Modest Style

9 Cara Pintar Memanfaatkan Sisa Makanan

,

Bahkan yang paling bijaksana di antara kita pun mungkin memandang bahan-bahan sisa sebagai sampah. Layla Maghfur menunjukkan cara untuk mengubah kebiasaan ini.

0301-WP-Leftovers-by-Layla-sm

Ada beberapa sisa bahan yang akhirnya selalu Anda buang (atau dijadikan kompos), meskipun Anda berusaha keras untuk melestarikan lingkungan. Anda mungkin memandang sebelah mata kepada bahan-bahan sisa berikut, padahal mereka masih memiliki kehidupan kedua yang sangat layak!

1. Gunakan cangkang avokad dan kulit telur sebagai wadah tanaman

avocado-weeds-sm

Gambar: Observation Point dan Lilliedale

‘Pot’ ini dapat ditanam langsung di tanah karena cangkang akan terurai seiring berjalannya waktu, memberikan tanah nutrisi yang berharga. Jadi sebelum Anda membuang sisa kulit telur dan cangkang avokad, pertimbangkanlah untuk mengisinya dengan tanah dan tanamlah bibit muda yang rapuh di dalamnya sampai tanaman Anda siap untuk menghadapi lingkungan luar.

Tutorial dapat dilihat di Enrich LA untuk cangkang avokad dan Lilliedale untuk kulit telur.

2. Membuat liontin sendiri dari biji avokad

pendants600-300x225-sm

Gambar: be.

Liontin biji avokad adalah kreasi pribadi yang menawan dan ramah lingkungan, mudah untuk dibuat dan ternyata indah. Anda dapat menemukan liontin biji avokad yang cantik seperti ini, serta anting-anting, kalung dan bros pada website-website seperti Etsy. Tapi daripada membeli, mengapa tidak menggunakan sendiri sisa biji avokad Anda untuk proyek kerajinan sederhana? Anda bahkan dapat menggunakan biji avokad untuk membuat mainan dan genta angin.

Untuk mempelajari cara membuat liontin sendiri, kunjungilah be.

3. Tanamlah tanaman rumah Anda sendiri dari biji avokad

dscn7803-sm

Gambar: The Hungry Mouse

Dengan daun-daunnya yang gelap mengkilap, tanaman avokad akan terlihat bagus hampir di mana saja! Dan begitu Anda melihat betapa mudahnya menanam biji avokad, Anda pasti akan ingin mencobanya dengan sampah dapur lainnya juga. Mahkota nanas, lentil, kacang, jahe – banyak sisa makanan dapat dihidupkan kembali! Anda bahkan bisa melibatkan anak-anak dengan proyek yang menyenangkan seperti ini. Yang pasti, mereka akan belajar banyak tentang perkecambahan.

Untuk mengikuti petunjuk mudahnya, kunjungi The Hungry Mouse.

4. Membuat lem kertas sendiri dengan sisa putih telur

easter-182853_640-sm

Gambar: Pixabay

Dengan kecenderungannya untuk menjadi sangat lengket saat kering, putih telur sempurna untuk menempel kertas dan kardus ringan. Mencampur putih telur dengan tepung dan air juga baik untuk proyek bubur kertas. Jadi jika anak-anak kehabisan lem PVA, kocok saja beberapa butir putih telur!

5. Gunakan biji avokad sebagai batu pemijat

stones_1_12-sm

Gambar: IMassage

Mereka keras, halus, kaya akan minyak, dan ukurannya tepat untuk pijat di rumah. Cobalah teknik pijat batu panas dengan memanaskan biji avokad. Atau pijat seseorang yang Anda cintai,  usaplah punggungnya dengan lembut dengan biji avokad. Dan untuk pijat kaki yang enak, tempatkanlah beberapa biji avokad di ember dangkal atau mangkuk besar dan gulir-gulirkan kaki Anda ke atas biji-biji tersebut.

