Modest Style

Ramadhan keliling dunia: Malaysia

,

Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa bagi Islam, saat ruh, hati, dan pikiran umat Muslim bersatu, menyinari segala sesuatu di sekeliling mereka. Artikel ketiga dari liputan khusus empat bagian ini memperlihatkan bagaimana umat Muslim di Malaysia beribadah di bulan suci ini.

Kota Bharu

Najmia Zulkarnain (24), desainer dan pelaksana merchandising

naimia
Najmia (kiri) di tengah kehangatan dan cinta orang-orang terkasih pada hari Idul Fitri.

MAKNA RAMADHAN BAGI SAYA

Bagi saya, Ramadhan adalah bulan istimewa yang membuat saya benar-benar berefleksi, merenung, dan mengingat hal-hal penting yang sering terlupakan pada hari-hari biasa. Ramadhan adalah bulan yang memberi saya ruang untuk menimbang kembali niat di balik setiap perbuatan dengan adanya kesadaran sebagai dampak dari berpuasa.

Ramadhan juga adalah waktu bersama keluarga dan teman, waktu untuk memberi dan berbagi dan, yang terpenting, waktu untuk menikmati makan, shalat, dan perayaan bersama – terutama di Malaysia, negara dengan mayoritas Muslim. Ramadhan adalah bulan kedamaian, kebahagiaan, dan kesederhanaan.

IFTAR

Hari saya diakhiri dengan berkumpul bersama teman dan keluarga untuk menikmati dan merayakan setiap doa dan makanan nikmat. Beberapa makanan favorit berbuka saya adalah samosa, yogurt, salad buah, dan kebab. Tidak ada yang menandingi makanan menyehatkan dan bernutrisi!

najma
Najmia bersama teman-teman di bulan Ramadhan.

MAKNA IED BAGI SAYA

Bagi saya, Idul Fitri adalah hari suci berisi perayaan, kemurahan hati, keceriaan, dan kebahagiaan. Idul Fitri adalah saat keluarga dan teman berkumpul untuk meluangkan dua hari berpesta bersama. Dalam berbagai kebudayaan, makanan selalu menjadi tradisi turun-temurun yang menyatukan orang-orang – yang memang merupakan salah satu hal yang dinanti-nanti saat Idul Fitri. Apalagi karena itulah saya dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk berkenalan kembali dengan anggota keluarga jauh, untuk berkumpul dengan keluarga besar dan menikmati kehadiran orang-orang terkasih yang mengelilingi saya dengan kehangatan, kebahagiaan, dan makanan enak. Pada hari ini, saya benar-benar mensyukuri hal-hal terpenting yang saya miliki dalam hidup.

TRADISI IED

Idul Fitri adalah hari perayaan syukur. Keluarga berkumpul bersama untuk menyiapkan makanan, hadiah, dan pakaian tradisional nan indah berhari-hari sebelum Ied. Di keluarga saya, berbagai upaya dilakukan untuk menyambut hari istimewa ini. Biasanya kami akan mengunjungi kampung nenek saya dua hari sebelum Ied untuk membantu-bantu. Di hari H, saya dan saudara bangun lebih awal untuk pergi shalat bersama ayah. Saat kembali ke rumah nenek, perayaan pasti sudah dimulai – hari itu adalah hari yang penuh makanan, keluarga, teman, dan cinta.

KESALAHPAHAMAN TENTANG ISLAM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Bahwa Islam dianggap berpikiran sempit dan membatasi gaya hidup.

KESALAHPAHAMAN TENTANG WANITA MUSLIM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Bahwa ia adalah simbol penurut.

Kuala Lumpur

Marina Rahman Koya (30) Manajer

@marykoya

marina
Marina (paling kanan) menikmati buka puasa bersama teman dari universitas.

MAKNA RAMADHAN BAGI SAYA

Sejujurnya bagi saya, Ramadhan bermakna lebih dari sekadar menahan diri dari makan, minum, merokok, berdekatan dengan non-mahram, dan melakukan hal lain yang terlarang dalam Islam. Ramadhan juga waktunya saat kesabaran, keimanan, dan kekuatan mental kita diuji. Dapatkah kita menahan nafsu atau akankah nafsu menguasai kita? Intinya, hanya kita yang tahu pencapaian kita dalam 30 hari berpuasa.

marina2
Marina (tengah) bersama kolega saat berbuka bersama.

IFTAR

Soal berbuka puasa, saya selalu lebih menyukai sajian Malaysia, kalau bisa makanan Kelantan seperti nasi kerbau, nasi daging, ayam masak kurma, dan kuih akok. Saya suka berbuka di hotel atau restoran bagus dengan makanan enak. Saya senang berbuka bersama keluarga dan teman.

