Modest Style

Katakan ‘Senyum!’ : Aneka Pilihan Kamera Digital

,

Serangkaian pilihan kamera digital yang sesuai bagi calon bloger fesyen, fotografer kuliner atau penjelajah alam. Oleh Layla Maghfur.

1. Kategori terjangkau ‘bidik-dan-foto’ (< Rp 2,4 juta)

Budget-point-and-shoot (1)

Samsung WB250F SMART Camera | $159.00 (Rp 1,9 juta)
Canon PowerShot SX160 IS | $169.99 (Rp 2,1 juta)
Panasonic Lumix DMC-SZ7 | $199.99 (Rp 2,4 juta)

Kamera yang pas di saku ini selangkah lebih maju dari kamera ponsel-pintar biasa dan tersedia dengan harga terjangkau – cocok jika kita memiliki batasan dana namun menginginkan kualitas lebih!

Para pencinta kuliner secara khusus akan jatuh cinta dengan fasilitas Wifi dari Samsung WB250F SMART Camera karena memungkinkan kita untuk mengambil foto tanpa kehilangan kemudahan berbagi-gambar layaknya pada ponsel-pintar. Dengan kendali bidik-dan-foto, kita bisa melakukan apa pun seperti menyimpan salinan foto di penyimpanan virtual (cloud storage) hingga mengirim foto via surel langsung dari kamera ke ponsel-pintar – siap untuk diunggah di Instagram.

2. Kamera tangguh (Rp 1,2 juta – Rp 4,85 juta)

Rugged-camera

Nikon Coolpix S31 | $89.95 (Rp 1,1 juta)
Panasonic Lumix DMC-TS5 | $298.99 (Rp 3,6 juta)
Olympus Tough TG-2 iHS | $329.99 (Rp 4 juta)
Nikon Coolpix AW110 | $349.95 (Rp 4,2 juta)

Bersiap-siap untuk petualangan besar berikutnya? Jangan lupa untuk menyelipkan salah satu dari kamera tangguh ini ke dalam tas agar kita bisa senantiasa mengabadikan setiap momen seru dan penuh-aksi tanpa satu pun yang terlewatkan! Meski diakui jenis ini mengorbankan sedikit kualitas foto untuk membayar kekuatannya, kamera-tangguh ini adalah kamera bidik-dan-foto yang bisa diandalkan saat berada di tempat-tempat yang tak memungkinkan kita berani membawa kamera biasa, karena tampilan luarnya telah didesain dan dikembangkan hingga mampu tahan-banting – dilengkapi kemampuan tahan-air, tahan-guncang dan tahan-beku.

Mulai dari Nikon Coolpix S31 yang berorientasi keluarga hingga AW110 yang siap-aksi, kamera-kamera ini pilihan tepat untuk para backpacker petualang, juga untuk momen liburan di pantai, pesta kolam renang atau sekadar jalan-jalan bermain arena-panjat bersama anak-anak.

3. Megazoom yang kompak (Rp 2,4 juta – Rp 4,85 juta)

Compact-megazoom

Fujifilm FinePix F900EXR | $276.83 (Rp 3,35 juta)
Canon PowerShot SX280 HS | $279.99 (Rp 3,4 juta)
Sony Cyber-shot DSC-HX50V | $349.99 (Rp 4,3 juta)

Mungkin yang kita butuhkan adalah sesuatu yang lebih canggih – sebuah kamera yang benar-benar mampu menangkap gambar anak-anak atau hewan peliharaan yang sedang bergerak cepat dan beraksi. Menawarkan kualitas foto yang lebih baik dan rentang pengatur jarak fokus (zoom) yang lebih luas dibanding kategori kamera saku bidik-dan-foto, kamera kompak-megazoom ini adalah beberapa dari kamera paling populer di pasaran yang memberikan fleksibilitas memotret tanpa memerlukan badan-tambun kamera ala dSLR.

4. Penggemar kamera kompak (> Rp 4,85 juta)

Enthusiast-compact

Canon PowerShot G16 | $549.99 (Rp 6,7 juta)
Sony Cyber-shot DSC-RX100 II | $749.99 (Rp 9,1 juta)
Fujifilm X100S | $1,299.00 (Rp 15,8 juta)

Siapa yang tak mendambakan kualitas foto sekelas dSLR (digital single-lens reflex)? Bagaimanapun, harga selangit hanya untuk badan-kameranya saja sudah membuat orang-orang urung membeli. Dan bahkan setelah membelinya, seringnya kamera ini hanya akan teronggok di rumah karena terlalu besar dan berat untuk dibawa!

Model kamera kompak ini adalah alternatif pas bagi dSLR. Biasanya jenis ini hanya kurang kemampuan otofokus pendeteksi-fase yang cepat, sebuah jendela-bidik optikal dan kapabilitas perubahan-lensa, yang dimiliki dSLR. Jadi jika Anda salah satu penikmat fotografi, gemar bermain-main dengan pengaturan dan mencari sebuah kamera yang menawarkan kualitas foto yang cukup baik di mata seni dan berharga komersial, salah satu calon-kesayangan ini mungkin tepat untuk Anda.

Satu kamera yang sangat layak dipertimbangkan adalah Canon PowerShot G16, yang bertahan menjadi favorit di kalangan pencinta fesyen dan penggila kuliner. Kamera lain yang layak disebut adalah Sony Cyber-shot DSC-RX100 II, yang bahkan menjadi penerima penghargaan pada Editors’ Choice Agustus 2013 di CNET atas kombinasi penampilan, kecepatan, fleksibilitas, konektivitas Wifi dan kualitas foto – membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk para penggemar fesyen atau kuliner yang mempunyai dana cukup.

Leave a Reply
<Modest Style