Modest Style

Merancang menu sahur sehat

,

Apa saja asupan yang tidak boleh terlewatkan saat sahur? Oleh Beta Nisa.

0702 WP menu sahur (iStock)
Gambar: iStock

“Sahurlah kalian, karena di dalam sahur terdapat barakah.” [i]

Sahur merupakan bagian penting dalam berpuasa, selain juga merupakan sunnah Rasul. Sahur dapat diibaratkan sebagai sarapan bagi orang yang berpuasa, karena merupakan kesempatan untuk memasok energi sebelum menahan diri dari makanan dan minuman sepanjang hari.

Oleh karena itu, menu sahur haruslah penuh nutrisi agar dapat menunjang kelancaran puasa. Apa saja asupan yang diperlukan untuk melengkapi menu sahur sehat?

1. Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat sangat dianjurkan, karena serat mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Serat juga baik bagi usus yang mengalami perubahan pola makan selama bulan puasa.

Anda dapat memperoleh kandungan serat yang cukup melalui makanan seperti gandum, apel, dan beras merah. Contoh resep praktis kaya serat untuk menu sahur Anda adalah bubur havermut yang diberi potongan apel atau selembar roti gandum panggang dengan sedikit madu.

2. Buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, selain juga dapat menambah energi dan ketahanan tubuh. Buah dan sayur juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Sepiring pecel dan semangkuk salad buah segar sebagai penutup dapat menjadi pilihan menu sahur yang kaya sayur dan buah.

3. Protein

Protein merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, sehingga baik berupa protein hewani maupun nabati sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Beberapa pilihan sederhana protein adalah telur, kedelai, dan ikan. Anda dapat menambahkan telur rebus dan ikan sebagai lauk untuk melengkapi menu sahur sehat Anda.

4. Karbohidrat kompleks

Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, energi dalam tubuh akan secara perlahan dilepaskan saat sedang berpuasa sehingga membuat tubuh kuat dalam waktu yang lebih lama.

Kacang-kacangan dan kentang merupakan beberapa jenis makanan kaya karbohidrat kompleks yang dapat Anda tambahkan ke dalam menu sahur Anda.

5. Air putih

Selain makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk mendukung kelancaran berpuasa, jaga hidrasi tubuh selama berpuasa dengan minum air putih yang cukup saat sahur.

Pastikan untuk meminum air sedikit demi sedikit namun berkala untuk memaksimalkan hidrasi tubuh, bukan dalam sekali tenggak.

 

Baca juga 5 Tips Menyiapkan Menu Sahur Sehat
________________________________________

[i] Diriwayatkan oleh Abu Hurairah di Sunan an-Nasa’i 2149, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style