Modest Style

Batam menyelenggarakan International Hijab Festival yang pertama

,

Sebagai salah satu gerbang pariwisata Indonesia, festival ini diharapkan menarik minat turis domestik dan internasional. Selengkapnya oleh Najwa Abdullah.

WP Batam Hijab Fest (iStock)
Kredit: iStock

Mendekati bulan Ramadhan, berbagai pameran dan festival fesyen Muslim semakin marak diadakan. Untuk pertama kalinya, kota Batam di kepulauan Riau akan menyelenggarakan festival hijab berskala internasional, Batam International Hijab Festival, pada tanggal 5-8 Juni 2014 nanti.

Acara yang akan dilangsungkan di Kepri Mall ini diharapkan akan turut mendorong industri lokal Batam dan memajukan pariwisata Indonesia. Program yang ditawarkan di festival ini nampak cukup beragam dan merangkul berbagai kalangan, di antaranya adalah pagelaran busana Muslim, seminar kewirausahaan dan talk show dengan para pengusaha yang bergerak di industri fesyen Muslim, pameran makanan halal, hijab tutorial dan mini talk show kecantikan serta seminar dan kompetisi fotografi. Menurut penyelenggara, acara ini akan diikuti oleh lebih dari 150 perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri serta sederet desainer busana Muslim Indonesia.

Kota Batam dinilai strategis untuk menarik turis dari negara-negara tetangga karena letak geografisnya yang sangat dekat dengan Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah provinsi Kepulauan Riau ini merupakan wujud kongkrit upaya untuk menjadikan kota Batam sebagai salah satu pusat kegiatan industri kreatif di Indonesia yang bertaraf internasional.

Geliat perekonomian kreatif kota Batam terlihat mulai meningkat sejak tahun 2013 ketika kota Batam menduduki peringkat ketiga setelah Bali dan Jakarta sebagai gerbang turis mancanegara terbesar di Indonesia. Lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Batam di tahun tersebut dan jumlah ini diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Dengan semakin berkembangnya industri fesyen Muslim tanah air, Batam International Hijab festival ditargetkan akan menarik lebih dari 2,000 pengunjung per harinya.

Kunjungi website Batam International Hijab Festival untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply
<Modest Style