Modest Style

10 Buku Wajib-Punya untuk Anak-Anak Muslim

,

Inilah buku-buku rekomendasi Isra Hashmi agar anak-anak Muslim cinta membaca.

0901-WP-Books-by-Isra

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan bersabda, ‘Mencari ilmu adalah kewajiban atas setiap Muslim.’ [i]

Pengetahuan adalah fondasi Islam. Karena kita diwajibkan terus belajar mulai dari buaian hingga ke liang lahat, tugas saya sebagai orangtua adalah menanamkan kecintaan membaca pada putra-putri saya. Saya ajak mereka untuk membaca dan sering membuka buku, sebab kecintaan membaca akan mengubah rasa ingin tahu menjadi pengetahuan.

Buku-buku di bawah ini saya pilih karena muatan kisah, ilustrasi, fakta dan wawasannya akan Islam. Jika Anda sedang membuat perpustakaan di rumah, pastikan untuk mengoleksi buku-buku ini.

1.     Golden Domes and Silver Lanterns oleh Hena Khan

011

Buku bergambar ini merayakan keindahan dan tradisi Islam dengan menggunakan benda-benda yang banyak ditemukan di kebudayaan Islam untuk mengajarkan tentang warna. Mulai dari sajadah merah hingga kerudung biru, berbagai benda sehari-hari memperoleh makna yang istimewa.

2.     Snow in Jerusalem oleh Deborah da Costa

02

Saat masalah di Timur Tengah terus meningkat, kisah Avi yang Yahudi dan Hamudi yang Muslim—keduanya sama-sama tinggal di Yerusalem—memperlihatkan ketulusan anak-anak dalam memperebutkan seekor kucing yang tersesat dan akhirnya belajar untuk merawatnya bersama-sama.

3.     Four Feet, Two Sandals oleh Karen Lynn Williams dan Khadra Mohammed

03

Berdasarkan pengalaman salah seorang penulis saat tinggal di kamp pengungsian Peshawar di perbatasan Pakistan-Afghanistan, buku bergambar ini menceritakan kisah Lina dan temannya dalam menjalani kehidupan sebagai anak-anak pengungsi.

4.     Muslim Child oleh Rukhsana Khan

04

Lewat cerita yang disampaikan melalui perspektif seorang anak Muslim, buku ini adalah sumber yang luar biasa untuk lebih memahami Islam dan umat Muslim.

5.     The Sandwich Swap oleh Ratu Rania dari Yordania

05

Cerita tentang dua sahabat, Lily dan Salma, dan bagaimana menu makan siang mereka, selai kacang dan hummus, dapat menjembatani perbedaan antara dua budaya.

6.     Under the Ramadan Moon oleh Sylvia Whitman

06

Ilustrasi indah dan prosa nan puitis memperkenalkan bulan istimewa Ramadhan serta kebiasaan sebuah keluarga saat menantikan penampakan bulan sabit.

7.     1001 Inventions and Awesome Facts From Muslim Civilization oleh National Geographic

07

Buku penuh inspirasi dan sarat informasi yang menyoroti penemuan serta kemajuan teknologi yang masih berpengaruh di era modern ini. Berisi fakta seru tentang umat Muslim dari Mesir, Cina, India dan bahkan dari Yunani dan zaman Kekaisaran Romawi.

8.     My Mum Is A Wonder oleh Michèle Messaoudi

08

Kisah seorang anak lelaki tentang bagaimana dia melihat ibunya melakukan perbuatan mulia. Buku yang mengharukan tentang betapa nikmatnya menjadi keluarga Muslim yang tujuannya hanyalah mencari rida Allah.

9.     The Sky of Afghanistan oleh Ana A. de Eulate

09

Buku dengan ilustrasi indah tentang mimpi seorang gadis belia Afghanistan akan perdamaian di negerinya, dan terbang bebas bagaikan layang-layang di angkasa.

10.  One Green Apple oleh Eve Bunting

10

Ketika Farah pindah ke negara baru, dia merasa sulit beradaptasi sampai dia mengikuti piknik sekolah ke perkebunan apel. Dia segera menyadari banyak hal ternyata tidak jauh berbeda dan menjalin keakraban dengan murid-murid lainnya.

Buku apa yang ingin Anda tambahkan ke dalam daftar ini?

Isra Hashmi adalah editor SimpleMuslimFamily dan bertekad membesarkan anak-anaknya untuk mencintai Allah, bukan selain-Nya

[i] Diriwayatkan oleh Anas bin Malik, dalam kitab Sunan Ibnu Majah, bisa dilihat di sini.

Leave a Reply
<Modest Style