Modest Style

Ragam acara Ramadhan di mall-mall ibu kota

,

Kehabisan ide ngabuburit selepas pulang kantor atau di akhir pekan? Berbagai lokasi di Jabodetabek menyelenggarakan festival Ramadhan yang semarak. Selengkapnya oleh Najwa Abdullah.

WP Ragam acara Ramadhan (iStock)
Gambar: iStock

Tradisi ngabuburit atau mengisi waktu menjelang berbuka puasa biasa dilakukan masyarakat Indonesia di bulan suci. Kini, semakin banyak pusat perbelanjaan dan tempat-tempat lain di wilayah Jabodetabek yang menyuguhi warga ibukota dengan segudang acara, pertunjukan musik, bazaar hingga festival kuliner. Ada di mana dan apa saja acaranya?

1. Festival Kuliner Bakar Pedas

Festival Bakar Kuliner Pedas

Berburu makanan lezat menjelang buka puasa merupakan salah satu kegiatan “wajib” ngabuburit. Jika Anda pecinta makanan pedas, cobalah datang ke Festival Kuliner Bakar Pedas di Mall Artha Gading (MAG) yang berlangsung dari tanggal 4 sampai 20 Juli dari pukulempat sore hingga sepuluh malam di area parkir utara MAG.

Berbagai hidangan istimewa bercitarasa bakar dan pedas siap menggoyang lidah Anda di festival ini. Berbagai macam sate, ayam bakar, ayam mercon, nasi bakar,martabak dan hidangan lain dari 80 stand makanan yang ada siap memanjakan perut yang lapar setelah 14 jam berpuasa.

Sambil menikmati sajian dan melepas lelah dan penat setelah bekerja, berbagai hiburan juga akan menemani pengunjung, mulai dari pertunjukan musik bernuansa Ramadhan, stand-up comedy, rampak bedug, nasyid dan lain sebagainya. Tertarik untuk datang bersama teman dan keluarga? Pantau akun Twitter @malarthagading.

2. Festival Kuliner Living World

Festival Kuliner Living World

Jika Anda lebih suka berbuka puasa dengan makanan berbumbu ringan, Festival Kuliner Living World Alam Sutera di Tangerang ini bisa menjadi pilihan. Berbagai pilihan makanan kecil tradisional yang menggugah selera seperti serabi Solo, pancake durian, batagor, mie kocok Bandung, tahu tektek, kerak telor, kue cubit, pempek Palembang dan masih banyak yang lainnya siap disantap dengan harga yang relatif ramah di kantong.

Aneka penganan tradisional ini juga ditemani dengan pilihan minuman segar seperti es campur, es doger, es podeng, es sekoteng, es krim tempo dulu, es buah dan lain sebagainya.

Festival ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Di tengah suasana nyaman kawasan Boulevard Living World, pertunjukan musik bernuansa Timur Tengah siap menghibur Anda di setiap akhir pekan hingga 26 Juli 2014 nanti. Informasi lengkap mengenai acara ini dapat di pantau di linimasa Twitter @TheLivingWorld.

3. Ngabuburit Membatik

Ingin menghabiskan waktu menjelang buka puasa dengan cara unik, berbeda sekaligus menambah pengetahuan? Acara Ngabuburit Membatik di Museum Tekstil Jakarta bersama anak-anak yatim dan dhuafa dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi Anda di bulan suci ini.

Acara yang akan diadakan pada hari Minggu 20 Juli 2014 ini bekerja sama dengan Komunitas Remaja Batik Indonesia dan merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap warisan budaya tradisional Indonesia

Di acara ini, pengunjung akan diajak berkeliling Museum Tekstil, melihat pameran Wastra Islam dan praktik membatik dengan anak-anak yatim dan dhuafa. Kegiatan akan ditutup dengan buka puasa bersama serta pemberian santunan dan bingkisan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. Untuk informasi lanjut mengenai nilai donasi dan detil acara Ngabuburit Membatik, pantau linimasa @RemajaBatikInd.

4. The Month of Blessing

Di tengah kemacetan ibukota yang semakin parah menjelang berbuka, ngabuburit di lokasi terdekat dari kantor merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang bekerja di kawasan perkantoran Sudirman dan sekitarnya.

Festival Ramadhan “The Month of Blessing” yang diadakan di Citywalk Sudirman dapat menjadi alternatif kegiatan ngabuburit Anda, terlebih jika saat ini Anda sedang berburu busana Muslim untuk dikenakan saat Lebaran nanti. Selain bazaar kuliner untuk berbuka puasa, festival ini akan memanjakan para pecinta belanja dengan bazaar fesyen dan aksesoris selama seminggu penuh mulai dari 14 hingga 20 Juli 2014. Berbagai kompetisi menarik seperti lomba Tari Saman dan kontes grup vokal juga akan diadakan di akhir pekan untuk menambah kemeriahan.

5. Ramadhan Shopping Marathon

Ramadhan Shopping Marathon

Bagi warga yang tinggal di area Barat dan Utara ibukota dan hendak memenuhi hasrat berbelanja untuk persiapan hari raya Idul Fitri nanti, Ramadhan Shopping Marathon di Central Park Mall dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda dan teman-teman wanita Anda.

Berbagai diskon menarik di Midnight Sale akhir minggu tanggal 19-20 Juli 2014 ditawarkan untuk para penggemar fesyen. Sambil menunggu momen berbuka puasa dan malam ‘perang belanja’, pengunjung dapat menghadiri pameran kuliner Ramadhan Moroccan Market dan berbagai acara musik menarik yang dibawakan oleh musisi ternama tanah air seperti Afghansyah Reza dan Maliq & D’essentials di area Tribeca Park, Central Park Mall. Tertarik? Pantau linimasa Twitter @CentralParkMall.

6. The Enchanting Ramadhan

Ramainya pengunjung di Supermall Karawaci di The Enchanting Ramadhan
Ramainya pengunjung di Supermall Karawaci di The Enchanting Ramadhan

Sepanjang bulan Ramadhan, Supermall Karawaci bekerjasama dengan Jakarta Clothing Expo menyelenggarakan festival meriah bertema “The Enchanting Ramadhan”. Mulai dari tanggal 11 hingga 23 Juli 2014 nanti, akanada bazaar pakaian dengan segudang promo dan Midnight Sale bagi Anda yang ingin menambah koleksi baju Lebaran.

Berbagai restoran di kawasan mall ini juga memberikan berbagai diskon menarik untuk Anda yang ingin berbuka selepas berbelanja. Di malam hari, akan ada berbagai pertunjukan musik menarik oleh penyanyi dan grup papan atas ibukota seperti Tulus, Husein Idol, Endah N Rhesa, Pee Wee Gaskins, dan Adhitia Sofyan. Untuk melihat jadwal bazaar, promo dan artis yang akan tampil, pantau linimasa Twitter @Supermal_Krwci dan @JakCloth.

Leave a Reply
<Modest Style