Modest Style

Khatam Qur’an selama Ramadhan

,

Beberapa langkah sederhana untuk memudahkan mengkhatamkan Qur’an selama bulan Ramadhan. Oleh Miranti Cahyaningtyas.

2502 WP khatam Qur'an (iStock)
Gambar: iStock

Ramadhan sebentar lagi tiba. Saya yakin banyak dari kita yang sudah mulai menetapkan aneka target untuk dilaksanakan selama bulan suci ini. Selain memperbanyak sholat sunnah, salah satu target yang umum ditetapkan saat Ramadhan adalah khatam Qur’an dalam satu bulan.

Setelah beberapa kali menetapkan target ini di bulan Ramadhan, saya berani mengatakan bahwa bagi Anda yang belum pernah, tidak perlu ragu untuk menargetkan khatamQur’an dalam bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda.

Bulatkan niat Anda. Innamal a’malu binniyat. Segala sesuatu dimulai dari niat.[i] Yakinlah bahwa Anda bisa melakukan hal ini. Sampaikan kepada orang-orang terdekat niat baik Anda dan minta dukungan mereka agar tidak bosan-bosan mengingatkan jika semangat Anda mulai kendur. Siapa tahu Anda malahanmenularkan target ini kepada orang lain.

Bawa Qur’an ke manapun Anda pergi. Jika Anda tidak memiliki masalah membaca tulisan Arab berukuran kecil, saya sarankan untuk membawa Qur’an saku ke manapun Anda pergi. Jika Anda tidak keberatan merasakan berat buku di pundak atau tangan Anda, tentu tidak ada salahnya juga membawa Qur’an berukuran standar.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi masa kini, Anda juga dapat membawa Qur’an dalam bentuk digital di ponsel Anda.

Apapun pilihan Anda, yang penting adalah Qur’an selalu bersama Anda. Dengan begini, Anda terdorong untuk terus membuka-buka Qur’an.

Manfaatkan setiap waktu yang ada. Kebanyakan kantor dan sekolah tidak akan memangkas jam istirahat siang pada bulan Ramadhan.Karena Anda tidak perlu pergi makan siang, pergunakan sebagianwaktu istirahat untuk membaca Qur’an dan sebagian lagi untuk tidur siang.

Saat menunggu atau berada di dalam angkutan umum, jangan ragu untuk melanjutkan bacaan. Saat sedang berkumpul bersama teman dan kesempatanbergunjing muncul, langsung saja buka Qur’an Anda. Intinya,kapanpun Anda memiliki waktu kosong, lanjutkan bacaan Anda.

Sebaiknya memulai dari awal. Mulailah dari juz 1 agar mudah menandai dan memotivasi perjalanan Anda mencapai target. Cara ini akan memaksa Anda untuk memegang komitmen yang telah Anda buat dan menghindari membuat pengecualian, “Saya ‘kan sudah sampai juz sekian, diskon membaca sejenaktidak apa-apa…”

Buat jadwal membaca mengikuti keseharian Anda. Alokasikan, misalnya, dua lembar setiap setelah shalat lima waktu. Jika ada waktu-waktu tertentu saat Anda merasa lebih nyaman dan segar saat membaca Qur’an, alokasikan target halaman lebih banyak di saat-saat itu.

Khusus bagi wanita, hadirnya”tamu bulanan” dapat disiasati dengan tidak membatasi bacaan hanya satu juz per hari, melainkan meneruskan bacaan jika memang masih mampu.

Adakan pengajian bersama. Untuk meringankan beban dan menyuntikkan semangat dalam mencapai target, tidak ada salahnya mengikuti atau bahkan mengadakan sendiri acara pengajian bersama dengan orang-orang terdekat.

Berkumpullah bergantian di rumah masing-masing anggota pengajian setiap hari Sabtu pagi atau Jumat malam.Secara berurutan,tiap peserta pengajian harus membaca satu lembar Qur’an sementara yang lain menyimak. Cara ini akan membantu Anda memenuhi target dan menghindarkan diri dari kebosanan. Jika mau dan mampu, sekalian saja undang guru mengaji untuk mentadaburi ayat-ayat yang dibaca.

Selamat mengaji dan ayo bersemangat mengkhatamkan Qur’an!

________________________________________

[i] Hadits Arba’in nomor 1. Dapat dilihat di sini

Leave a Reply
<Modest Style