Modest Style

Awali Ramadhan dengan Langkah Tepat

,

Berpuasa bukan berarti Anda mesti mengabaikan kesehatan. Fatimah Jackson-Best berbagi tip mempertahankan kesehatan di bulan suci.

WP-Starting-ramadan-on-the-right-foot-Sxc1

Saya mencintai Ramadhan dan semua hal yang terjadi di bulan ini. Beberapa tahun terakhir ini saya gunakan untuk meningkatkan perkembangan rohani, memperbaiki kesehatan dan mempertahankan kebugaran sepanjang waktu. Kita dapat menjaga tujuan kebugaran dan kesehatan bahkan ketika berpuasa dari makan dan minum mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari! Inilah sejumlah tip yang telah membantu saya menjalani bulan Ramadhan secara maksimal:

Jangan berniat menguruskan badan. Banyak dari kita mungkin tergoda memandang berpuasa sebagai diet kilat untuk tampil prima di Hari Lebaran, tapi anggapan itu salah besar. Berapa pun bobot yang berhasil Anda pangkas akan kembali lagi; malah naik beberapa kilo! Revisi tujuan Anda bulan ini, bukan untuk menurunkan berat, tapi untuk fokus terhadap apa yang dibutuhkan tubuh supaya tetap prima saat berpuasa. Rencanakan hidangan sahur dan berbuka dengan saksama, sertakan jenis makanan yang tepat dan banyak minum air putih agar Anda tahan berpuasa sebulan penuh.

Jangan mengirit porsi sahur. Sahur adalah hidangan yang akan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari. Mulailah dengan minum secangkir air hangat yang ditambah perasan lemon atau jeruk nipis. Langkah ini akan mengawali proses pencernaan dan mempersiapkan tubuh untuk menyantap makanan sahur. Keluarkan blender atau juicer, juga buah-buahan dan sayur-mayur untuk memberi Anda dosis yang sehat dari vitamin dan mineral yang diperlukan (lihat salah satu resep favorit saya di bawah ini).

Oatmeal juga bagus untuk sahur; saya gemar memasaknya dalam porsi setengah gelas dengan kismis, kurma dan kayu manis. Terakhir, tambahkan sebuah pisang untuk ekstra kalium. Barley, sagu dan serealia hangat yang lain pun sama khasiatnya. Jika Anda tidak menyukai sereal hangat, coba pilihan yang dingin seperti produk Shredded Wheat dengan susu atau alternatif susu semisal susu kedelai, susu almond atau susu beras.

Telur juga pilihan yang sempurna untuk sahur karena proteinnya yang tinggi. Anda dapat menambahkan sayuran ke dalam telur dadar atau telur orak-arik yang diaduk cepat. Jangan takut untuk sahur dengan makanan sisa. Ayam, ikan, nasi panggang serta makanan sehat dari malam sebelumnya akan menambah gizi ke dalam hidangan. Dan ingatlah: air putih, air putih, air putih! Minumlah setidaknya 4-5 cangkir supaya Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Makan dengan benar saat berbuka. Saya tahu bagaimana rasanya saat maghrib tiba dan keinginan untuk segera memboyong seporsi besar hidangan ke meja makan. Tahan keinginan itu dan makanlah dengan perlahan. Ikuti sunah Nabi Muhammad SAW dengan memakan kurma dan air putih terlebih dahulu, lalu menunaikan salat. Sajian berbuka harus terdiri dari makanan yang mengenyangkan dan mengandung biji-bijian utuh seperti nasi beras coklat, quinoa, couscous dan pasta gandum utuh. Karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, yam (ubi) dan sayuran yang berasal dari akar dan umbi juga lezat dan mengenyangkan.

Jika Anda gemar makan daging, makanlah sedikit saat berbuka tapi hindari terlalu banyak daging merah seperti steik, daging domba dan daging kambing. Tidak mengapa menyantap daging merah saat berbuka puasa di rumah teman, tapi tidak setiap hari. Apabila Anda bukan penggemar berat daging, perbanyak makan sayuran, kacang-kacangan dan salad. Dan tentu saja, lebih banyak air putih. Hindari minuman bersoda dan jus bergula sebisa mungkin. Tuntaskan prosesi makan dengan teh yang akan membantu mengurangi gas. Dengarkan apa kata tubuh, dan jangan makan terlalu kenyang.

Jangan stres karena kurang berolahraga. Saya tidak berolahraga selama jam puasa. Cobalah melakukan aktivitas aerobik ringan sesudah sahur seperti jalan kaki, joging dan yoga. Jika Anda tidak bisa menolak keinginan untuk berolahraga angkat beban, pilih beban yang ringan dan sadarlah terhadap kemampuan diri. Batasi waktu olahraga hingga 3-4 hari per minggu, 30 menit per harinya. Anda tidak perlu berlebihan dalam melakukannya — sistem tubuh banyak mengalami perubahan dengan berkurangnya asupan makanan yang biasanya menjadi bahan bakar untuk berolahraga.

Semoga Anda semua menjalani Ramadhan Mubarak yang indah, sehat dan mencerahkan!

 

Sahur Green Smoothie

Bahan

–        1 cup (237 gram) sayuran berdaun hijau (kale, bokcoi, bayam, dll)

–        1 sayuran lain (timun, wortel, bit, dll)

–        1 cup (237 gram) buah (pisang, stroberi, pepaya, nanas, dll)

–        1/3 sampai ½ cup (71 sampai 118 gram) whole grain (seperti oatmeal, barley atau sagu)

–        1 cup (237 gram) cairan (air putih, susu kedelai, susu almond, air kelapa, dll)

–        Tambahkan 1-2 sdt ganggang spirulina dan biji bunga flax (flaxseed) (jika tersedia di dapur Anda)

Di dalam blender atau juicer, aduk semua bahan dengan es batu sampai halus. Selamat menikmati!

Leave a Reply
<Modest Style