Modest Style

Menikmati jazz di ruang masjid

,

Setelah riuhnya pemilu, Ramadhan Jazz Festival 2014 bisa menjadi pilihan rehat Anda. Selengkapnya oleh Najwa Abdullah.

[Not a valid template]

Satu-satunya ajang musik tahunan Indonesia yang dipentaskan di masjid, Ramadhan Jazz Festival, akan kembali diadakan pada tanggal 11 hingga 12 Juli 2014 nanti. Memasuki usia penyelenggaraan yang keempat, festival musik jazz kontemporer ini semakin meyakinkan masyarakat bahwa penyebaran nilai-nilai Islam dapat disampaikan melalui medium musik yang menghibur telinga.

Penyelenggara acara ini mengklaim festival musik ini sebagai acara jazz pertama di dunia yang diadakan di lingkungan masjid. Lewat alunan dan bahasa musik yang universal, diharapkan syiar Islam menjadi semakin terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat.

Bertempat di pelataran masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, sederet musisi jazz ternama tanah air seperti Idang Rasjidi, Yance Manusama, Otti Jamalus, Tohpati, Raisa, Tulus, Gugun Blues Shelter, Lantun Orchestra, Clorophyl feat Teza Sumendra, Prass Audition Band dan Tiwuk Rayie menyatakan kesediannya untuk tampil dan menyemarakkan festival ini dengan lagu-lagu religi yang dibalut dengan aransemen jazz.

Acara yang didukung oleh WartaJazz dan komunitas Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) ini akan diadakan setelah buka puasa dan shalat tarawih dan ditujukan untuk para penikmat musik yang ingin rehat sejenak dengan menikmati hiburan yang sarat akan nuansa religi. Sejak diadakan pertama kali di tahun 2011, Ramadhan Jazz Festival telah menarik lebih dari 2000 pengunjung setiap tahunnya. Seiring dengan meningkatnya popularitas musik bergenre religi, tahun ini Ramadhan Jazz Festival diharapkan akan menarik penonton lebih banyak lagi.

Selain memberikan ruang bagi para musisi Indonesia untuk berkreasi dalam semangat Islam dengan menggelar kegiatan berupa konser, the Ramadhan Jazz Festival yang keempat ini juga memiliki misi sosial dengan merangkul komunitas Sahabat Pulau. Sebagai ganti tiket masuk, setiap penonton yang hadir diharapkan membawa buku untuk disumbangkan saat hadir di acara ini. Buku-buku tersebut akan disumbangkan ke proyek pembangunan perpustakaan di Wakatobi.

Festival ini memberi inspirasi bahwa Ramadhan dapat menjadi ruang untuk mengekspresikan keragaman seni dan budaya Indonesia.

Ramadhan Jazz Festival 00

Untuk informasi lebih lanjut mengenai the 4th Ramadhan Jazz Festival, silakan kunjungi situs ramadhanjazz dan akun Twitter @ramadhanjazz.

Leave a Reply
<Modest Style