Modest Style

3 Kesalahan pengucapan Bahasa Inggris orang Indonesia

,

Coba periksa apakah Anda telah mengucapkan istilah-istilah berikut dengan tepat. Oleh Najwa Abdullah.

Gambar: iStock
Gambar: iStock

1. Event atau even?

Ketika Anda menggunakan kata “event”, tentu yang Anda maksud adalah “acara” bukan? Namun, terkadang kita dengar para selebriti di infotainment berkata “Even-even kayak gini keren banget dan harus ada tiap tahun”. Padahal, kata “even” yang diucapkan /iven/ (“e” seperti dalam kata “apel”) memiliki arti berbeda dengan “event” (/ivén/ seperti dalam kata “ember”).

Selain itu, bahasa Inggris tidak mengenal pengulangan untuk makna jamak, sehingga tidak ada istilah“event-event” untuk menyebut banyak acara.

2. Sweater atau sweeter?

Bagaimanakah cara pengucapan sweater yang benar? Pengucapan /switer/ lebih tepat bermakna “lebih manis” (sweeter). Bila yang Anda maksud di sini adalah jenis pakaian hangat, maka pengucapan yang tepat adalah /swéter/.

3. Bagaimana mengucapkan delete?

“Saya sudah delete email yang Anda kirim minggu lalu.” Sebagai pengguna setia media sosial dan komunikasi elektronik, pasti Anda pernah menggunakan kalimat serupa. Meskipun rata-rata orang Indonesia sudah tahu arti kata “delete” (menghapus), tidak semuanya mengetahui bahwa kata ini dibaca /delit/, bukan /délét/.

Jadi, ketika di kantor besok Anda bermaksud mengucapkan bahwa Anda sudah ‘men-delete’ sesuatu, ingat pelajaran ini baik-baik ya!

Baca kesalahan-kesalahan berbahasa Inggris orang Indonesia yang lain.

Leave a Reply
<Modest Style