bukunya.

Menghidupkan karya fenomenal ini ke dalam film animasi merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Dalam sebuah wawancara dengan Variety, Salma menyebutkan bahwa sembilan sutradara berbeda dari seluruh penjuru dunia direkrut untuk membuat film ini. Para sutradara diberi kebebasan untuk menjelajahi pemaknaan pribadi mereka atas buku ini, sejalan dengan sudut pandang film yang universal.

Tidak benar-benar sama seperti dalam buku, film ini menggambarkan pertemanan yang aneh antara seorang gadis muda dan penyair yang dipenjara. Sepanjang film, perbincangan di antara keduanya berkaitan dengan kata-kata mutiara asli penulisnya.

Pengisi suara di balik film animasi ini termasuk bintang-bintang Hollywood papan atas seperti Liam Neeson sebagi Al-Mustafa, Salma Hayek sebagai Kamila, dan John Krasinki sebagai Halim.

Dengan pesan-pesannya yang indah dan inspiratif, The Prophet jelas adalah film yang patut dinantikan. Namun para penggemar harus bersabar: belum ada kabar mengenai tanggal rilis, dan bahkan belum ada cuplikan resmi yang tersedia. Saat ini, film ini sedang menyambangi festival-festival, setelah diputar di Cannes pada bulan Mei dan di Toronto bulan ini. Sila mendaftar untuk mendapat informasi seputar perkembangannya di situs resmi filmnya.

 

Gambar-gambar dari Variety Latino

Leave a Reply
<Modest Style