MAKNA IED BAGI SAYA

Kedatangan Idul Fitri bermakna kita telah maju selangkah dari Ramadhan ke Syawal. Saya merasa beruntung dan bersyukur karena dalam 30 hari tersebut, saya telah terus-menerus berusaha tidak membiarkan nafsu menguasai pikiran saya. Saya senang saat orang-orang, terutama anggota keluarga, berkumpul di hari Idul Fitri dan meluangkan waktu bersama. Keluarga itu sangat penting tidak peduli berapa banyak anggotanya. Keluarga adalah tempat hati berlabuh.

KESALAHPAHAMAN TENTANG ISLAM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Bahwa Islam itu sulit dan ketat ajaran dan pengamalannya.

KESALAHPAHAMAN TENTANG WANITA MUSLIM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Gagasan bahwa Anda adalah orang yang tidak baik jika Anda tidak menutupi aurat. Ya, menutup aurat itu wajib dan diharuskan dalam Islam, namun kita juga harus tetap berpikiran terbuka dan memahami bahwa tidak semua Muslim memiliki latar belakang ajaran agama yang sama. Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami Islam, dan sebagian lagi bahkan butuh waktu jauh lebih lama, namun itu tidak berarti mereka Muslim yang buruk. Saya selalu meyakini intinya adalah ketulusan hati.

Ulu Langat

Rosnah Hassan (40) Penerjemah dan penulis

rosnah
Rosnah (berbusana biru) bersama keluarga di hari Ied.

MAKNA RAMADHAN BAGI SAYA

Ketenangan, kebaruan, dan perenungan – kata-kata ini langsung terlintas saat memikirikan Ramadhan, yang adalah bulan penyucian, baik secara fisik, emosional, maupun spiritual. Memang sebagai seorang Muslim, tazkiyatun nafs (penyucian diri) adalah proses berkelanjutan, namun Ramadhan adalah bulan yang teristimewa.

Biasanya saya akan mengganti tirai-tirai jendela (tidak perlu dengan yang baru) dan melakukan ritual bersih-bersih menyeluruh sebelum Ramadhan. Hal ini sudah menjadi kebiasaan selama 15 tahnu terakhir. Saya seringkali merasakan ketenangan mendalam saat memikirkan bulan yang dikenal sebagai bulan seribu rahmat. Saya melaksanakan shalat tarawih dengan sebaik-baiknya di masjid, karena saat ini adalah satu-satunya saat saya mendapat keistimewaan untuk melakukannya.

Di rumah ibu saya di Pahang dan nenek saya di Johor, para tetangga menjalankan tradisi bertukar juadah, atau bertukar makanan. Waktu terbaik untuk melakukan ini tentunya saat Anda mendengar azan – dan gigitan kurma pertama terasa begitu berharga.

MAKNA IED BAGI SAYA

Idul Fitri adalah hari saya merayakan “kemenangan” karena telah menyelesaikan Ramadhan, meski dengan perasaan yang ambivalen mendekati akhir pekan bulan suci – bulan di mana Anda menghidupkan kembali tradisi saling mengunjungi, dan saling memaafkan. Maaf memerdekakan jiwa.

TRADISI IED

Tepat setelah pengumuman penetapan Idul Fitri, kami mengucap takbir sesering mungkin. Ibu, para tante, dan saya sendiri menyiapkan santapan Ied malam itu juga. Saat terbit matahari, kami melakukan sunnah ghusl (berwudhu sebagaimana dicontohkan Rasul SAW) dan mengenakan busana terbaik. Segera setelah seluruh keluarga berkumpul seusai shalat, kami melanjutkan dengan meminta maaf, dimulai dari yang paling tua di keluarga. Entah mengapa, kami biasanya menangis dalam acara ini. Selanjutnya, kami menikmati sajian favorit seperti ketupat, rendang ayam dan daging, kuah kacang, dan kerutup.

Pada 2009, saya pergi ke Paris dengan seorang teman di hari kedua Idul Fitri untuk mengetahui rasanya merayakan Ied jauh dari Malaysia – sekelompok wanita asal Brazil yang kami temui terpukau dengan busana Ied motif batik saya.

KESALAHPAHAMAN TENTANG ISLAM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Bahwa Islam adalah agama yang kaku. Islam adalah agama universal sebagaimana dinyatakan pada ayat pertama surat Al-Fatihah yang bermakna “segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”. Islam adalah agama cinta dan kasih sayang, dan kita memulai setiap perbuatan dengan mengucap, “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah (ar-Rahman) lagi Maha Pengasih (ar-Rahim)”.

KESALAHPAHAMAN TENTANG WANITA MUSLIM YANG INGIN SAYA LURUSKAN

Kesalahpahaman lain adalah pandangan bahwa Islam menindas wanita. Rasulullah SAW memberi wanita hak untuk dicintai, dilindungi, dan dihormati sebagaimana yang ditekankan dalam Qur’an, hadits, juga kisah Nabi. Saat wanita mengenakan hijab, tidak lantas berarti ia berpikiran tertutup.

Artikel ini pertama kali terbit di majalah Aquila Style edisi Juli 2012. 

Leave a Reply
<Modest Style