6. Segarkan rumah dengan rempah-rempah lama dan kulit buah di atas kompor potpuri

simmering-potpourri-2-sm

Gambar : One Good Thing by Jillee

Masukkan kombinasi rempah-rempah lama, tanaman rempah, dan kulit buah ke dalam panci kecil di atas kompor dan biarkan sampai hampir mendidih. Tak makan waktu lama, mereka akan mengeluarkan aroma lezat yang akan merebak ke seluruh rumah Anda.

Kunjungilah JanDee Crafts untuk mendapatkan beberapa resep membuat potpuri.

7. Menyegarkan karpet dengan rempah-rempah lama

cinnamon-92594_640-sm

Gambar: Pixabay

Rempah-rempah yang sudah disimpan selama lebih dari satu atau dua tahun tidak akan banyak bermanfaat untuk makanan Anda. Daripada membuang semua rempah-rempah di tempat sampah, mengapa tidak menggunakannya untuk menyegarkan karpet Anda? Taburkan saja bubuk kayu manis, thyme, cengkeh, atau pala ke karpet Anda dengan pengocok merica (shaker) dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membersihkannya dengan penyedot debu. Nilai plusnya, mereka juga akan menyegarkan mesin vakum Anda!

Untuk tutorial yang lebih rinci yang mencakup boraks dan baking soda, silakan ke One Good Thing by Jillee.

8. Membuat scrub sendiri

2013-08-29_Stiehl_at_home_spa_face_mask-sm

Gambar: CELEBRATIONS

Scrub kaki dari kulit nanas: Haluskan sisa nanas dalam blender atau food processor sampai Anda mendapatkan pasta kasar. Oleskan untuk kaki Anda, kemudian diamkan dan rileks selama 20 menit sebelum membilasnya. Karena kaya bromelain, zat yang sering digunakan untuk mengempukkan daging, nanas bagus sekali untuk melembutkan kulit yang menebal pada kaki kita!

Scrub wajah dari pisang dan biji avokad: Hilangkan bagian cokelat luar biji avokad sampai Anda mendapatkandaging bijinyayang halus. Masukkan biji ke dalam kantong plastik dan gunakan palu untuk menghancurkannya menjadi potongan kecil seukuran kacang. Biarkan kering selama 5 sampai 6 hari. Tumbuk biji menjadi bubuk dengan palu, blender atau food processor. Campur dengan setengah pisang matang sampai Anda mendapatkan pasta kental. Oleskan ke kulit dan gosok kulit dengan lembut sebelum membilasnya sampai bersih.

Scrub tubuh dari kulit pisang dan gula: Taburkan gula di sisi berdaging/dalam kulit pisang. Gunakan sebagai loofah pengelupas yang lembut, dan gosok dengan lembut di seluruh tubuh Anda sebelum membilasnya di kamar mandi.

9. Membuat kaldu sendiri

group-of-fruits-and-vegetables-sm

Gambar: wiseGEEK

Gunakan tulang ayam sisa untuk membuat kaldu ayam:  Sup dengan kaldu ayam buatan sendiri pastinya lebih bergizi, lezat dan lebih istimewa, jadi silakan mencoba menggunakan tulang ayam sisa Anda dan apa pun sayuran yang tersisa di lemari es Anda untuk membuat kaldu. Tulang ayam memiliki banyak rasa di dalamnya dan praktik ini akan memanfaatkan apa pun yang tersisa dari ayam panggang Anda sebelum Anda membuangnya.

Untuk petunjuk cara membuatnya, pergilah ke The Kitchn.

Gunakan sisa sayuran untuk membuat kaldu sayur: Tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan semua sayuran di lemari es Anda? Nah, Anda dapat menghemat banyak uang dan mencegah saat-saat “Ups, tadi saya lupa membeli kaldu di supermarket” hanya dengan membuat kaldu sendiri dan menyimpannya dalam kulkas. Anda bahkan tidak perlu sayuran segar; sisa-sisa potongan sayuran seperti kulit kentang, kulit bawang, kulit wortel, dan ujung daun bawang juga bisa dimanfaatkan.

Untuk petunjuk membuatnya, pergilah ke Huffington Post.

Leave a Reply
<Modest Style