Modest Style

5 Fakta Lezat Rendang

,

Sejarah, bahan dan penghormatan bagi rendang ternyata sekaya dan segurih hidangannya, kata Afia R Fitriati.

Citarasaku lebih enak dibandingkan penampilanku!
Citarasaku lebih enak dibandingkan penampilanku!

Rendang adalah masakan pedas populer yang ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Makanan ini begitu populernya sehingga telah menjadi salah satu hidangan yang selalu disajikan di acara-acara khusus di Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura. Jika Anda kebetulan mengunjungi keluarga atau teman di salah satu negara tersebut pada saat Idul Fitri, kemungkinan besar rendang akan menjadi salah satu hidangan di atas meja. Berikut ini lima fakta unik tentang hidangan daging lezat ini. Berapa banyak yang Anda sudah tahu?

  1. Asal usul rendang dapat ditelusuri ke kelompok etnis Minangkabau dari pantai barat Sumatera, Indonesia. Orang-orang Minangkabau memegang reputasi sebagai pedagang terampil yang sering melakukan perjalanan ke daerah lain di seluruh kepulauan Indonesia dan Asia. Rendang kering menjadi penganan pokok yang awet, sehingga para pedagang tersebut selalu membawa penganan ini dalam perjalanan mereka, dan pada akhirnya menyebarluaskan hidangan ini ke berbagai wilayah.
  2. Ada empat bahan dasar dalam rendang, masing-masing dengan makna simbolisnya  tersendiri. Daging melambangkan pemimpin yang dihormati, yang ibarat ‘daging’ bagi masyarakatnya; kelapa melambangkan guru, penyair, penulis dan pemimpin intelektual lain yang memperkaya masyarakat; pedas cabai adalah simbol dari para pemimpin agama yang tugasnya adalah untuk menetapkan batas-batas agama; dan yang terakhir adalah rempah-rempah, yang melambangkan seluruh masyarakat.
  3. Dalam tradisi adat Minangkabau, rendang mengacu pada hidangan daging ini yang berbentuk kering, gelap berwarna coklat, yang membutuhkan setidaknya lima jam dimasak perlahan dengan api sedang. Bentuk yang lebih pekat dari rendang, yang pada umumnya ditemukan di Malaysia dan di pulau Jawa selain di tempat-tempat lain, disebut ‘gulai’ atau ‘kalio’ di tempat asalnya.
  4. Rempah-rempah rendang yang kaya, yang di antaranya meliputi bawang putih, bawang merah, jahe dan lengkuas, adalah pengawet organik alami dan memiliki sifat antimikroba yang kuat. Itulah mengapa rendang kering yang dimasak dengan benar bisa bertahan berminggu-minggu pada suhu kamar bahkan hingga enam bulan di dalam lemari es.
  5. Rendang pernah terpilih sebagai makanan paling lezat di dunia di survei online CNN International beberapa tahun lalu, mengalahkan ayam goreng (nomor 31), coklat (25), es krim (15) dan sushi (3).

Kombinasi antara warisan budaya yang kaya dan rempah-rempah tropis yang terkenal telah menciptakan hidangan rendang yang legendaris, dan bercitarasa kompleks. Tidak heran jika kemudian masakan bercitarasa seperti kari ini dinikmati dan dipuji di seluruh belahan dunia, dan reputasi populernya terus berkuasa.

Leave a Reply
<Modest Style