Membelanjakan uang saku sekaligus menggalang dana untuk Palestina

,

Tidak hanya melalui donasi, Anda juga dapat menyumbang bagi masyarakat Palestina dengan mendukung kolaborasi-kolaborasi berikut ini. Oleh Beta Nisa.

WP Membelanjakan uang saku (iStock)
Gambar: iStock

Memasuki minggu kedua agresi militer Israel ke Gaza, jumlah korban warga Palestina terus bertambah hingga mencapai lebih dari 180 korban tewas dan ribuan korban lain luka-luka. Kesedihan dan keprihatinan turut dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia seiring dengan semakin meningkatnya jumlah korban di Palestina ini. Berbagai bentuk aksi pengumpulan bantuan pun terus bermunculan guna membantu para korban. Selain penggalangan dana yang dilakukan oleh berbagai organisasi kemanusiaan, ada pula berbagai bentuk kolaborasi kreatif untuk mengumpulkan donasi seperti yang berikut ini.

Kolaborasi Elzatta dan Aksi Cepat Tanggap

Label hijab dan busana muslimah Elzatta bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk membantu warga Palestina. Para pelanggan Elzatta dapat menitipkan donasi mereka melalui jaringan retailer Elzatta. Melalui kolaborasi tersebut, diharapkan donasi dan bantuan dapat terkumpul melalui jejaring Elzatta yang tersebar di seluruh Indonesia. Donasi yang terkumpul melalui aksi ini nantinya akan disalurkan melalui ACT dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar warga Palestina, khususnya obat-obatan dan makanan.

Pengumpulan donasi Timnas U-19 vs Persiter Ternate

Aksi penggalangan dana untuk Palestina juga turut dilakukan oleh tim sepak bola kebanggaan Indonesia, timnas U-19 beserta klub bola Persiter Ternate. Sepuluh persen dari hasil penjualan tiket pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-19 dengan Persiter Ternate yang akan berlangsung pada tanggal 22 Juli 2014 di Gelora Kie Raha, Ternate, akan disumbangkan pada warga Palestina.

Dengan kisaran harga dari Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000, diperkirakan dana yang terkumpul melalui penjualan karcis masuk ini akan mencapai sekitar Rp. 25 juta jika karcis terjual hingga lima ribu buah. Pihak manajemen Persiter juga menerima donasi warga yang ingin menyumbang secara langsung tanpa melalui pembelian karcis.

Online shop peduli

Dengan mengandalkan pengaruh dan kekuatan media sosial, beberapa online shop di Brunei Darussalam mengadakan penggalangan dana bagi warga Palestina melalui situs toko mereka. Salah satu online shop ini Hayaa Musfirah yang menjual berbagai perlengkapan busana muslimah. Melalui situsnya, dana hingga $2,096.60 yang diperoleh dari keuntungan penjualan tanggal 12 hingga 16 Juli berhasil dikumpulkan.

Hal serupa juga dilakukan oleh beberapa online shop yang berbasis di Indonesia, seperti Gamis Jersey. Toko online yang menjual berbagai macam busana Muslim ini mengadakan pengumpulan dana dengan menyalurkan seluruh keuntungan penjualan tanggal 13-16 Juli pada masyarakat Palestina.

Lelang baju dan barang-barang artis

Pada Indonesia Moslem Fashion Week 2014 (IMFW) yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Juli 2014 di Bandung, Zaskia Adya Mecca berencana untuk melelang beberapa koleksi busana dari butik miliknya, Meccanism. Seluruh hasil lelang busana tersebut nantinya akan disumbangkan pada warga Palestina.

Selain Zaskia, artis Peggy Melati Sukma juga mengadakan aksi pelelangan buku, busana Muslim dan hijab yang hasilnya akan dipakai untuk membantu para korban konflik di Gaza.

Leave a Reply
Aquila Klasik